Senin, 22 April 2013

All New Ford Focus Hatchback 2.0 S A/T - It's More Than Just a Car


Kehadiran All New Ford Focus di tanah air memang cukup mengebrak persaingan pasar mobil di Indonesia. Lebih lagi, Ford langsung mengeluarkan generasi terbaru dari All New Ford Focus dalam dua varian hatchback dan sedan yang terdiri dari beberapa tipe lengkap dengan fitur-fitur cangih di dalamnya.

Ford Focus Hatchback 2.0 S
Pembahasan kali ini mengacu pada varian All New Ford Focus Hatchback 2.0 S A/T, yang merupakan line up tertinggi dari generasi ketiga Ford Focus. Tak hanya mengandalkan tampang fresh, tingkat safety yang tinggi dan mesin baru yang diklaim lebih bertenaga, tapi segudang fitur sarat teknologi telah teraplikasi dengan baik yang menjadi modal untuk All New Ford Focus bertarung di segment hatchback premium.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Penasaran ... simak aja ulasan ringannya di bawah ini.

Desain

Ford Focus Hatchback 2.0 S
Fresh Looking ... itu kesan pertama yang kami tangkap ketika pertamakali melihat all new Ford Focus Hatchback ini. Tampilanya bisa dibilang tak cukup sangar namun memiliki kesan futuristik yang tinggi dengan adanya airdam berbentuk segitiga pada grill dan garis meruncing dibagian bawah bumper. Lampu depan didesain mengikuti lekukan bodi yang telah mengaplikasi lampu Bi-Xenon dan Auto leveling Headlamps lengkap dengan fog lamp pada bagian depan dan belakang.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Unsur desain kinetis masih menjadi andalan Ford untuk mengmbarkan sisi alur di bodynya sehingga memberi efek pergerakan yang dramatis meski kendaran dalam keadaan diam. Lekukan senada mulai dari pintu pertama hingga belakang mengambarkan kesan yang kuat pada tubuh All New Ford Focus, belum lagi adanya pelek baru berdimensi 17" yang cukup unik membuatnya terlihat lebih sporty dari generasi sebelumnya.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Beralih ke buritan belakang, nilai seni dari hatchback cukup terealisasikan dengan baik. Lekukan melandai mulai dari bagian tengah atas hingga kebagian pintu yang menyatu dengan kaca belakang terlihat begitu dinamis. Kesan padat juga terlihat dari bumper belakang yang sedikit tinggi lengkap dengan tailgte spoiler dan model stoplamp yang lebih besar ketimbang generasi sebelumnya.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Masuk ke sektor interior. Kesan modern dan canggih cukup mendominasi sektor kabin depan terutama di bagian kokpit. Mulai dari stier yang dijejali dengan beragam tombol multifungsi sampai dengan dashboar dan terus ke arah consule tengah yang cukup ramai dengan segala fitur bawaannya. Nuansa gelap mendominasi bagian dashboar dengan lapisan warna hitam yang menjalar hingga ke bagian jok depan dan baris kedua.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Banyaknya tombol indikator pada bagian kemudi memang cukup membantu pengendaranya sehingga menimbulkan kesan ergomomis yang tinggi, namun bagi orang yang pertamakali menjajal all new Focus ini pasti bakalan sedikit kewalahaan melihatnya. Meskipun masih harus mengatur jok secara manual, namun Ford membuat jok pengendara terasa begitu nyaman dengan tingkat kelembutan dan penyetelan tinggi rendah pada joknya.

Performance

Ford Focus Hatchback 2.0 S
Masuk mengenai performa sudah pasti merujuk pada bagian mesin yang ditopangnya. Ford membekali all new Focus dengan senjata baru melalui mesin bensin Duratec berkapasitas 2.0 yang telah terintegrasi dengan teknologi Gasoline Direct Injection (GDI) dan Twin independent Variable Cam Timing (Ti-VCT) juga enam percepatan otomatis GSD sebagai penyalur dari tenaga yang dikeluarkanya.
Ford Focus Hatchback 2.0 SFord sendiri mengklaim Focus anyar ini memeiliki tenaga sebesar 170 dk. Saat awal mesin dihidupkan melalui tombol start/stop yang berada dibalik kemudi suaranya cukup halus terdengar. Masukan tuas ke posisi D, Focus pun mulai berlahan berjalan. Sedikit berat diputaran bawah, namun bila anda langsung kickdown habis pedal gasnya, sensasi luapan tenaga cukup terasa menyentak.
Tarikan putaran atasnya terasa terus mengisi, bahkan untuk menyentuh dari titik 0-100 km/jam tak dibutuhkan waktu lama. Tak cukup puas, silakan turunkan posisi tuas sampai ke S dan pacu kembali pedal gasnya, dijamin akan lebih padat tarikan ditiap giginya terlebih Focus juga dibekali dengan teknologi kopling ganda (DSG). Di posisi S memungkinkan anda untuk memainkan transmisi tiptronic 6 percepatan melalui tombol yang ada disela-sela tengah knob persneling sehingga anda akan mendapatkan akselerasi yang maksimal di rpm tinggi.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Ada lagi yang unik, tepat di bagian spidometer terdapat layar MID. Ketika anda menggunakan transmisi tiptronicnya dan berjalan sedikit santai akan muncul indkator perpindahan gigi untuk mengejar sisi kenyamanan dan juga efesiensi dalam berkendara. Biasanya indikator tersebut muncul ketika sedang rpm berada di posisi 2000-2100.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Sayangnya, pada posisi D pengaturan transmisi tiptronic tak bisa digunakan, sehingga fitur engine brake hanya berlaku di posisi S. Bila dilihat kegunaannya engine brake atau OD biasanya cukup membantu pengereman ketika kita sedang berada dikecepatan tinggi.
Ford Focus Hatchback 2.0 S

Comfort

Statusnya sebagai pemain dikelas premium rasanya tak perlu lagi untuk dipertanyakan mengenai sisi kenyamananya. Visibilitas pengendara maupun penumpang sangat baik dengan tampilan desain yang dasboard yang tertata sehingga tak menggangu pandangan kedepan, belum lagi adanya sunroof juga menjadi nilai tambah untuk urusan visibilitas.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Meski menyandang status hatchback, namun ruang kabinya tak sesempit yang ada dalam pikiran anda, justru sebaliknya. Pada sisi driver dan penumpang leg room cukup luas bahkan penumpang depan bisa melonjorkan kakinya kedepan tanpa jeda. Begitu juga dibaris kedua, untuk urusan leg room masih sangat kondusif dan nyaman ketika Anda berpergian jauh bersama keluarga.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Tak hanya itu saja, sistem suspensinya yang ditunjang dengan Strut MacPherson type with coil spring di bagian depan dan Control Blade pada bagian belakang serta fitur Telescopic double acting, hydraulic juga Torsion bar ternyata mampu memberikan kenyamanan ketika bermanuver dengan all new Focus, kelincahannya cukup baik walau saat melintas dijalur yang bumpy efek guncangan masih sangat terasa.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Eiittt ... satu lagi yang menjadi nilai lebih dari all new Focus dalam hal kenyamanan yaitu tingkat kesenyapan kabin yang amat baik, sehingga ketika anda sedang asik menikmati entertainment audio yang ada pada all new Focus tak perlu khawatir terganggu dengan suara bising dari luar kendaraan.

Fitur

Bicara mengenai fitur rasanya tak perlu banyak dipertanyakan, pasalnya Ford cukup banyak memborong fitur modern untuk disematkan ke dalam all-new Focus. Mulai dari segi safetnya, kenyamanan, teknologi, kecanggihan sampai dengan perangkat entertainment untuk audionya.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Salah satu yang paling terkenal mengenai kencanggihan all-new Focus adalah fitur Active Park Assist yang memungkinkan untuk all-new Focus memarkir pararel dengan sendirinya. Hanya dengan mengaktifkan tombol maka tulisan “Search for parking spot” akan muncul dimonitor dan sensor ultrasonik akan mencari ruas parkir saat Anda melewatinya. Tugas Anda hanya tingal mengatur pedal gas atau rem, serta memindahkan tuas maju atau mundur. Sementara untuk urusan kemudi secara otomatis telah diarahkan oleh sistem. Canggih kan ... Masih ada lagi fitur lainya seperti Active City Stop yang membantu pegereman Anda ketika sedang dalam keadaan berlahan, karena fitur ini hanya berkerja dibawah kecepatan 30 km/jam.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Tak puas dengan itu, Ford juga memberikan fitur terbarunya pada perangkat audio, kali ini bukan hanya voice command melainkan telah dikembangkan dengan Microsoft menjadi SYNC yang memiliki fungsi untuk mengakses gadget bermodalkan suara. Koneksi tanpa gangguan dan dapat mengendalikan ponsel melalui suara, bila ada SMS masuk maka sistem akan dapat membacakanya, tapi sayang fitur ini hanya bisa mengguakan bahasa melayu, meskipun dipaksakan dengan bahasa Indonesia akan terdengar cukup jangal.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Mengenai perangkat audio, Ford mencoba memberikan yang terbaik utuk memanjakan pengendara dan penumpangnya dengan menyematkan audio berlabel Sony yang dilengkapi dengan 9 speaker high series. Tak hanya itu fitur Bluetooth, USB dan AUX-in juga turut menjadi standarisasi perangkat hiburannya. Sayangnya untuk sekelas Focus ini Ford tak sekaligus mengaplikasikan fitur rear camera parking atau bahkan Navigation system sekaligus.
Ford Focus Hatchback 2.0 S
Ragam fitur lainya masih banyak yang dapat ditemui, contohnya fitur keselamatan yang baru-baru ini diraih oleh Focus dalam uji tabrak NHTSA. Bermodalkan 6 buah airbags, ABS + ESP with Hill Launch Assist, Electronic Stability Control, Passive Anti Theft System dan banyak lainya, all-new Focus sukses menyabet gelar five star NHTSA. Selain itu masih ada lagi Active Gilli Shutter yang membantu daya aerodinamika sekaligus efesiensi bahan bakar dengan cara kerja menutup grill pada kecepatan tinggi dan saat radiator tak lagi membutuhkan pendingin angin sehingga menunjang daya aerodinamikanya ketika melesat.

Price

Ford Focus Hatchback 2.0 S
Untuk sekelas All New Focus hatchback 2.0L S A/T yang datang dengan segudang fitur canggih Ford hanya membandrolnya sebesar Rp. 349 juta on the road Jakarta. Di segmentnya, All New Ford Focus hatchback 2.0L bertarung dengan VW Golf TSI dan juga Peugeot 308. Hmmm ... bagiamana, Anda tertarik ... ?





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar