Selasa, 23 April 2013

Ford Ranger Wildtrak 2.2 A/T - Sensasi D-Cab Stylish


Bila kebanyakan kendaraan double cabin memiliki kesan yang sangar dan sosok yang gahar dari sisi tampilanya, maka anda akan "pangling" ketika melihat varian teratas dari All New Ford Ranger yang datang membawa nama Wildtrakk 4x4 A/T.
Nyaris tak ada kesan sangar yang ditunjukan Ford Wildtrak pada tampilannya, justru yang ada adalah kesan stylish dan futuristik. Meski PT. Ford Motor Indonesia sendiri belum secara resmi memperkenalkan varian Ranger Wildtrack 2.2L A/T ini kepada publik, namun kami telah diberikesempatan untuk menjajalnya terlebih dulu.
Simak ulasan dalamnya dibawah ini.

Futuristik dan Eyecatching

Tak lagi megandalkan kesan gahar dan sangar, namun kali ini Ford justru meracik desain yangout of the box untuk varian Ranger Wildtraknya. Tampang depan dibuat begitu modis dengan tampilan yang stylis namun tak meninggalkan kesan gagah yang turut dipadukan dengan sisi modern dari sebuah kendaraan D-Cab.
Mulai dari fender dan grill depan, tampang Wildtrak benar-benar dibuat berbeda dari varian Ranger lainya. Bila Ranger XLT terdapat aksen chrome pada bagian grillnya, tidak untuk versi Wildtrak ini yang ada justru model grill yang menyatu dengan warna bumper depan kemudian dikolaborasikan lagi dengan guard silver. Sedangkan untuk headlamp dan foglamp masih mengambil model yang sama dari varian XLT.
Salah satu yang membuat varian Wildtrak ini unik sehingga mencuri banyak perhatian adalah kelir bodynya yang bertemakan Chilli Orange. Untuk sebuah kendaraan D-Cab warna seperti ini ditambah dengan desain yang apik jelas membuatnya tampil beda, wajar saja banyak yang terpana ketika melihat si bonsor Wildtrak berseliweran di jalan Ibu Kota.
Sebagai varian tertinggi, Ranger Wildtrak 4x4 A/T ini juga telah dilengkapi dengan beberapa penambahan fitur seperti Box Rail, Roof Rail, Bedliner, Sport Bar, sampai dengan pelek alloy dengan desain baru berdimensi 18". Sedangkan untuk menunjukan jati dirinya, stiker bertuliskan Wildtrak ikut disematkan dibagian sisi dan belakangnya.
Masuk kebagian kabin, lagi-lagi anda akan terpana dengan kewahaan yang disajikan oleh Wildtrak. Mulai dari ragam fitur yang disajikan pada dasbardnya sampai dengan balutan kulit hitam berpadu dengan warna orange sebagai striping di jok sampai dengan bordiran Wildtrak disisi headrest pengendara dan penumpang depan, bahkan untuk kesan detailing yang sempurna jahitan disetiap balutan kulit hitam tersebut juga disulam dengan benang berwarna orange sampai dengan sektor kemudinya juga sisi doortrim.
Secara keseluruhan desain Wildtrak memang tampil all out, atau dalam kata lain benar-benar menyajikan sesuatu yang berbeda untuk sebuah kendaraan D-Cab penjelajah medan berat. Kegagahannya ditunjang dengan tampilan moder melalui desain yang futuristik, selain itu pengendara dan penumpang pun dimanjakan dengan tampilan interior yang mewah layaknya sebuah sedan premium.

Sama Rasa Lebih Fun To Drive

Wildtrak datang dengan mesin yang sama berkapasitas 2.198 cc, Diesel Duratorq TDCI Hi-Power lengkap dengan instalasi Turbocharger, hanya saja ia tak mengusung transmisi manual melainkan otomatis 6 percepatan sistem pengerak 4WD/2WD. Wildtrak mampu menghasilkan tenaga hingga 150 PS pada 3.700 rpm disertai torsi maksimal hingga 375 Nm pada 2.500 rpm, hal ini serupa dengan varian XLT-nya.
Pindahkan tuas ke posisi "D" si bongsor menawan ini langsung bergerak. Dari sini mulai terasa perbedaan antara manual dan matik, tarikan bawah Wildtrak terasa berat dan lamban terlebih untuk posisi stop n go, tak seresponsif versi manual yang langusung menyentak. Derungan suara mesin mulai terasa, asyiknya setiap gas dilepas dencitan suara turbo halus terdengar.
Meski memiliki tampilan stylish dan dibekali dengan transmisi otomatis, namun jatidiri sebagai kendaraan pelahap medan berat tetap ditegaskan saat kami menjajalnya di kawasan tanah berdebu dengan kontur yang bergelombang. Masuk kekawasan lahan kosong tersebut, kami harus menanjak gundukan tanah yang lumayan tinggi, namun hal ini bukan menjadi kendala untuk Wildtrak. Pindahkan trasnmisi ke posisi paling bawah tanpa perlu memindahkan posisi pengerak rodanya, ia sudah mampu menerabas gundukan tersebut.
Tanah dan debu seakan menjadi sahabat sejati untuk sebuah D-Cab, sedikit bermanuver dan bermain debu dilokasi itu rasanya cukup mengasyikan. Saat gas mulai dibejak dan roda belakang melakukan spirnt debu sudah mulai berkobar, begitu juga saat berselancar menguji ketangkasan handlingnya.
Pengunaan suspensi Double Wishbone dengan Stabilizer disektor depan terbukti ampuh dalam meredam getaran di medan bergelombang, selain itu adanya coil spring juga mampu menahan gesekan terhadap deflexi, sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik. Sedangkan bagian belakang yang ditopang dengan Rigid Axle & Leaf Spring lengkap dengan Shock Absorber juga mampu menahan gejala Bounching dan getaran dengan baik meski saat digunakan dalam jalan aspal agak terasa keras.
Sistem kemudi yang menggunakan Rack & Pinion serta dilengkapi dengan Power Steering membuat Wildtrak cukup lincah melakukan aksi-aksi manuver dimedan tanah berdebu sehingga kami terlihat seperti sedang ngedrift. Sayangnya bobot kendaraan yang berat membuat aksi tadi tak begitu sempurna.
Berikutnya giliran menguji pengerak 4WD-nya dengan melahap sebuah gundukan yang lumayan tinggi, posisikan dalam keadaan Netral lalu putar perpindahan pengerak menjadi 4H kemudian siap berjalan. Benar saja, Wildtrak dengan tubuhnya yang bongsor mampu melwati rintangan dengan mudah, bahkan kami pun tak memindahkannya hingga posisi 4L.
Puas bermain dihamparan tanah berdebu, giliran merasakan sensasi performa atasnya dijalan raya. Tak membutuhkan waktu lama, setelah gas kami injak penuh, tenaga pun langsung melejit keluar yang membuat putaran mesin makin meningkat. Dari titik diam hingga kecepatan 100 Km/jam, Wildtrak mampu menuntaskannya dalam kurun waktu kurang dari 12 detik.
Tak hanya itu saja, sensasi berkendara si bongsor ini ternyata cukup nyaman, walapun memiliki tubuh yang besar namun ketika diajak bermanuver menyalip beberapa kendaraan ternyata cukup lincah. Total, kecepatan saat kami mengujinya tembus hingga 140 Km/jam, setelah itu seperti biasa faktor fisika mulai beraksi dengan mengeluarkan efek limbung.

Lebih Nyaman Dari Kompetitor

Bisa dibilang mungkin saat ini Ranger Wildtrak merupakan D-Cab yang paling nyaman diantara D-Cab lainya yang pernah kami jajal. Mulai dari sisi visibilitasnya, tubuh tinggi dengan engine hood yang yang hampir rata dengan ruas pilar depan ternyata tak menyulitkan sisi pandangan ketika berkendara. Begitu juga dengan bagian visibilitas dibelakangnya.
Wildtrak yang diplot sebagai varian tertiggi Ranger tak hanya menwarkan luas kabin yang baik sehingga memberikan kenyamanan dalam hal legroom bagi pengendara dan penumpangnya, tapi juga ditunjang dengan nuansa kemewahan dari permainan sisi interior dimana bagian jok dari depan sampai belakang telah terbungkus dengan lapisan kulit yang divariasikan dengan striping warna bodynya sampai dengan gagang kemudi yang membuat tangan lebih nyaman ketika mengenggamnya.
Kenyamanan kabin dari Ranger pun makin terasa ketika berkendara. Meski dibekali mesin diesel, namun kedapnya sektor kabin mampu meredam suara bising dari luar, selain itu sisi ergonomis yang memudahkan pengendaranya juga cukup kental ditunjukan melalui beragam tombol fungsi disektor kemudi.Masalah bagasi untuk barang, jangan dipertanyakan lagi, ruang kargo dibagian belakang yang memiliki dimensi 1549x1560x511 cukup untuk mengangkut ragam bawaan anda.

Terlengkap diKelasnya


Tak hanya sedan mewah ataupun hatchback yang memiliki segudang fitur mewah, bahkan untuk sebuah kendaraan pengilas medan cadas layaknya si D-Cab Wildtrak ini pun telah membekali Ford oleh fitur yang berlimpah layaknya kendaraan premium lainnya.

Selain sistem pengerak 4WD-nya, Wildtrak juga telah ditunjang dengan sistem audio 1DIN yang mampu memfasilitasi MP3,CD,Aux juga Radio lengkap dengan 4 buah speaker sampai dengan fitur unggulan Ford yaitu Voice command layaknya pada Fiesta maupun Focus. Bahkan Ford pun memanjakan pengendaranya dengan teknologi Cruise control yang mampu menjalankan kendaraan tanpa menginjak gas ketika anda sedang santai. Kesemua fitur tadi mampu dijalan melalui tombol indikator yang ada di ruas kemudi.
Disisi keselamtan, Wildtrak juga paling lengkap. Dual airbags, VSA, Downhill Assist, ESP, serta rem ABS dan EBD telah menjadi perangkat standar yang diberikan oleh Ford.

Menarik Dan Rasional

Modis, stylish dan futurisrik memang menjadi pandangan utama dari Ford Ranger Wildtrak. Meski belum diluncurkan secara resmi oleh Ford Indonesia, namun untuk harga telah tertera disitus resminya sebesar Rp 386.300.000 on the road Jakarta. Dilihat dari sisi desain, fitur, safety dan performa rasanya harga yang ditawarkan sangat rasional bukan ??





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar