Rabu, 17 April 2013

Isi Tas untuk Interview Kerja


Ilustrasi: Reuters.
Ilustrasi: Reuters.
Sebagai pencari kerja, tentu kita senang bukan kepalang ketika mendapat panggilan wawancara dari salah satu perusahaan yang kita lamar. Tapi, tidak jarang, para pencari kerja bingung harus membawa apa ketika menghadapi sesi interview dengan divisi HRD ini.

Jangan bingung dan panik, saya punya daftar barang apa saja yang perlu kita bawa saat wawancara kerja. 

Uang

Bawalah uang secukupnya untuk persiapan. Jika membawa kendaraan, persiapkan uang receh untuk membayar parkir. Jika menggunakan transportasi umum, pastikan uang kita cukup untuk ongkos sampai ke perusahaan tujuan. Enggak ada salahnya juga menyiapkan uang lebih untuk jaga-jaga jika ada kebutuhan darurat.

Jangan bawa tas yang terlalu fashionable
Tas yang terlalu fashionable memberi kesan kita ingin pamer pada pewawancara. Bawalah tas kerja dengan tampilan profesional. Beda halnya jika melamar pekerjaan di perusahaan fesyen, maka hal ini tidak jadi masalah.

Kartu nama

Mintalah kartu nama kepada pewawancara sebelum meninggalkan ruangan. Kita bisa juga bertukar nomor telepon untuk jaringan komunikasi.

Permen

Bau mulut sangat mengganggu sekali, apalagi jika kita sedang bicara dengan orang dalam jarak cukup dekat. Untuk menghalau aroma tidak sedap, makanlah permen mint. 

Identitas

Jangan lupa bawa kartu tanda pengenal (KTP). Biasanya KTP akan ditukar dengan kartu pengunjung di gedung yang kita datangi. Jika membawa kendaraan, pastikan bawa surat-surat kelengkapan seperti SIM dan STNK untuk mengantisipasi razia dan mencegah kita ditilang.

Alat tulis

Ketika wawancara berlangsung, catatlah apa yang si pewawancara bicarakan. Cara ini menunjukkan bahwa di mata pewawancara, kita adalah calon karyawan aktif. Bawalah dua atau tiga balpoin untuk jaga-jaga. Jangan sampai kita meminjam alat tulis ke si pewawancara.

Curriculum vitae (CV) dan portofolio
Kemungkinan besar pewawancara akan meminta ulang CV kita. Siapkan berkas lamaran lengkap di tas, termasuk portofolio.

Selain barang bawaan, hal lain yang perlu diperhatikan saat bersiap menghadiri wawancara kerja adalah kita harus tiba tepat waktu. Setidaknya sehari sebelumnya kita sudah menyurvei atau menelepon perusahaan untuk mengetahui rute perjalanan dari rumah. Dengan begitu, kita enggak akan tersesat dan terlambat.

Ketika sampai di kantor tujuan, melaporlah ke bagian resepsionis dan menukarkan identitas kita dengan kartu tanda pengunjung. Resepsionis gedung akan membantu kita dengan informasi kantor dan ruangan yang tepat.

Kemudian, satu hal paling penting adalah keyakinan. Kita harus siap menghadapi wawancara dan harus berpikir jika kitalah kandidat terbaik untuk posisi yang sedang dilamar. Percayalah pada diri sendiri dan bersikap profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar