Kamis, 18 April 2013

Kia All New Sorento - Revolusi SUV K-Pop

Meski banyak yang masih mempertimbangkan kala dihadapkan dengan pilihan kendaraan asal Korea tapi saat ini Anda tak bisa menganggap remeh, pasalnya kemajuan teknologi baik dari segi desain dan performa juga fitur yang dimiliki oleh mobil asal Korea rupanya sedang mengalami revolusi besar-besaran.



Layaknya Kia All New Sorento yang sesaat lagi akan resmi dilempar ke pasar Indonesia. SUV Premium 7-seater ini datang dengan beragam kelebihan yang dimilikinya. Tak hanya menawarkan kenyamanan saja, tapi fitur, teknologi, performa dan juga harga yang kompetitif menjadi modal PT. KIA Mobil Indonesia (KMI) untuk mempertarungkan Sorento dengan para rival-rivalnya di pasar otomotif Indonesia.

Seperti apa kelebihan yang disokongnya, simak ulasan lengkapnya.


Si Simple yang Mewah



Yup, secara tampilan memang Kia Sorento yang merupakan kendaraan fresh dari negeri K-Pop terlihat sederhana, tapi bukan berarti designnya datar namun ada beberapa ornament yang membuat tampangnya menjadi elegan.



Dimulai dari sektor depan yang tetap mengusung konsep tiger nose pada grill-nya lalu dikolaborasikan dengan design 3 dimensi dari unsur chrome, black bezel dan LED positioning lamp pada headlamp yang memberikan dampak kesan mewah. Bukan hanya itu saja, Foglamp dan juga cornering lamp turut disematkan sehingga membuat tampilanya elegan.



Masuk ke bagian samping, garis-garis tebal disekujur sisi dari pintu depan sampai belakang mengambarkan kesan kekokohan dari sebuah SUV yang kemudian diteruskan hingga bagian belakang dengan model konvensional namun terlihat mewah dengan penempatan LED High Mounted Stop Lamp.



Yang menjadi kemewahan dari sisi eksterior Sorento dibandingkan para rivalnya seperti, Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner dan juga Chevrolet Captiva adalah fitur panoramic sunroof lengkap dengan surface mounted roof rail. Bila dibandingkan dengan MPV 7-seater lainnya, hanya Sorento yang dibekali fitur ini.



Masuk kebagian Interior, kesan mewah yang berunjuk pada sisi kenyamanan digambarkan melalui penggunaan leather seat cover dengan material berkualitas. Selain itu tatanan dasboard pun didesain friendly untuk meningkatkan kemudahaan pengendaraannya.



Big Body With Big Power



Mengusung mesin Theta II DOHC Dual CVVT dengan kapasitas 2.349 cc yang lengkap dengan Distributor Less Ignition dan Variable Induction System (VIS), Sorento diklaim mampu menyuplai tenaga hingga 174 ps pada 6000 rom melalui 6 percepatan otomatisnya. Bila dibandingkan dengan para rivalnya meski memiliki kapasitas lebih besar layaknya Fortuner 2.7L, Sorento masih unggul diatasnya, bahkan dengan Pajero Turbo hanya selisih sedikit.

Buka hanya diatas kertas, performa dari Sorento telah dibutikan beberapa waktu lalu saat PT KMI mengajak beberapa rekan jurnalis untuk merasakan sensasi berkendaranya. Melewati beragam rute mulai dari lintas aspal tol hingga medan tak rata di kawasan Waduk jatiluhur, Sorento pun pamer kebolehannya.
Saat melintas di ruas Tol, sayangnya kami tak diberi kesempatan menguji performanya hingga top speed karena situasi iring-iringan. Kondisi diputaran bawah sedikit sama dengan kendaraan matik lainya, tarikan lamban ketikan pedal gas diinjak, namun begitu saat berada diputaran tengah mulai terasa membesar, terlebih saat tombol Eco dimatikan dan jarum Rpm bebas bergerak.



Bicara masalah pengendalaian alias handling, meski memiliki tubuh yang bongsor namun ketika diajak bermanuver ternyata Sorento cukup lincah akibat adanya fitur Motor Driven Power Steering (MDPS) yang berfungsi layaknya adapter steering dimana kendali akan ringan ketika dalam keadaan pelan dan sedikit berat pada kecepatan tinggi.



Kemampuannya sebagai SUV pun turut diperlihatkan kala menelusuri medan bergelombang menuju pintu Waduk Jatiluhur. Kaki-kaki yang ditopang dengan McPherson strut berikut stabilizer dibagian depan dan multi link dibagian belakang mampu memberikan rasa nyaman untuk pengendara dan penumpangnya.



Tak khawatir dalam menerjang medan menanjak berliku, dengan torsi sebesar 23.1 kg.m pada 3.750 rpm Sorento dengan tubuh bongsornya mampu melahap medan tersebut dengan baik, bahkan saat terjebak didalam lumpur sekalipun.



Kenyamanan Extraordinary



Sepeti tag line yang disandingnya "The Real Premium SUV", maka bicara soal comfort tak usah dipertanyakan lagi. Mulai dari sisi visibilitas yang nyaman, baik untuk pengendara dan penumpangnya melalui visual kaca depan dan belakang sampai dengan panoramic roof yang membuat suasana makin hidup didalam interior.



Selain itu sisi legroom serta headroom tak usaha diragukan dalam memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya, dengan penggunaan body monokok dan ruas ruang kabin yang lebih besar dari pesaingnya Sorento mampu memberikan kenyamanan terbaik soal kelapangan dibaris ke-1 dan ke-2. Meski mampu menampung penumpang hingga 7 orang, tapi kami tak begitu menyarankan untuk sisi baris ke-3, pasalnya meskipun memiliki kelapangan yang luas dari sisi kiri-kanannya, tapi headroom sedikit menggangu untuk ukuran orang dewasa.



Pengembangan lain yang dilakukan KIA untuk Sorento adalah dari aspek N.V.H, dimana perbaikan dilakukan pada sektor peredam suara dan kontruksi body sehingga suara bising mampu diredam dengan baik. Kenyamanan lain digambarkan dari sisi fun to drive, selain dilengkapi dengan teknologi MPDS tadi, Sorento pun turut dibekali dengan ruang kokpit yang friendly.



Hal ini ditunjukan dengan beberapa tombol fungsi digagang kemudi sampai dengan beragam tatanan indikatornya. Meski memiliki ruang yang lapang dan lega, sayangnya Sorento menganut desain blower AC disamping sehingga penyebaran udaranya tak begitu merata.


Paket Komplit

Seperti dijelaskan sebelumnya, segundang fitur telah disematkan untuk Sorento melawan para rivalnya. Bahkan beberapa diantaranya hanya dimiliki oleh Sorento.



Mulai dari panoramic sunroof, penggunaan body monokok, Motor Driven Power Steering (MDPS), Eco driving, auto cruise control dan banyak lainnya. Sedangkan disisi hiburan, Sorento memiliki audio sistem layar sentuh yang telah dilengkapi dengan 6 speaker juga headrest monitor dibangku ke-2. Selain berfungsi sebagai sebuah audio, layar sentuhnya pun mampu digunakan untuk navigas dan fasilitas konenksi internet dengan tunjangan sebuah perangkat modem yang dihubungkan melalui USB portnya.



Sedangkan untuk perangkat lainya seperti Sporty Meter Cluster yang dilengkapi MID (Multi Information Display) memberikan kesan modern serta informative dimana berbagai informasi seperti jakark perjalanan, kecepatan rata-rata, jarak tempuh dengan bahan bakar yang ada, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar per 100 km, temperature udara luar tersaji dalam sebuah instrument.



Bicara mengenai keselamatan, Sorento telah sukses meraih predikat 5 star rating in Europe’s NCAP dan the USA’s NHTSA crash tests. Mulai dari penggunaan disc brake pada ke empat rodanya, Anti lock Braking System + EBD sampai dengan Dual SRS Airbag serta side impact beam telah menjadi perangkat standar bawaan Kia All NEw Sorento.





Lebih Lengkap, Lebih Terjangkau


Menempatkan diri dikelas MPV Premium melawan para rivalnya seperti Toyota Fortuner 2.7L, Mitsubishi Pajero Sport sampai dengan Chevrolet Captiva Bensin, Kia meramu harga Sorento diantara rentan Rp 375-385 jutaan. Kia optimis menjajakan Sorento dengan harga yang kompetitif meski ditunjang dengan performa dan fitur yang berlimpah dibanding dengan para pesaingnya tadi.



Bila dilihat dari segala aspek, jelas harga yang ditawarkan sangat mengiurkan bukan ...?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar