Selasa, 23 April 2013

Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim


Ubahan ringan yang dilakukan oleh Honda Prospect Motor pada Honda New City memang bisa dibilang cukup minim, namun justru dengan sedikit ubahan tersebut membuat sedan yang pertama kali mendebut di Indonesia pada 1996 silam ini tampil lebih anggun.

Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Bicara penggunaanya, Honda New City cukup cocok bila digunakan sebagai kendaraan pribadi bagi sebagian orang yang mengidamkan sebuah tampilan sedan yang elegan, dipenuhi dengan fitur dan tingkat kenyamanan yang cukup dan dibarengi dengan sisi performa serta efisiensi bahan bakar yang baik.
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Nah, untuk lebih lengkap simak ulasan ringannya dibawah ini.

Desain

Tak banyak yang dapat dibicarakan mengenai desain eksteriornya, mengingat memang ubahannya tak begitu signifikan bahkan terkesan sama dengan Honda City versi sebelumnya.
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Bila diperhatikan sekilas memang tak ada ubahnya dengan varian City sebelumnya, tapi dengan adanya grill depan baru yang datang dengan lapisan krom terbukti mampu mendongkrak tampilannya menjadi lebih menawan. Desain triangle yang diemban oleh beberapa generasi Honda saat ini tampak menjadi salah satu momok yang membuatnya terlihat lebih stylish dan sporty.
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Paduan grill tiga baris yang telah dilapisi krom terlihat begitu menarik ketika bersanding dengan tampilan headlamp yang meruncing di bagian sisinya mengikuti desain struktur triangle yang menegaskan tingkat aerodinamis yang tinggi. Tak hanya itu, garis halus pada bagian sisi-sisinya juga memberikan karakteristik tersendiri yang membuatnya terlihat lebih menawan.
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Pindah ke sektor belakang sama dengan tampilan depanya yang tak banyak berubah dari desain terdahulu. Hanya saja untuk memberikan kesan lebih elegan, Honda mengakalinya dengan reflector yang diikuti dengan penempatan pelek alloy baru berdimensi 16".
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Masuk ke sektor kabin, nuansa elegan makin kental dengan adanya dominasi warna gelap di setiap bagiannya. Mulai dari dashboard, sampai lapisan joknya yang berbahan Fabric. Bahkan tak hanya itu saja yang ditampilkan Honda pada City faceliftnya ini, adanya New Central Panel Color ditambah dengan Knob Central Panel dan Ventilation Adjuster dengan desain krom beserta New Side Door Lining juga memberikan dampak yang lebih fresh pada sektor interior.

Performa

Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan MinimMasih mengusung mesin yang sama yaitu 1.5L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC yang telah dilengkapi dengan teknlogi DBW dan Torque Boost Resonantor. Mesin ini diklaim Honda memiliki tenaga hingga 120 PS pada 6.600 Rpm dan juga cukup efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.
Guna menepis rasa penasaran tersebut, kami pun sedikit bermain dengan Honda New City. Mengambil jalur kosong di hari minggu merupakan pilihan yang pas untuk menguji performanya, masukan tuas transmisi di posisi D mobil berlahan maju ke jalan TOL. Selesai membayar, langsung pedal gas kami kick-down dan serentak putaran tenaga mesin pun bertambah yang membuatnya melaju lebih cepat.
Rasio yang diterapkan dari transmisi 5 percepatan otomatisnya terasa padat di tiap perganti gigi, bahkan di putaran atas mesin terus mengisi tanpa ada efek down terlebih dahulu. Tak puas dengan akselerasi pada posisi D, silakan geser ke posisi S dijamin tarikannya lebih responsif terlebih bila dibantu dengan jari-jari anda untuk memainkan paddel shift yang ada dibelakang kemudi. Eiitt ... tapi jangan terlalu nafsu untuk memindahkannya ke posisi lebih rendah dengan cepat, bisa-bisa mesin meraung hingga mengganggu kenyamanan di dalam kabinnya.
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Tak hanya soal performa mesin saja, di sisi lain handling yang dimiliki oleh Honda New City juga layak untuk diacungi jempol. Desain aerodinamis dengan tingkat ground clearance yang baik membuatnya cukup lihai ketika menghadapi jalan berkelok.
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Tak melulu harus menggeber habis untuk merasakan performanya, berjalan stabil dan konstan justru membuatnya lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar, terlebih adanya fitur baru berupa Lamp ECO yang tertera pada instrumen spidometer. Adanya ECO lamp memungkinkan anda mengontrol gaya mengemudi anda untuk mendapatkan tingkat konsumsi yang terbaik, secara tidak langsung fitur ini cukup mengedukasi atau memberi pelajaran akan cara mengemudi yang baik dan biasanya ECO lamp akan menyala ketika anda berjalan konstan pada kecepatan yang stabil.
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim

Comfort

Sisi kenyamanan dari sebuah sedan memang menjadi salah satu momok yang kerap kali menjadi bahan pertimbangan karena dinilai sedan tak memiliki banyak ruang dalam hal kelapangan, namun ternyata Honda menawarkan sisi berbeda dari Honda City yang datang dengan tingkat kenyamanan cukup baik dikelasnya. Menyandag konsep Spacious Cabin degan kapasitas 506 liter VDA yang terbesar dikelasnya.
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Ruang leg room di baris pertama bisa dibilang cukup baik, Enhanced Seat Design pada kursi pengemudi didesain untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan berkendara. Selain itu Reclining Seat juga menjadi salah satu andalan untuk mengatur sudut kemiringan tempat duduk agar lebih nyaman ketika dikendaraai. Masuk di baris kedua, sisi kenyamana kembali menajadi modal utama untuk City dengan ruang leg room yang cukup lapang sehingga tak membuat penumpangnya merasa pegal saat menempuh perjalanan jauh.
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan MinimDari segi visibilitas di bagian depan juga memberikan visualisasi yang baik, meski rasanya sedikit ada blind spot di tiang pilar A bagian kanan atau tepatnya di sisi pengemudi. Sayangnya, Honda tak melengkapi Honda New City langsung dengan instrumen panel audio control di bagian pengemudi sehingga anda harus sedikit meraba langsung ke audio untuk mengaturnya.
Kenyamanan lain juga didapat dari sistem suspensinya yang mampu meredam getaran dengan baik. Dengan menggunakan suspensi McPherson strut di bagian depan dan H-Shape torsion beam pada bagian belakang mampu menghadirkan kenyamanan berkendara baik untuk pengemudi dan penumpangnya.

Fitur

Tak banyak yang diberikan Honda untuk peremajaan dalam hal fitur pada New City, selain adanya indicator ECO, Honda hanya menambahkanya beberapa ragam saja layaknya Map Light, Door Lock Switch yang dilengkapi dengan Auto Door Lock by Speed, Audio System Double Din yang mampu memainkan lagu dari CD, MP3/WMA, atau USB Port dan kompatibel dengan iPod serta tampilan warna baru Meter Cluster yang lebih futuristik.
Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Meski demikian, dalam hal keselamatan Honda menawarkan yang terbaik di kelasnya. Mulai dari teknologi pengereman ABS, EBD, Neck Shock Mitigation Seat, sabuk pengaman dengan Pretensioner with Double Load Limiter, Dual SRS Airbags, dan struktur bodi G-CON + teknologi Advanced Compactibility Engineering. Semuanya ini merupakan perangkat keselamatan standar dari Honda New City yang ada pada varian teratasnya.

Price

Honda New City E A/T - Lebih Anggun Dengan Ubahan Minim
Datang dengan ubahan minim namun maksimalis, Honda melepas New City tipr E A/T dengan harga sebesar Rp 286 juta. Bila dilihat dari segi tampilan, nampaknya Honda New City sangat cocok untuk menemani aktivitas kaum urban di perkotaan yang sarat dengan aktivitas mobile.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar