Minggu, 21 April 2013

Chevrolet Trailblazer - All Terrain SUV 7-Seater

Mengikuti perkembangan zaman ketika mobil-mobil jenis SUV tidak lagi mengandalkan ketangguhan mesin dan kaki-kaki tapi juga kenyamanan untuk berpergian bersama seluruh anggota keluarga, maka Chevrolet Trailblazer pun melakukan hal yang demikian.


Nama General Motors (GM) dan Chevrolet di Indonesia memang lebih kondang dengan mobil-mobil berjenis jip atau yang kini istilahnya berkembang jadi SUV (Sport Ulitity Vehicle). Anda tentu masih ingat betul bagaimana Chevrolet Blazer berjaya, dan kemudian sekarang menyusul Chevrolet Captiva yang banyak dicintai para penyuka mobil SUV. Kini perusahaan Amerika Serikat (AS) itu menawarkan pula Chevrolet Trailblazer.

Apa kelebihan dan kekurangannya? Simak hasil liputan ekslusif kami yang telah mengupas luar dalam tentang Chevrolet Trail Blazer.

Looks Masculine


Entah memang sudah tradisi atau "gaya" dari para founding father, desain-desain eksterior dari mobil-mobil keluaran GM selalu terlihat gagah, macho, dan sangat maskulin. Bukan sekadar membesarkan sisi stylish seperti produsen mobil negara lain. Ini pula yang ada pada Chevrolet Trailblazer.



Coba perhatikan lebih lama SUV 7-seater yang satu ini. Makin dilihat mendetil makin bisa membuat Anda kagum. Contohnya pada bagian front facia. Chevrolet Trailblazer tampak maskulin berkat grille hitam lebar seperti yang digunakan pada beberapa model baru Chevrolet. Front grille ini seakan jadi pelengkap kesan stylish dari desain kap mesin yang cenderung punya lekukan patah. Agar makin beraura mewah, grille dibubuhkan aksen crome pada bagian tepinya.

Layaknya pria maskulin, Chevrolet Trailblazer tidak cuma menonjolkan sisi macho saja. Ini bisa dilihat dari pemilihan desain headlamp, foglamp dan bumper yang tidak agresif namun tetap berkarakter. Headlamp ditampilkan dengan sisi yang lebih modern, sementara foglamp lebih dipilih tema minimalis plus aksen crome untuk menambah aura kemewahan.



Pada bagian sisi kiri dan kanan, Anda akan menemukan jati diri Chevrolet Trailblazer sebagai mobil pekerja keras yang tangguh melahap berbagai median jalan. Itu ditegaskan dengan penggunaan velg dan ban besar serta mobil yang memiliki jarak dengan tanah yang cukup tinggi. Tapi lagi-lagi, seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya, jika Chevrolet Trailblazer cuma tampil lebih maskulin layaknya pria metropolitan, maka aksen crome dan signal lamp menggunakan LED pada spion luar serta footstep menjadi ornamen stylish yang ada.



Dibagian belakang, kembali GM mempertegas Chevrolet Trailblazer sebagai SUV perpaduan antara ketangguhan dan kemewahan. Bukti ini tercermin dari desain kaca belakang yang lebar, rear combination lamp dengan LED yang stylish, serta rear bumper yang mengambil tema simple. Kesan tangguh tercermin dari adanya emblem Duramax Diesel. Sepertinya emblem ini memang sepele, tapi bisa membuat siapa saja penasaran, apasih artinya dan apa kehebatannya?! Dan ketika Anda masih bertanya-tanya tentang Duramax Diesel, maka bukan tidak mungkin raungan mesin dari bawah bonet Chevrolet Trailblazer sudah jauh meninggalkan Anda.



Chevrolet Trailblazer memang bukan diciptakan untuk Anda para pekerja keras di medan-medan berat. Tapi Chevrolet Trailblazer juga bisa membawa Anda dan keluarga berpetualan kemanapun Anda mau. 7 jok penumpang termasuk sopir dengan sistem tiga baris dibalut kulit yang lembut. Sementara pada bagian kokpit, Chevrolet Trailblazer menyajikan dahsboard yang sangat futuristik.



Lingkar kemudi dibuat dengan komposisi yang cukup nyaman digenggam, sementara panel-panel meter begitu mudah dibaca meski terkena sinar matahari yang terik. Pada bagian tengah dashboard terdapat audio system serta pengaturan AC yang berbentuk melingkar. Sangat unik dan futuristik. Bagian ini kemudian terus menyatu dengan center console yang terdapat tuas transmisi, pengaturan 4x4, hingga glove box.


Are you ready for a Journey with Chevrolet Trailblazer??

Crashing All Terrain



Yup, judul tadi memang sengaja kami pilih untuk menggambarkan bagaimana ketangguhan mesin Duramax Diesel 2.8-liter milik Chevrolet Trailblazer yang kami uji coba.
Dengan teknologi Common Rail Direct Injection Variable Geometry Turbocharged with Intercooler, Chevrolet Trailblazer 2.8 A/T berkelir grey metallic ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga 177 HP pada 3.800 rpm dengan muntahan torsi puncak 470 Nm di 2.000 rpm saja. Torsi yang melimpah pada putaran bawah ini sangat kami rasakan ketika mencoba Chevrolet Trailblazer bermain disebuah lokasi tanah merah.

Masih menggunakan mode penggerak roda 2W, maka tidak butuh injakan pedal gas yang mendalam untuk membuat roda belakang Chevrolet Trailblazer berputar kencang seingga menerbangkan debu-debu tanah merah yang mulai mengering siang itu. Bruuummmm.....!



Ketika pedal gas diinjak spontan dengan dalam, putaran roda makin kencang, raungan mesin dieselnya makin berteriak, dan seseat itu pula mobil langsung melesat.



Handlingnya sangat baik meskipun median jalan yang kami lewati bukan aspal. Ban juga seolah tidak kehilangan traksi saat sesekali diajak bermanuver ekstrim. Masuk ke lokasi yang agak menanjak, kami coba posisikan electronic 4x4 shif control pada posisi 4h. Mobil pun bisa merangkak sempurna walau pedal gas cuma ditekan minimalis.



Ok, kini saatnya mencoba Chevrolet Trailblazer di jalan raya. Menggunakan transmisi Automatic 6-speed dengan teknologi tiptronic, perpindahan antar giginya berlangusng mulus, meski memang harus diakui akselerasinya tidak sebaik Chevrolet Captiva VCDi. Meski demikian ketika putan mesin sudah lewat dari 4.000 rpm, maka mesin raksasanya bisa sangat terasa. Menariknya, ketika jarum jam speedometer sudah melebihi 120 km/jam, mobil masih terasa nikmat untuk dikendarai layaknya kecepatan masih dibawah 80 km/jam. Mantap...



Comfortable for Your Family
Walau pihak GM Indonesia memposisikan Chevrolet Trailblazer untuk pasar fleet alias perusahaan-perusahaan pertambangan, perkebunan dan sebagainya, namun kami akui jika SUV ini nyaman jika dipakai bersama keluarga.



Dengan jarak sumbu roda 2.685mm, Chevrolet Trailblazer punya ruang kabin yang lega mulai dari jok baris pertama, kedua, hingga ketiga. Untuk pengemudi dan penumpang depan bahkan bisa memundurkan jok dengan jarak yang cukup lebar. Sementara penumpang baris kedua kami rasankan cukup nyaman walau harus menempuh perjalanan jauh sekalipun.



Visibilitas ketika dijalan baik ketika jadi pengemudi maupun penumpang juga terbilang baik. Tetapi mungkin karena ukuran tubuh kami atau orang-orang Asia yang tidak sebesar tubuh warga AS, maka agak kesulitan memperkirakan dimensi mobil ketika harus parkir di tempat yang sempit atau kala membelah padatnya kendaraan lain di jalan raya saat lalu lintas macet.



Khusus jok baris ketiga, meskipun kami rekomendasikan hanya untuk anak-anak, tapi jika tidak terpakai maka jok bisa dilipat rata dengan lantai mobil. Hasilnya, kapasitas bagai pun membengkak jauh. Dan seluruh barang bawaan Anda dan keluarga bisa masuk ke dalamnya.



High Tech
Dilihat dari sisi fitur yang tersedia, Chevrolet Trailblazer melengkapi diri sebagai SUV premium yang mewah. Bagaimana tidak, fitur-fitur unggulan yang baisanya ada di mobil-mobil premium tersedia disini. Pada kursi pengemudi misalnya, ada fitur 6-way electronic power seat, tilt steering, serta stir berlapis kulit yang juga dilengkapi dengan audio control dan cruise control. Untuk menempuh berbagai medan jalan yang ekstrim sekalipun, silahkan kontrol penggerak roda Chevrolet Trailblazer menggunakan Electronic 4x4 Shift Control.



Bagi penumpang depan dan belakang, ada audio system 2DIN dengan fitur Radio, CD, MP3, Bluetooth, USB, dan Aux-In yang semuanya terhubung dengan 8-speaker. Alunan suaranya lembut dan jernih. Seluruh penumpang juga jangan takut kepanasan, karena AC sudah didesain hingga jok baris ketiga, yang pada penumpang belakang ada pengaturan suhu terpisah dengan penumpang depan.



Untuk sarana keselamatan, Chevrolet Trailblazer diperkuat dengan fitur Keyless entry with immobilizer, Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC), Panic Brake Assist, Cornering Brake Control, Hill Descent Control, dan Hill Start Assist. Tak lupa pula Dual SRS Airbags jadi perangkat keselamatan standar yang ada pada Chevrolet Trailblazer.



Price


GM Indonesia menawarkan Chevrolet Trailblazer dalam dua varian, 2.5 LT 4x2 M/T dan 2.8 4x4 A/T. Untuk unit yang kami uji coba yakni Chevrolet Trailblazer 2.8 LTZ 4x4 A/T. Harganya Rp. 578,8 juta on the road Jakarta.



Kehadiran Chevrolet Trailblazer bukan satu-satunya SUV mewah diesel di Indonesia. Di kelasnya ada Hyundai SantaFe, dan BMW X5 Diesel. Hmm... sangat beragam bukan, kompetitornya?!

2 komentar:

  1. mantap reviewnya. Sangat membantu saya untuk memilih SUV 7 seater yang akhirnya Insya Allah menjatuhkan pilihan SUV pada Chevrolet Trailblazer ini. Thanks ya...

    BalasHapus
  2. Sama2. Saya senang konten di blog saya bisa membantu anda dalam memilih mobil SUV 7 Seater.
    terus kunjungi blog ini ya.. blog ini lebih difokuskan ke otomotif dan gadget..

    terima kasih sudah berkunjung..

    BalasHapus