Minggu, 14 April 2013

Honda Kuasai 71 Persen Pasar Sepeda Motor




PT Astra Honda Motor (AHM) menutup kuartal pertama 2013 dengan menguasai 70,9% pasar sepeda motor skutik setelah berhasil menjual 870.874 unit (naik 34 persen dari periode tahun lalu) dari total 1.228.963 unit (tumbuh 16,6 persen dibandingkan periode Januari-Maret 2012) sesuai data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Pencapaian ini semakin memperkokoh posisi Honda sebagai Raja Skutik dalam beberapa tahun terakhir.
Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan kepraktisan berkendara pada skutik menjadi faktor utama yang mendorong masyrakat memilih model ini, selain desain dan fiturnya yang menarik.
“Dominasi Honda di segmen skutik juga tidak terlepas dari desain dan fitur yang menarik dari model skutik Honda. Ditambah mesinnya yang tangguh dan hemat bahan bakar. Pencapaian Honda pada kuartal I/2013 ini merupakan bukti nyata kepercayaan konsumen terhadap produk skutik Honda,” ujarnya dalam rilis yang diterima KompasOtomotif (13/4)
Penyumbang terbesar dari skutik Honda adalah BeAT Series total 453.623 unit (naik 44,3 persen dibanding periode yang sama mencatat 314.263 unit). Sedang Vario Series menyumbang kedua terbanyak dengan 347.122 unit (naik 49,6 persen), diikuti Scoopy dengan 41.499 unit, Spacy 27.660 unit, dan PCX 970 unit.
“Karena kepercayaan masyarakat terhadap produk sepeda motor Honda, kami berhasil meraih 61,7% pangsa pasar motor secara nasional. Terima kasih buat konsumen dan segenap pihak yang telah bekerja keras di tengah suasana pasar yang sulit ini.”
Sementara itu, Honda juga mampu mempertahankan sebagai penguasa di kelas bebek dengan penguasaan pangsa pasar 60,3%. Angka ini diraih setelah berhasil menjual total 253.898 unit hasil kontribusi dari Honda Revo series 91.291 unit, Honda Blade 43.170 unit, dan Honda Supra series sebesar 119.437 unit.
Motor Sport Melonjak 79%
Di segmen motor sport, penjualan juga mengalami peningkatan, meski masih belum bisa menggeser rivalnya Yamaha. Pada kuartal pertama ini, terjual total 84.287 unit (melonjak 79,1 persen).Pencapaian ini mendongkrak pangsa pasar sport Honda menjadi 27,1% dari sebelumnya yang hanya 19,9%. Di luar dugaan, Verza berada paling ataas dengan 25.067 unit, kemudian diikuti CB150R StreetFire 38.031 unit dan keduanya memberi kontribusio 74,8 persen. Sementara MegaPro terjual 14.297 unit, Tiger 3.035 unit dan CBR Series 3.851 unit.
"Kami optimis, sepeda motor Honda dapat terus menemani masyarakat Indonesia di bulan-bulan berikutnya pada tahun ini. Kami tidak akan berhenti memberikan produk-produk terbaik sesuai kebutuhan masyarakat dengan didukung jaringan purna jual Honda yang tersebar di seluruh Indonesia.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar