Selasa, 16 April 2013

5 Fakta tentang tidur yang jarang diketahui

5 Fakta tentang tidur yang jarang diketahui


Tidur tentu adalah hal yang familiar bagi semua orang. Bahkan faktanya tidur merupakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan setiap orang. Meski begitu, tampaknya ada beberapa hal yang jarang diketahui oleh orang mengenai tidur.

Berikut adalah fakta mengenai tidur yang mungkin tak Anda ketahui, seperti dilansir olehAsk Men (11/04).
1. Guiness World Record tak mengakui rekor 'tidak tidur terlama'
Salah satu rekor dunia yang berkaitan dengan tidur adalah berapa lama seseorang bisa tidak tidur. Rekor terlama hingga saat ini dipegang oleh Randy Gardner, pemuda asal Amerika yang telah terbangun selama 264 jam tanpa tidur pada tahun 1964. Sejak saat itu, rekor tersebut telah dipecahkan berkali-kali namun rekor Gardner dianggap paling sah karena diverifikasi dan dipantau oleh ahli kesehatan.
Meski begitu, sejak tahun 1898, Guiness World Record tak lagi mendukung pembuatan rekor tanpa tidur ini. Selain mereka kesulitan untuk mengukur dan mengesahkannya, rekor ini bisa membahayakan kesehatan.
2. Membangunkan orang yang berjalan saat tidur hanya mitos
Beberapa kepercayaan menyatakan bahwa membangunkan orang yang berjalan sambil tidur atau sleepwalking berbahaya. Kelainan berjalan sambil tidur memang bisa berbahaya, tetapi pada orang yang mengalaminya saja. Ketika dibangunkan orang yang terkena berjalan sambil tidur tidak akan marah atau mengamuk. Kemungkinan besar mereka akan bingung atau malu.
Meski begitu, membangunkan orang yang berjalan sambil tidur bukan pekerjaan mudah. Untuk itu biasanya para ahli menyarankan untuk tidak membangunkannya dan lebih baik menuntunnya kembali ke tempat tidur dengan sentuhan lembut.
3. Beberapa orang memiliki ketakutan tidur
Percaya atau tidak, beberapa orang memang memiliki ketakutan pada tidur. Kelainan ini disebut Clinophobia atau somniphobia. Orang yang memiliki fobia ini biasanya sangat takut untuk tidur karena mereka khawatir dengan apa yang bisa terjadi pada diri mereka selama tidur.
Beberapa orang takut dengan mimpi buruk atau takut mengompol. Sementara beberapa yang lain takut terkena penyakit yang berkaitan dengan tidur atau kelainan tidur. Terkadang orang juga takut mereka mati saat tidur. Meski termasuk langka, namun alasan di balik fobia tidur ini bisa dipahami.
4. Tubuh memiliki alarm alami
Pernah terbangun sebelum alarm berbunyi? Jika iya, maka Anda telah dibantu oleh hormon bernama adrenocorticotropin. Hormon ini berfungsi sebagai alarm alami manusia yang biasanya diproduksi dan dilepaskan beberapa jam sebelum waktu bangun.
Ilmuwan percaya bahwa hormon ini dilepaskan untuk menghindari rasa stres akibat bangun tidur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya hormon ini bisa dikendalikan oleh manusia. Hanya saja kebanyakan manusia tak memahami dan menyadarinya.
5. Tak tidur empat hari akan membuat orang hampir gila
Jika orang tak tidur selama empat hari mereka akan mulai berhalusinasi. Hal ini dibuktikan sendiri oleh pemegang rekor tapa tidur sedunia Randy Gardner. Setelah empat hari tak tidur Gardner mulai berhalusinasi dan berpikir bahwa dirinya merupakan Paul Lowe, seorang pemain football yang memenangkan Rose Bowl.
Halusinasi ini bisa membuat orang terlihat gila. Pria Inggris bernama Tony Wright yang melakukan tantangan tak tidur selama 11 hari di tahun 2007 mengaku dia mulai berhalusinasi di hari kelima. Pada hari itu dia mulai melihat peri-peri kecil tertawa di layar komputernya.
Itulah beberapa fakta mengenai tidur yang kemungkinan belum Anda ketahui. Pastikan Anda memiliki jadwal tidur yang tepat dan jangan coba-coba untuk tidak tidur sampai empat hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar