Senin, 22 April 2013

Low Van Battle : Suzuki APV Arena, Honda Freed, Daihatsu Luxio, Nissan Evalia:


Fitur

Kelengkpaan fitur standar pada keempat low van ini hampir sama satu dengan lainnya. Namun kelengkapan teknologi mobil terkini cuma dipunyai Nissan Evalia XV A?T. Seperti panel MID dan kamera parkir yang menyatu pada kluster indikator di dasbor, serta fitur keamanan lain macam ABS dan EBD.

Honda Freed S A/T yang juga sudah dilengkapi fitur MID, pun menawarkan fitur kenyamanan lebih seperti jok tengah model sliding serta captain seat. Menjadikan penumpang baris kedua tersebut lebih nyaman ketika duduk, di samping kemudahan untuk akses masuk-keluar penumpang di baris ketiga.
Sistem pendingin suhu kabin umumnya sudah dilengkapi AC double blower, seperti yang terdapat pada Daihatsu Luxio X A/T dan Suzuki APV Arena GX A/T. Evalia juga mengadopsi sistem AC ganda dengan blower di sisi dinding kanan kabin belakang.

Sementara Freed hanya dibekali model single blower, karena ukuran kabin memang tak sebesar ketiga rivalnya. Untuk ketersediaan ruang penyimpanan (storage), Luxio memiliki 18 storage, dan paling minim dimiliki Freed yang hanya dibekali 12 storage di sekujur ruang interiornya. 


Performa

Keempatnya terbilang sama dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, hanya beda di sistem penggerak. Nah, enaknya punya bodi paling mungil, apalagi penempatan mesin di depan dengan penggerak depan, Honda Freed mencatat nilai tertinggi pada parameter komparasi ini.

Disusul dengan APV Arena, yang memang terkenal punya karakter mesin dengan torsi tinggi, selisih tipis dengan Evalia, yang memiliki mesin berpenggerak roda depan. Mau tak mau, tak hanya bermodalkan kapasitas mesin, tapi perbandingan gigi turut memengaruhi output tenaga yang dihasilkan.

Pun dengan segudang teknologi yang tertanam, sebagai keluarga Gen Brani OTOMOTIF, pastinya sangat faham dong. Misalkan Freed yang sudah mengandalkan teknologi i-VTEC, dan Evalia dengan dual injector yang tertanam, guna efisiensi bahan bakar.

Jadi, walaupun dipakai untuk keluarga besar, semuanya diharapkan harus mampu menjawab tantangan beragam rute saat liburan yang kerap memakan perjalanan jauh. 

Data Tes (dalam detik)

                          APV Arena  Daihatsu Luxio  Honda Freed  Nissan Evalia
0-100 km/jam       15,2              17,1                  12,7                15,5   
40-80 km/jam       6,8                7,1                    5,8                  6,5
0-402 meter        20,2               20,7                  18,5                20,2


Konsumsi BBM

Konsumsi bisa jadi pertimbangan kesekian ketika memilih. Tapi bukan berarti terlupakan. Intinya, bagaimana membahagiakan keluarga, tanpa harus bikin kantong ‘bolong’ saban kali isi bensin. Kadang, sebagai keluarga muda, konsumsi masih jadi pertimbangan utama dalam pos bujet rumah tangga.

Nah, saat pengukuran, parameter OTOMOTIF tentu sudah menyalakan seluruh fitur yang ada seperti AC, radio dan lampu-lampu plus rute sehari-hari dalam kota ataupun luar kota. Tujuannya, tentu ingin mendapatkan hasil seakurat mungkin. Walau, ketika nantinya dipakai ramai-ramai, pasti hasilnya akan sedikit berbeda.

Hasilnya, Freed masih mencatat sebagai low van dengan konsumsi terbaik. Sebanding dengan kapasitas bodi dan teknologi mesin yang tertanam, Freed mendapatkan hasil pengukuran dalam kota sebesar 1:11,2 liter per kilometer, sementara Evalia menang tipis 0,5 liter per kilometer dari Luxio yang mencatatkan hasil 1:10 liter per kilometer. 

Data Konsumsi (liter/km)
                    Suzuki APV   Daihatsu Luxio  Honda Freed  Nissan Evalia
Dalam Kota       1:8               1:10                  1:11,2           1:10,2
Luar Kota          1:11,2          1:12                  1:13,8           1:12
Konstan 100 km/jam


Harga

Harga on the road di segmen low van merupakan faktor penting yang dijadikan panutan oleh konsumennya, sebelum memutuskan untuk meminang kendaraan idaman. Daihatsu Luxio X A/T yang dibanderol Rp 171,4, merupakan varian termurah di antara rival sekelasnya.

Pesaing terdekat adalah Suzuki APV Arena GX A/T dengan selisih Rp 200 ribu lebih mahal, yaitu Rp 171,6 juta. Sedangkan rival lain sekelasnya seperti Nissan Evalia XV AT dibanderol Rp 185 juta.

Sayangnya Honda Freed yang kami dapatkan unit tes dari Agen Pemilik Merek mobil Honda (PT Honda Prospect Mobil) adalah tipe tengah yakni Freed S, yang mempunyai harga Rp 230,5 juta.

Padahal di bawahnya Freed S tersebut tersedia tipe S-Alpha yang dibanderol lebih murah, yakni Rp 210 juta. Namun dengan konsekuensi, memiliki kelengkapan yang minim. 


Kesimpulan

Setelah beragam parameter dikumpulkan, Evalia menjadi unggulan dengan mengumpulkan 28 bintang.Disusul Freed yang mendapatkan 26 bintang, selisih 1 bintang dengan Luxio yang menempati posisi di bawahnya.

Menang di kategori style dengan kebaruan yang diberikan, Evalia juga berlimpah fitur berkat MID yang bisa digunakan sebagai reminder jadwal servis.

Pun begitu ketika bicara kenyamanan yang diberikan. Apalagi, bodi sebesar Evalia dengan tipikal suspensi per daun yang dipakai, ternyata sanggup bersaing dengan Freed yang punya ground clearance lebih rendah, dengan per keong di keempat roda.

Apalagi, kalau ingin digunakan liburan. Kapasitas Evalia terbilang unggul jauh dari Freed, walau harus mengakui kelebihan Luxio dengan kabin terbesarnya.

Hasilnya, Evalia sanggup memberikan kelebihan dengan ruang kabin lega, sekaligus performa yang sebanding dengan value for money terbaik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar