Minggu, 21 April 2013

Chevrolet Orlando LT - MPV Out Of The Box

Pertarungan sengit dikelas MPV rupanya mengundang PT. General Motors Indonesia turut ambil andil memboyong MPV 7-seaterya, Chevrolet Orlando yang dilansir pada 2012 kemarin.



Sentuhan modern yang tertanam pada sosok Orlando memang memberikan nuansa yang berbeda dari para rival lainnya, bisa dibilang tampilannya sangat mencerminkan sosok khas dari kendaraan MPV Negeri Paman Sam. Namun begitu, Orlando pun harus bersiap mendapatkan pertarungan keras melawan para rival yang telah lebih dulu hadir di Indonesia.

Lalu apa saja kelebihan Orlando ? rasanya tak begitu basi untuk mengulasnya bukan, untuk itu simak bedahan lengkapnya.


Desain



Ciri khas sebuah MPV Amerika sangat kental pada Orlando. Tubuh kompak dengan desain kotak yang berkarakter menjadi andalan Chevrolet untuk Orlando bertarung di pasar otomotif Indonesia. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Marcos Purty selaku Presiden Direktur GM Indonesia,"Chevrolet Orlando merupakan sebuah MPV modern yang memberikan kenyamanan serta teknologi terbaik di kelasnya."



Stylish dan gagah itu kesan utama yang kami dapat ketika melihat tampang dari Orlando berkelir putih ini. Gril besar berduet dengan lambang Chverolet juga bumper depan beserta kedua lampu yang memiliki desain kotak menjadi pembuka awal dari tampilan si MPV Amerika ini.



Lain didepan beda pula dibagian sampingnya, bila diperhatikan Orlando sedikit landai dibagian belakang, hal ini salah satu yang mencirikan paduan antara SUV dan MPV yang didesain dengan 5 pintu mengikuti kebutuhan dasar sebuah monocab kompak yang menawarkan versatility. Guratan tebal yang mengisi dari depan hingga belakang bodynya makin menambah kesan gagah dari Orlando.



Bisa dibilang Orlando memiliki bokong yang sexy dan unik, karena tampilan belakangnya sangat berbeda dengan depanya. Inilah yang membuat kami merasa bahwa Orlando memiliki sisi stylish tersendiri, di bagian depan terlihat cukup konservatif dengan tampilan khas Amerikanya sedangkan di belakang mencerminkan sosok elegan melalui desain stoplamp serta lampu mundur yang berada di bawah bumper belakang. Overall, Orlando memang memiliki desain yang out of the box.



Masuk ke dalam kabin, kembali tema dual cockpit seperti Chevrolet Corvette menjadi tatanan sisi dashboard dari Orlando beserta backlighting biru yang disekeliling konsol tengah. Nuansa ergonomis juga telah terpancar dari tombol-tombol fungsi yang mengisi dibagian kemudi. Simple tapi berisi, mungkin kalimat tersebut cukup untuk mewakili gambaran singkat design interiornya.




Performance

Setelah masuk kedalam kabin dan mesin Ecotec 1.8L DOHC DCVCP yang diboyong Orlando dinyalakan, suara pun mulai terdengar halus. Berlahan kami pun mulai berjalan untuk merasakan luapan tenaga yang diklaim hingga 141 dk di 6.200 rpm dengan torsi puncak 176 Nm pada 3.800 rpm.


Akselerasi yang keluar di putaran bawah ternyata tak begitu responsif, namun berbeda saat kami mulai merambah masuk kedalam ruas Tol dalam kota. Putaran mesin berubah drastis ketika kami menginjak habis pedal gas, bahkan bila anda kurang puas silakan mainkan transmisi 6-percepatannya secara manual dengan mengeser tuas transmisi kesamping. Tapi lagi-lagi kendala mobil MPV dengan ukurannya yang sedikit besar ternyata membuat putaran atasnya terasa berat, tapi ini cukup wajar mengingat Orlando didesain sebagai mobil keluarga bukan sebagai mobil pemacu adrenalin.
Dari sisi handling, Orlando masih cukup nyaman untuk diajak menari ataupun melibas jalan berliku. Bermanuver menyalip beberapa kendaraan bantingan yang dihasilkan cukup lembut, didukung lagi dengan posisi yang nyaman ketika mengengam kemudinya.




Karakter berkendara seperti ini cukup cocok ketika berkendara keluar kota. Belum lagi dalam urusan konsumsi bahan bakarnya yang cukup ramah di kantong alias irit tentu perjalanan keluar kota dengan si Orlando makin meyenangkan.




Comfort

Bicara soal kenyamanan 80% mengarah pada sektor interiornya. Sebagai sebuah MPV 7-seater, Orlando memiliki desain interior yang bisa dibilang cukup baik, sisi legroom baik di baris ke-2 dan ke-3 ternyata cukup lapang. Untuk seukuran remaja atau anak kecil duduk di baris ke-3 masih terbilang nyaman, namun bagi penumpang dewasa dengan tinggi rata-rata 170cm rasanya akan sedikit membuat pegal.



Para pengendara dimanjakan dengan pilihan posisi mengemudi yang enak dengan mode setir yang bisa disetel naik-turun juga bangku yang dapat diatur maju-mundurnya. Selain itu visibilitas di kaca depan juga terbilang lapang sehingga mata pengendara dapat leluas memantau keadaaan begitu juga dengan bagian belakangnya. Kesan ergonomis ditonjolkan melalui beberapa tombol kontrol yang ada dikemudi maupun sektor pengendaranya.



Perannya sebagai MPV keluarga baru ditonjolkan juga melalui beberapa ruang penyimpanan. Mulai di konsul tengah, sisi-sisi pintu sampai yang paling unik adalah di facia headunitnya yang dapat dibuka untuk menyimpan beberapa barang penting.



Tak hanya itu saja yang menarik, selain dibaris kedua telah dilengkapi juga dengan blower AC ternyata juga disediakan lubang lighter ditiap baris, sehingga saat mengecas tak perlu berebut. Ketik harus membawa barang banyak, jangan khawatir cukup dengan melipat kursi di baris ke-3, maka ruang lapang pun didapat dengan mudah.








Fitur

Dari sisi ini Orlando memang tak banyak membawa fitur mewah seperti sisi entertainment maupun teknologi, namun begitu Orlando tetap menyuguhkan beberapa fitur standar penunjang kenyamanan saat berkendara.



Yang paling kental adalah fitur keselamatan. Mulai dari perangkat pengereman ABS dan EBD, duah buah airbag depan dan samping, side impact protection beam,  electronic stability program dan juga traction control. AC dual climate control juga menjadi salah satu fitur andalan dalam memberikan sisi kenyamanan bagi penumpangnya selain dari segi audio serta layar MID yang berguna sebagai sarana informasi.




Price


New Chevrolet Orlando LT dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Jakarta sebesar Rp 330 juta, Chevrolet pun memberikan opsi pilihan 8 warna, yakni Olympic White, Switchblade Silver, Carbon Flash, Velvet Red Metallic, Gunsmoke Grey Metallic, Mineral Oil Blue Metallic, Day Dream Beige Metallic, Pewter Grey Metallic.



Secara desain Orlando datang dengan model yang fresh, berbeda dengan para kompetitornya. Namun cukup disayangkan Chevrolet tak langsung membekalinya dengan banyak fitur seperti yang dimiliki kompetitor lainnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar