Rabu, 03 April 2013

Bensin Yang Anda Pakai dan Bahayanya Bagi Kesehatan


Bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam bensin? Apa bahayanya bensin? 



KerinciGoogle.com
Coba deh perhatikan, macet dimana-mana. Jumlah kendaraan, baik mobil umum, mobil pribadi dan motor memang melonjak tajam.

Tentu saja kendaraan-kendaraan ini memerlukan bahan bahar untuk bisa menjalankan fungsinya.

Yap, bensin adalah salah satu bahan bakar yang paling banyak digunakan dalam melakukan transportasi.

Bensin atau petrol adalah cairan campuran yang berasal dari minyak bumi dan sebagian besar tersusun dari hidrokarbon serta digunakan sebagai bahan bakar pada mesin pembakaran dalam.

Oleh karena bensin merupakan campuran berbagai bahan, daya bakar bensin berbeda-beda menurut komposisinya.

Ternyata uap bensin saja sudah berbahaya, lho.
Misalnya saat mengisi BBM di pom bensin. Banyak terjadi kasus kebakaran yang disebabkan oleh aliran listrik statis di SPBU. Uap bensinlah yang dapat menyebabkan kebakaran karena bersinggungan dengan benda-benda yang mengandung aliran listrik statis dan dapat memicu kebakaran.

Oleh karena itu sering ada larangan penggunakan telepon genggam di tempat pengisian bahan bakar kan.
Kemudian, terlalu lama atau sering menghirup uap bensin dapat membuat orang pusing, bahkan dalam jumlah kecil sekalipun. Efek ini akan meningkat lagi ketika seseorang menghirup asap hasil pembakaran bensin.

Menurut Wisconsin Department of Human Services bensin mengandung zat kimia yang disebut benzene. Zat ini telah dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan leukemia (kanker darah).

Kematian tiba-tiba karena menghirup uap bensin (sudden sniffing death) . Hal ini terjadi karena dengan menghirup uap bensin dapat merangsang saraf dalam tubuh, yang dapat memperlambat detak jantung dan pada akhirnya dapat mengakibatkan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar