Selasa, 23 April 2013

Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau


Mercedes-Benz B200 merupakan model generasi kedua dari Mercedes-Benz B-Class yang mengambil konsep kendaraan sport wisata keluarga dengan menawarkan ruang kabin lapang, fleksibilitas dalam berkendara serta performa dinamis layaknya sebuah hatchback.

Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Mercedes-Benz B200 juga terbilang unik, desainnya futuristik, ruang kabinnya lapang, mesinnya responsif, tapi tetap mempertahankan kenyamanan dan kemewahan layaknya sedan khas Mercedes-Benz. Berikut inilah reviewnya :

Desain

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Mercedes-Benz B-Class punya perawakan yang futuristik. Hal itu terlihat jelas mulai dari dari desain front facia hingga ke buritan.Pada bagian muka misalnya, Mercedes-Benz B200 menawarkan bentuk gril horizontal berkelir silver dengan aksen krom yang dipadu logo khas Mercedes-Benz. Penampilan makin apik dengan padanan headlamp berdesain baru yang dibubuhi LED serta projector lamp yang futuristik. Sementara itu kesan modern makin menguat berkat bumper berdesain dinamis plus tambahan LED lamp yang berfungsi sebagai DRL.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Jika melihat bagian sisi, Anda akan menemui guratan-guratan desain Mercedes-Benz B200 yang begitu berkarakter. Bentuknya seakan mengikuti kontur aliran angin, mulai dari fender depan lanjut hingga ke ujung belakang bodi mobil. Tarikan garis-garis desain yang begitu kuat ini mengentalkan tema modern futuristik dari Mercedes-Benz B200.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Sementara itu pada tampak belakang, Mercedes-Benz B200 lebih menonjolkan sisi kemewahan. Tampak mirip sebagai sebuah hatchback, Mercedes-Benz B200 memang punya dimensi bodi yang tidak terlalu bongsor. Ukurannya cuma 4.359mm x 2.010mm x 1.557mm. Cukup kompak untuk ukuran mobil keluarga muda. Kemewahan ditonjolkan dari bentuk rearlamp yang juga menggunakan LED, serta bentuk bumper yang dibuat simple namun elegan.
Masuk ke ruang kabin, nuansa abu-abu tua dan hitam tersaji sebagai warna pilihan keseluruhan ruang interior. Dengan tambahan aksen silver, bentuk dashboard juga terbilang nyeleneh dan futuristik, karena bagian headunit seakan terpisah dari dashboard. Masih menggunakan warna abu-abu tua cenderung hitam, bagian jok depan dan belakang dilapis bahan kulit yang senada dengan pelapis doortrim. Kesan mewah nan elegan coba dimunculkan dengan jahitan yang sengaja menggunakan benang berwarna kontras, baik pada jok maupun doortrim.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Penggunaan warna-warna kelam membuat suasana di dalam kabin lebih nyaman apalagi ketika situasi diluar mobil panas menyengat, maka saat berada di dalam kabin Mercedes-Benz B200 bisa sedikit meneduhkan. Sayangnya pengaturan jok, baik pengemudi maupun penumpang masih dilakukan secara manual.

Performance

Dengan bentuk "hidung" yang cukup panjang, Mercedes-Benz B200 menyimpan mesin 4 silinder 1.595cc yang tersembunyi dibalik kap mesinnya. Mesin ini dipercaya bisa meluapkan tenaga 115 hp pada 5.300 rpm dengan torsi puncak 250 nm di 1.250-4.000 rpm. Menggambarkan bagaimana kinerja mesin ini kami lagi-lagi mengungkapkannya sebagai sebuah hatchback empat pintu. Lincah dan responsif.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Pada pemakaian di dalam kota, Mercedes-Benz B200 mampu melesat stop and go dengan cukup responsif. Tidak ada gejala tenaga tertahan di putaran rendah atau perlu menekan pedal gas dalam-dalam guna melesat cepat setelah berhenti sesaat ketika traffic light.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih TerjangkauTapi butuh kebiasaan waktu pertama kali berada di balik kemudi Mercedes-Benz B200. Pasalnya di tengah-tengah console Anda tidak akan menemukan tuas transmisi. Tongkat yang bisa mengatur posisi gigi ini adanya di belakang stir sebelah kanan (kalau Anda biasa menggunakan mobil Jepang posisinya sama seperti tuas lampu utama dan lampu sein). Geser tuas ke atas untuk mundur atau turunkan ke bawah untuk meletakkan pada posisi "D". Kalau mau menaikkan atau menurunkan posisi gigi sesuai kebutuhan Anda, bisa operasikan tombol paddle shift yang ada di balik lingkar kemudi.
Sedikit menjajal Mercedes-Benz B200 di jalan bebas hambatan, tenaga mesin baru terasa keluar saat putaran 4.000 rpm ke atas. Namun meski mampu sedikit menyentakkan punggung pengemudi pergantian tiap gigi tetap berlangsung halus.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Kalau mau lebih responsif, tinggal pilih drive mode Sport. Untuk mengaktifkannya ada tombol dekat tombol-tombol audio dengan logo E-S-M. Pada mode Sport (muncul logo 'S') di indikator speedometer, maka mobil akan lebih responsif dan perpindahan gigi terjadi pada putaran tinggi. Mirip nyetir hatchback berperforma tinggi! Itu yang kami rasakan dengan sensasi dibalik kemudi Mercedes-Benz B200.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Satu hal yang juga patut jadi perhatian, Mercedes-Benz B200 memiliki fitur ECO. Dengan fitur ini mesin akan nonaktif ketika pedal rem diinjak dalam waktu beberapa detik. Guna mengoperasikannya cukup tekan tombol ECO yang ada di bawah panel audio system. Fitur ECO dipercaya mampu menekan konsumsi BBM lebih hemat.

Comfort

Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih TerjangkauDalam balutan tema warna gelap pada interior, selain meneduhkan suasa hati juga turut memberikan tambahan kenyamanan saat berada di kabin Mercedes-Benz B200. Desain jok yang cukup lebar dan cukup empuk pastinya bisa menopang bobot tubuh penumpang di dalamnya lebih sempurna. Ini berakibat si penumpang lebih nyaman meski perjalanan jauh.
Mercedes-Benz B200 menggunakan supensi jenis coil spring, twin-tube gas-filled/coil spring, single-tube gas-filled pada kaki-kaki depan dan belakang. Tidak terlalu istimewa memang, tapi bisa memberikan sensasi kenyamanan mengemudi yang cukup baik ketika diajak menikung ataupun pada kecepatan tinggi. Namun jikalau melintas dipermukaan jalan yang rusak guncangan cukup mengganggu hingga ke ruang kabin.
Visibilitas bagi pengemudi Mercedes-Benz B200 juga terbilang baik. Pandangan ke depan, sisi kiri dan kanan, serta belakang mampu tersaji baik. Posisi pilar A yang agak rendah membuat pandangan pengemudi tidak terhalangi. Posisi spion dibagian dalam juga cukup pas untuk melihat situasi dibelakang mobil.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Khusus penumpang belakang, Mercedes-Benz menambahkan meja lipat berukuran mini yang penempatannya tepat di bagian belakang jok pengemudi dan penumpang depan. Meja ini juga dilengkapi dengan lubang untuk meletakkan botol minuman.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Semua desain ini serasa mewakili Mercedes-Benz B200 yang dibentuk dengan konsep mobil keluarga modern untuk berwisata. Apalagi kapasitas bagasinya terbilang lapang untuk mengangkut beragam barang bawaan keperluan Anda selama berpelesir.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau

Fitur

Meski posisinya tidak setinggi C-Class, E-Class, atau bahkan S-Class, tapi Mercedes-Benz tak melupakan rangkaian fitur-fitur pintar pada Mercedes-Benz B200.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Paling mudah ditemui bisa dilihat pada headunit yang menempel di tengah-tengah dashboard. Bentuknya yang menyerupai tablet PC, menyimpan beragam fitur unggulan. Contohnya CD Player with MP3, Bluetooth hands-free function dan audio streaming untuk menghubungkan dengan perangkat portable Anda seperti iPhone, USB connection, AUX-IN, serta Becker MAP PILOT yang berfungsi sebagai GPS. Semua fitur itu tersaji dalam layar TFT berukuran 14,7 inci.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Ada pula headlamp assist with automatic headlamp activation yang akan mengaktifkan lampu utama, tail lamp, hingga lampu plat nomor ketika sensor mendapati cahaya diluar mobil telah berubah gelap. Agar keamanan penumpang di dalamnya lebih maksimal, Mercedes-Benz B200 juga dibekali dengan sederet perangkat aktif dan pasif, diantaranya airbag untuk pengemudi, penumpang depan, dan penumpang belakang. Ada pula ABS, Acceleration Skid Control (ASR), Brake Assist, serta ESP.
Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau

Price

Mercedes-Benz B200, Si Mewah Yang Lebih Terjangkau
Rp.439 juta off the road Jakarta. Itulah harga yang ditawarkan pihak PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) untuk Mercedes-Benz B200. Untuk pasar mobil premium Jerman di Indonesia, cukup sulit menemukan pesaingnya. Tapi yang pasti Mercedes-Benz B200 jadi mobil keluarga Mercedes-Benz dengan harga paling terjangkau pilihan Anda.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar