Kamis, 18 April 2013

Chevrolet Spin - Tawarkan Beragam Kelebihan

The Spirit of Indonesia, begitu tema yang diangkat PT General Motors (GM) Indonesia saat mengadakan sesi tes drive Chevrolet Spin dengan rute Solo-Jogjakarta-Solo. Puluhan wartawan termasuk BosMobil pun turut mencicipi bagaimana sensasi ada di dalam kabin Chevrolet Spin melalu berbagai trek.



"Kota Solo dan Jogjakarta kami pilih untuk menguji ketangguhan Chevrolet Spin karena selain mencerminkan kebudayaan Indonesia yang masih kental juga memiliki pemandangan alam dan kondisi jalan yang beragam," beber Public Relation Director GM Indonesia Maria Sidabutar yang ikut dalam rombongan.
Menempuh rute Solo - Prambanan - Jogjakarta - Borobudur - Puncak Ketep - Solo, Chevrolet Spin benar-benar diuji habis-habisan menempuh berbagai kondisi jalan.

Penasaran tentang keunggulan mobil ini? Berikut ulasannya. :


Simple Nan Berkarakter

Masuk dalam golongan Low MPV yang diapit kuat oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga, Chevrolet rupanya punya ide unik untuk Chevrolet Spin. MPV yang dirakit di pabrik GM Indonesia di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat itu punya karakter yang berbeda dibanding MPV Jepang yang telah lebih dulu beredar.



Pada bagian muka misalnya, front grille besar berwarna hitam yang juga ada pada beberapa produk baru Chevrolet seperti Orlando, Captiva, atau Bahkan Colorado tetap dipertahankan pada Chevrolet Spin. Apalagi logo menyiku khas dengan warna kuning emas milik Chevrolet makin mengentalkan karakter MPV bergaya Amerika.



Meski demikian, Chevrolet tidak membiarkan bagian bonet hingga menjulur ke sisi kiri dan kanan terlalu menyiku atau menggunakan garis-garis desain yang tegas seperti misalnya pada Chevrolet Orlando. Spin dibiarkan bermain pada desain dinamis yang lembut, efeknya, mobil 7 penumpang itu terlihat punya desain yang compact.



Tapi Chevrolet Spin juga tidak meneruskan desain "lembut" itu hingga ke buritan. Bagian bokong kembali dibuat dengan sedikit pola menyiku yang membuatnya makin jelas berbeda dibanding MPV kebanyakan.



Masuk ke interior, Chevrolet merancang Spin tidak dengan desian yang terlalu futuristik seperti yang ditemukan pada Chevrolet All New Spark. Spin dibungkus dengan dashboard two tone color serta jok dan door trim menggunakan bahan fabrik yang terlihat begitu sederhana. Tetap mengandalkan desain dual cockpit, dashboard Chevrolet Spin tidak terlihat terlalu istimewa. Sepintas mirip bentuk dashboard All New Aveo. Panel-panel instrument juga masih mengandalkan LED lamp sehingga mudah terbaca meski kondisi diluar sangat terik. Begitu pun lingkar kemudi yang masih menyerupai All New Aveo tanpa kehadiran audio steering control.

Sederhana dan cocok untuk mereka yang tidak terlalu butuh kendaraan dengan desain yang terlalu futuristik.


Diesel Yang Mengagumkan

GM Indonesia patut diacungi jempol ketika pertama kali akhirnya memperkenalkan secara resmi Chevrolet Spin. Apa pasal? Saat ini Chevrolet Spin satu-satunya dengan pilihan mesin diesel 1.3 liter.
Ya, ada tiga varian mesin yang diusung Chevrolet Spin, yakni 1.2-liter bensin 4 silinder DOHC Dual VVT-i, 1.5-liter bensin 4 silinder DOHC Dual VVT-i, dan 1.3-liter diesel Commonrail Direct Injection Turbo. Boleh dibilang, saat ini di segmennya cuma Chevrolet Spin yang punya varian mesin yang menarik yakni 1.2 liter bensin, 1.3 liter diesel, 1.5 liter bensin.
Pada pilihan mesin 1.5-liter bensin, BosMobil sempat mencicipi yang varian LT transmisi manual. Dengan power yang diklaim 106 PS pada 5.800 rpm dengan torsi 141 Nm di 4.000 rpm, Chevrolet Spin 1.5LT M/T menggunakan transmisi manual 5-speed.



Melalui rute dalam kota Jogjakarta mulai dari sesaknya jalan raya Malioboro dan terus bergerak menuju Borobudur, perpindahan gigi baik naik maupun turun sangat lembut. Tenaga baru terasa keluar pada putaran mesin 2000 RPM ke atas. Walau akselerasinya biasa saja, tapi pada RPM tinggi power mesin sangat terasa.



Masuk ke daerah Puncak Ketep, mobil dipaksa menikung tajam berpadu tanjakan yang cukup curam. Pada keadaan jalan seperti ini torsi mesin sangat berperan untuk membuat mobil tidak kehilangan traksi sedikit pun. Kaki-kaki yang menggunakan Independent McPherson dibagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang juga memberikan efek mobil gesit dibawa bermanufer saat melintasi tikungan demi tikungan.



Gejala body roll cukup kecil untuk ukuran MPV Low, namun seperti halnya mobil-mobil non Jepang, setir memang terasa agak berat. Bagi sebagian orang ini bermasalah, tapi kondisi ini akan terasa keunggulannya jika mobil pada keadaan kecepatan tinggi sehingga handling lebih stabil. Selain tipe 1.5LT M/T, BosMobil pun sempat sedikit merasakan bagaimana Chevrolet Spin 1.3LT diesel. Walau secara desain tidak ada perbedaan dibanding tipe mesin bensin, bahkan emblem disel pun tidak ada, tetapi sensasi tenaganya jauh berbeda.



Hanya ada pilihan transmisi manual 5-speed, torsi Chevrolet Spin diesel sudah terasa sejak RPM 2000. Diajak ekselerasi pada kondisi stop and go di jalur dalam kota Solo, torsinya seperti tak pernah habis. GM Indonesia mengklaim, Chevrolet Spin dengan mesin 1.3-liter diesel punya tenaga puncak 75 PS di 4.000 RPM dengan torsi maksimum 190 Nm pada putaran 1750 RPM. Dahsyat!
 

Nyaman dengan Handling Bagus

Sebelum mebahas lebih luas tentang kenyamanan Chevrolet Spin, MPV GM ini punya PR (pekerjaan rumah) yang tidak boleh diremehkan. Ya, kami harus jujur, kenyamanan penumpang belakang baik baris kedua maupun ketiga Chevrolet Spin sepertinya harus jadi perhatian lebih bagi GM Indonesia. Posisi jok yang sangat kaku, tidak bisa direbahkan sedikit ataupun dimajukan sedikit seperti pada kompetitor membuat posisi duduk tidak terlalu nyaman untuk menempuh perjalanan jauh.



Legroom, terutama untuk jok baris ketiga pun kurang nyaman jika harus diisi oleh orang dewasa. Saat kami jajal duduk di bangku paling belakang, lutut tertekuk karena tidak cukup leluasa dengan jarak jok baris kedua. Ketika jadi pengemudi, Anda harus terbiasa dengan pilar A yang dimensinya cukup lebar. Terkadang ini menyulitkan pandangan Anda melihat objek saat harus menikung tajam. Meski demikian visibilitas ke arah depan dan belakang cukup baik.



Tapi...Chevrolet Spin juga bukan berarti tidak nyaman untuk keluarga Anda. Sistem kaki-kakinya pasti membuat siapa saja yang ada di kabin ini terkejut. Boleh kami bilang Chevrolet Spin merupakan satu-satunya Low MPV yang tidak "mental mentul" ketika Anda merasakan duduk di jok baris kedua atau bahkan baris ketiga. Bantingannya sama antara duduk di depan, tengah, maupun belakang. Yang unik sistem suspensi itu juga memberikan efek handling yang bagus buat sang pengendara.



AC model double blower dengan tambahan evaporator di bagian atap baris ketiga turut mampu memberikan kesejukan yang lebih cepat merata ke seluruh kabin. Apalagi bagian AC ini dibuat rata dengan atap mobil sehingga tidak mengganggu jarak kepala Anda dengan kisi-kisi AC.



Kapasitas bagasi cukup untuk para ibu muda membawa barang bawaan. Jika dirasa kurang maka kursi baris ketiga bisa ditekuk maka 4-5 tas ukuran besar bisa masuk di dalamnya. Menariknya pintu bagas menggunakan sistem soft touch bukan handle seperti pada gagang pintu pengemudi dan penumpang. Akibatnya membuka bagasi cukup dengan sentuhan satu jari tangan.

Pas rasanya untuk keluarga muda di Indonesia.


Tawarkan Banyak Fitur


Walau masuk dalam kelas mobil keluarga berharga terjangkau, tapi GM Indonesia tidak pelit menanamkan fitur-fitur berkelas pada Chevrolet Spin. Mulai dari teknologi mesin, fitur penambah kenyamanan pengemudi dan penumpang, hingga sarana hiburan.



Dari sisi teknologi mesin misalnya, Chevrolet Spin sudah mencangkokkan teknologi Commonrail Direct Injection Turbo Diesel yang biasanya cuma dipakai pada SUV middle up maupun mobil pickup kabin ganda. Pada bagian dashboard Chevrolet Spin juga sudah menyediakan multi information display (MID) yang menampilakn kecepatan mobil, jarak tempuh mobil, kapasitas BBM dalam tangki, yang semuanya tersaji secara digital. Ada pula head unit dengan fitur Radio, CD, MP3, WMA, USB, AUX-IN, hingga Bluetooth phone connection.

Dari sisi keselamtan, Chevrolet Spin sudah dibekali single airbag, Antilock Brake System (ABS) serta kunci dengan alarm dan immobilizer sehingga anak kunci tidak mudah di duplikat.


Hadir Dengan Terjangkau

GM Indonesia mengambil strategi marketing yang cukup jitu pada Chevrolet Spin. Ini bisa dilihat dari pricing positioning Chevrolet Spin yang ada mulai dari Rp.139,7 juta untuk tipe 1.2LS transmisi manual. Sementara varian paling mahal ada di 1.3LTZ diesel yang dibanderol cukup bersahabat yakni Rp.189,7 juta.



Jika melihat fitur yang diusungnya Chevrolet Spin lebih pantas bermain pada MPV middle up, mengingat kompetitornya tidak ada yang memiliki varian mesin diesel commonrail direct injection serta AC hingga jok baris ketiga. Sangat menggoda bukan?!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar