Minggu, 14 April 2013

Mobil Esemka Mulai Didistribusikan

Mobil ESEMKA

40 Mobil Esemka mulai didistribusikan kepada para pemesannya, salah satunya adalah mobil pesanan Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.


Kabar mengembirakan datang dari mobil Esemka, mobil karya anak bangsa yang dirakit oleh siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) ini mulai didistribusikan kepada para pemesannya. Sebanyak 40 unit mobil Esemka yang mulai didistribusikan ini salah satu diantaranya adalah pesanan Menteri Pekerjaan UmumDjoko Kirmanto.
“Penyerahan secara simbolis kepada Pak Djoko Kirmanto di Jakarta. Mobilnya sudah dikirim ke sana, tinggal menyesuaikan dengan jadwal beliau saja,” kata Humas PT Solo Manufaktur Kreasi Sabar Budi di Surakarta, Jumat (12/4).
40 Mobil Esemka yang sudah siap dikirimkan kepada para pemesan tersebut terdiri dari dua jenis, yaitu Esemka Bima yang mengusung model pick up, dan Esemka Rajawali untuk model SUV (Sport Utility Vehicle). Pemesan mobil Esemka ini berasal dari berbagai kota, diantaranya Jakarta, Dumai (Riau), Cilegon, dan Surabaya.
Sabar juga mengatakan, bahwa proses perakitan sebagian besar mobil Esemka ini dilakukan di Tanggerang, Banten. Selain itu, saat ini pihaknya juga sedang menyiapkan prototype mobil yang akan mengusung model mini truk. “Setelah jadi, seperti halnya Bima dan Rajawalti, nanti juga akan kami uji ke Balai Motor dan Propulsi (BTMP),” katanya.
Pengembangan-pengembangan varian mobil Esemka memang harus dilakukan, agar dapat memnuhi selera calon konsumen di Tanah Air. Antusiasme masyarakat terhadap mobil karya anak bangsa ini juga terbilang sangat tinggi. Terbukti, sampai April 2013 ini, PT SMK sudah mengantongi total pesanan sebanyak 8.000 unit.
“Satu-satunya kendala kami adalah proses produksi yang masih lama. Tapi mudah-mudahan itu bisa segera diatasi jika proses perakitan di Madiun dan Lumajang sudah dimulai,” kata Sabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar