Kamis, 18 April 2013

KIA All New Sportage LX - Ubahan Minimalis, Bikin Makin Terjangkau

PT KIA Mobil Indonesia (KMI) menambah varian dari KIA All New Sportage selain tipe Platinum. Ya, kini KIA All New Sportage hadir empat trim level, yakni All New Sportage LX transmisi manual (M/T), All New Sportage LX transmisi automatic (A/T), All New Sportage EX A/T, dan All New Sportage Platinum A/T.
 



Lalu apakah ada bedanya antara All New Sportage terdahulu dan All New Sportage LX? Jelas ada! berikut ulasannya :


Desain Mengalami Perubahan Minim


Secara umum desan KIA All New Sportage tidak ada yang berubah. Namun pada beberapa ornamen ada perbedaannya dibanding KIA All New Sportage yang kami uji awal tahun lalu.



Misalnya saja desain front grille yang pada All New Sportage LX tidak lagi menggunakan rounding krom tapi dipilih warna silver metal. Begitu pun dengan aksen krom diatas fog lamp yang ikut diubah jadi silver bukan lagi krom. Sementara DRL with LED juga ditiadakan pada KIA All New Sportage LX ini.



Sedikit beranjak ke bagian sisi, kami tak lagi menemukan lampu sein yang menyatu pada spion luar. Kemudian desain velg pun berubah meski ukurannya tetap sama yakni 235/60 R18.



Dibagian belakang, KIA All New Sportage LX menggunakan two tone rear bumper lengkap dengan parking sensor. Rearlamp masih dibuat dengan aksen membulat di beberapa bagian. Kombinasinya pun tetap didominasi warna merah lamp. Demikian pula dengan lampu sein belakang yang letaknya masih tetap ada dibagian atas rear bumper.



Masuk ke interior, perubahannya nyaris tidak ada. Yang berbeda antara KIA All New Sportage dengan KIA All New Sportega LX hanya pada desain pelapis jok yang kini tampil lebih elegan berwarna hitam tanpa ada lagi motif kotak bersusun di bagian tengahnya seperti pada KIA All New Sportage lalu.


Soal Performance, Masih Seperti yang Dulu

Tetap bermodal mesin Theta II 2.0-liter Dual CVVT milik KIA All New Sportage tahun lalu, maka power yang keluar juga tetap serupa. KIA mengklaim All New Sportage LX punya tenaga maksimum 166 PS pada 6.200 rpm dengan torsi puncak 197 Nm di 4.600 rpm.
Sensasi mengendarai KIA All New Sportage LX juga masih sama dengan yang kami rasakan tahun lalu saat menguji All New Sportage sebelum akhirnya dinobatkan sebagai Car of The Year Indonesia Car Lifestyle Award (ICLA) 2012.
Mulai dari akselerasi, putaran mesin atas, handling, hingga ketika harus dihadapkan pada kemacetan jalan raya Ibukota. Semua serupa.





Perjalanan Jauh Tetap Nyaman



Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, jika KIA All New Sportage LX tetap menggunakan desain dan material yang sama dengan All New Sportage tahun lalu baik pada sisi eksterior maupun interior. Karenanya kenyamanan juga masih setali tiga uang.



Posisi setir masih tetap nyaman untuk perjalanan jauh sementara bangku belakang juga masih sama nyamannya, tidak terlalu tegak dan juga tidak terlalu rebah. Bagasi belakang juga dimensinya tak berubah.





Tetap Bertabur Fitur Unggulan


Dinobatkan sebagai Mobil Terbaik ICLA 2012 tentu kami punya alasan khusus pada KIA All New Sportage, diantaranya fitur yang berlimpah. Pun demikian pada KIA All New Sportage LX ini.



Dari segi performa mesin misalnya, KIA All New Sportage LX diperkuat transmisi 6-speed, baik untuk versi manual (M/T) maupun automatic (A/T). Suspensi model independent juga turut menyumbang kenyamanan sekaligus handling yang baik bagi KIA All New Sportage. Sementara Hill-start Assist, Airbags, Electronic Stability Control (ESC), dan Anti-lock Brake System merupakan fitur standar keselamatan di dalam tubuh KIA All New Sportage LX.



Sebagai sarana hiburan, KIA All New Sportage LX masih tetap menggunakan head unit 2DIN dengan fitur Radio, CD/MP3 Player, USB, AUx-In, serta iPod connection. Pengaturan sumber hiburan ini bisa juga dilakukan melalui lingkar kemudi berkat adanya audio steering control.


Price

Harga adalah faktor kunci dari sebuah produk ketika dipasarkan di Indonesia. Sebab harga harus berbanding lurus dengan fitur yang ditawarkan dari kendaraan itu sendiri. Dan disinilah menariknya KIA All New SPortage LX. Jika pada KIA All New Sportage tahun lalu yang kami uji harganya Rp.286 juta on the road Jakarta, maka pada KIA All New Sportage LX A/T dibanderol Rp.286,5 juta. Bahkan untuk yang tipe transmisi manual (M/T) Rp.270,5 juta.



Semakin menggoda bukan?!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar