Senin, 22 April 2013

New Ford Focus Trend 1.6 AT - Sederhana Tanpa Fitur Pamungkas


Kehadiran All New Ford Focus di Indonesia ternyata tak hanya dalam dua tipe saja (sedan/hatchback), melainkan juga dalam dua kapasitas mesin yang berbeda yaitu 2.0L dan 1.6L. Kendati versi 1.6L tak begitu setenar versi teratasnya, namun dalam urusan kenyamanan, handling dan performa rasanya tak ketingalan jauh.
Setelah merasakan sensasi sport hatchback 2.0L beberpa waktu lalu, giliran kami merasakan versi Focus Trend 1.6L nya yang merupakan keluarga terendah dari Ford Focus namun tetap mengusung unsur kenyamanan tinggi dan fun to drive meski ada beberapa fitur yang dipangkas habis. Untuk lebih mendalam, simak pembahasan mendetailnya.

Tak Beda Jauh
Dalam urusan desain rasanya tak banyak yang harus diomongkan, pasalnya secara struktur dan model All New Focus ini tetap saja sama dengan varian hatchback tertingginya yang pernah kami uji sebelumnya.
Kendati demikian, tentu ada point-point perbedaan antara varian atas dengan 1.6L nya ini. Beberapa diantaranya cukup jelas terlihat, mulai dari desain dan dimensi pelek yang berbeda, sampai dengan tak adanya sun roof dikap atas. Bila pada versi sport hatchback menggunakan dimensi pelek 17" maka pada varian Trend-nya ini hanya dimodali pelek 16".


Tak hanya itu saja, headlamp hanya standar tak seperti versi teratas yang yang menggunakan Auto headlamps Bi-Xenon serta pada foglamp hanya terbungkus plastik hitam saja. Sedangkan bagian belakang, bila diperhatikan selain dari emblem penjelas statusnya si varian Trend 1.6L ini juga tak memakai tail gate sporty layaknya varian hatchback 2.0L, sehingga membuat tampilanya terlihat polos.
Masuk kebagian dalam, ternyata makin jelas perbedaan antara ke-2 nya. Hal terlihat dari tatanan dasboard yang terkesan minimalis, tak terlalu banyak indikator layaknya si versi Sport, hal ini mungkin karena banyaknya pemangkasan fitur.
Bahkan untuk jok pun terdapat perbedaan, bila pada versi 2.0L memadukan antara permainan bahan fabric dan kulit maka untuk Trend murni hanya berbahan fabrik saja hingga baris keduanya.
Tetap Fun To Drive
Meski mengusung mesin yang lebih kecil, namun sensasi berkendara yang dihadirkan oleh Ford tak jauh berbeda dengan varian teratasnya, terutama dalam masalah handling karena bila bicara power jelas kalah telak. Bayangkan saja perbandingannya, bila varian Trend 1.6L hanya mampu menghasilkan 125 PS maka si hatchback Sportnya mencapai 170 PS ... ? jauh bukan ...
Melintas menggunakan Focus 1.6 seketika memang tak terasa berbeda jauh, mulai dari posisi duduk sampai dengan gengaman ke gagang kemudi. Kelebihan lain yang ditawarkan dari si versi murah dari kelaurga Focus ini adalah sisi handlingnya. masih adanya penggunaan suspensi Strut MacPherson type dengan coil spring dibagian depan yang sama dengan versi sportynya ditambahn dengan piranti Electro-hydraulic/Electronic Power Assist Steering yang merupakan bantuan daya kemudi secara eletronik ternyata membuat sisi manuvernya tetap mantab sehingga menghadirkan sisi fun to drive yang cukup baik.
Dari jarak 0 sampai dengan 100 km/jam mamu dilibasnya kurang dari 12 detik kendati kami akui pada putaran bawah ternyata cukup lamban. Kestabilan pada putaran atas saat kami menjajalnya di jalan bebas hambatan pun masih sama dengan versi sportnya, dua jempol untuk hal ini.
Bila anda menginginkan si hatchback ini lebih responsif, silakan geser tuas transmisi ke posisi S dan mainkan gigi 6 percepatanya melalui tombol kecil yang ada tepat di atas gagang transmisi, dijamin tenaga yang dikeluarkan akan lebih maksimal.

Masih Nyaman Tanpa Fitur Unggulan
Jujur saja meski memang tak secangih layaknya versi hatchback sport maupun sedan yang menjadi varian tertinggi karena pemangkasan fitur-fitur berkelas layaknya sun roof, Active Park Assist, City stop, Ford Power Start Button namun secara konvensional kenyamanan yang ditawarkan oleh Ford pada Focus Trendnya ini bisa dibilang tak kalah saing.
Visibilitas sama dengan varian teratas, baik dari pandagan depan maupun belakang. Selain leg room yang cukup lega sampai pada baris ke-2, format ergonomis untuk memudahkan pengendaranya masih ditunjang dengan adanya tombol-tombol fungsi pada sisi-sisi kemudi.
Meski fitur-fiturnya berkurang namun Ford tetap menjejali salah satu perangkat unggulanya yaitu voice command yang dilihat dari kacamata kenyamanan jelas sangat mendukung pengendaraanya. Selain itu, audio standar dengan 6 speakernya yang berada disekeliling interior juga masih mampu menghibur anda ketika berjalan-jalan bersama Focus Trend 1.6L ini.
Masalah keselamatan rasanya tak perlu anda ragukan lagi, sebagai standarisasi Ford banyak menyematkan perangakat kesemalatan pada Focus ini. Mulai dari ABS + ESP with Hill Launch Assist, 3 points Seat Belts , Airbags Dual Front sampai dengan Passive Anti Theft System.

Harga Terendah Dikelasnya
Dari 4 varian yang ditawarakan oleh Ford Motor Indonesia, All New Ford Focus Trend 1.6L ini menempati strata paling bawah meski rentanya tak begitu terlampau jauh dengan versi teratas. Untuk harga Ford Focus Trend dibandrol sebesar Rp 326.400.000, Hmmmm bagaimana menurut anda ...??

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar