Senin, 22 April 2013

Mengenal Lebih Dekat Fitur Unggulan All-New Mazda6


Mobil baru, fitur baru. Mungkin itulah prinsip yang disematkan Mazda pada varian terbarunya, All-New Mazda6 yang baru diluncurkan minggu lalu. Mobil yang mengambil segmen sedan premium ini telah dibenamkan serangkaian fitur-fitur canggih. Sebut saja SKYACTIV Technology yang dimesinnya yaitu SKYACTIV-G 2.5, transmisi SKYACTIV-DRIVE, SKYACTIV-CHASSIS dan SKYACTIV-BODY. Selain itu, mobil ini juga mengadopsi teknologi terbaru Mazda yaitu i-STOPdan i-ELOOP.
All-New Mazda6
Untuk mesin, SKYACTIV-G 2.5 memiliki konfigurasi 2.488 cc, 4 silinder, DOHC, 16 katup, dan memiliki rasio kompresi 13:1. Mesin ini mampu menghasilkan torsi 10-15% lebih banyak dibandingkan mesin MZR 2.5 yang digunakan pada generasi sebelumnya.
Sementara itu, teknologi baru pada SKYACTIV-DRIVE mengubah transmisi torsi kemudi dan waktu perpindahan gigi sesuai dengan kecepatan ketika pengemudi menggerakkan pedal akselerator. SKYACTIV-BODY membuat All-New Mazda6 memiliki kekokohan yang tinggi, ringan dan perfoma keamanan yang lebih tinggi.
All-New Mazda6
Sedangkan SKYACTIV-CHASSIS adalah sistem suspensi terbaru Mazda yang memiliki suspense strut didepan dan system multi-link di bagian belakang. System kemudi dari All-New Mazda6 juga memiliki sistem kemudi electric power-assited steering (EPAS). Sistem ini memiliki rasio gigi tercepat yaitu 14,2. Dengan keempat fitur SKYACTIV ini, maka mampu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 10%.
Nah giliran melihat fitur lainnya nih. Adalah i-STOP (idle-stop) yang menjadi keunikan tersendiri dari mobil ini. Dengan fitur ini maka dimungkinkan untuk mematikan mesin secara otomatis ketika pedal rem ditekan ketika mobil berhenti dan mesin akan kembali menyala tepat kita rem dilepaskan. Dengan fitur ini, maka konsumsi bahan bakar dapat dikurangi hingga 5%.
All-New Mazda6
Tak hanya itu, Mazda juga membenamkan fitur i-ELOOP yaitu sistem pengereman regenerative yang dapat menghasilkan listrik saat pengemudi melepaskan pedal gas, dimana high-capacity electric double-layer-capacitor (EDLC) segera menyimpan sejumlah ennergi yang terbuang. Energi tersebut akan disalurkan untuk peralatan listrik seperti lampu depan, sistem kontrol AC, sistem audio dan sistem kelistrikan mesin. Dengan fitur ini, maka konsumsi bahan bakar dapat ditekan hingga 5%.
Jika dijumlahkan semua, maka sedikitnya All-New Mazda6 bisa menekan 20% konsumsi bahan bakar dibanding dengan Mazda6 generasi sebelumnya. Hmmm lumayan bukan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar