Minggu, 07 April 2013

2013, Apple Akan Lewati Microsoft





Komputer bersistem operasi Mac dari Apple

Selama ini, penjualan perangkat berbasis sistem operasi Windows besutan Microsoft selalu lebih tinggi daripada perangkat Apple. Namun, tren tersebut diprediksi bakal berbalik pada 2013.

Laporan terbaru dari Gartner memprediksi bahwa penjualan perangkat-perangkat iPhone, iPad, dan Mac akan lebih tinggi dibanding PC, tablet, dan smartphone berbasis Windows.

Tahun 2012 lalu, keseluruhan penjualan perangkat Apple mencapai 159 juta unit, sementara perangkat yang memakai OS Windows terjual sebanyak 175 juta unit.

Pada 2013, Gartner memprediksi penjualan Apple akan naik menjadi 233 juta unit, sementara penjualan perangkat Microsoft hanya akan mencapai angka 181 juta unit.

Hal tersebut berpotensi mengancam posisi Microsoft di industri IT. "Jika konsumen tidak membeli (Windows), developer juga tidak akan tertarik," ujar analis Gartner Carolina Milanesi pada The Financial Times, seperti dikutip oleh TechRadar. "Microsoft harus menang di pasar konsumen apabila mereka ingin tetap relevan."

Gartner juga memprediksi bahwa penjualan tablet akan mulai melebihi PC pada 2015 dengan Android sebagai platform paling dominan. Urutan kedua bakal diperebutkan oleh Microsoft dan Apple.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar