Minggu, 21 April 2013

New Honda Jazz RS - Eksistensi Tiada Henti

Memasuki usianya yang ke-9 tahun di Tanah Air, tepat akhir Januari 2013 lalu PT. Honda Prospect Motor kembali menampilkan fresh line up hasil penyegaran dari New Honda Jazz RS yang merupakan salah satu produk backbond Honda di Indonesia.


Ubahan yang dilakukan oleh HPM terhadap hatchback fenomenal ini memang cukup minim, bahkan terkesan hampir tak berubah bila melihatnya hanya sekilas. Untuk itu penting bagi Anda memperhatikan secara detail apa saja pembaruan yang disematkan oleh Honda pada New Jazz RS yang saat ini sedang mengenjot prestasi penjualannya menuju  200 ribu unit di awal 2013.

Penasaran mengenai apa saja ubahan yang terdapat pada New Honda Jazz RS, simak ulasan bedah lengkapnya ...

Design



Sekilas pandang tak ada yang berubah dari generasi sebelumnya, kandungan desain sporty seakan telah mendarah daging di tubuh Honda Jazz RS degan modelnya yang aerodinamis. Tapi Honda menyematkan sedikit sentuhan baru guna menampilkan nuansa yang berbeda melalui desain hexagonal pada bagian grill depan yang dilengkapi dengan emblem RS disisinya.



Tampang agresif yang dimiliki oleh Jazz RS makin kental dengan adanya Smoke Head Lamp beserta Smoke Rear Combination Lamps, yang memiliki desain warna gelap dibagian dalamnya. Bila diperhatikan, smoke headlamp yang sekarang melekat pada New Jazz RS ini serupa dengan apa yang digunakan pada varian Jazz Hybrid.



Tak lantas selesai, masih ada beberapa pembaruan lainnya yang diterapkan HPM, mulai dari desain pelek alloy baru palang 10 berdimensi 16" sampai dengan Tailgate Spoiler yang menjadi perangkat bawaan dari New Honda Jazz RS 2013.



Giliran beralih masuk kedalam kabin nuansa konvensional masih tetap bertahan namun dari segi fitur, New Honda Jazz RS memang mengantongi perangkat audio baru yang jauh lebih lengkap guna menambah kenyamanan dalam urusan hiburan.



Dominasi warna gelap berpadu dengan lapisan jok yang empuk masih menjadi salah satu senjata Honda dalam memberikan kenikmatan kenyamanan tersendiri bagi para penggunanya. Sebenarnya cukup disayangkan, harusnya Honda bisa memberikan sentuhan berbeda dari segi interior untuk memberikan kesan yang lebih fresh di sektor kabin.

Performance



Seperti telah disingung sebelumnya, tak ada ubahan yang signifikan pada New Jazz RS saat ini, termasuk urusan dapur pacunya. New Jazz RS ini masih menopang mesin SOHC berkapasitas 1.5L dengan teknologi i-VTEC yang mampu menyuplai tenaga hingga 120 hp pada 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm di 4.800 rpm.
Mesin dan tenaga yang sama secara otomatis pun membuat sensasi performanya tak berbeda jauh dengan varian sebelumnya. Bahkan dengan adanya Patterned Piston Skirt Coating yang berfungsi untuk mengurangi terjadinya gesekan pada silinder juga mampu meredam tingkat kebisingan mesin hingga terdengar cukup halus dari dalam kabin.
Responsif, itu kesan yang pertama dirasakan ketika menginjak pedal gas New Jazz RS, dukungan teknologi Torque Boost Resonator yang memiliki fungsi mengubah aliran udara yang tersedot air intake menjadi udara bertekanan tinggi berefek mendongkrak performa baik diputaran bawah dan atas hingga membuat si hatchback fenomenal ini melesat dengan cepat.

Dari titik diam hingga 100 km/jam mampu dilahapnya kurang dari 10 detik, bila masih kurang tingal pindahkan tuas ke posisi "S" dan mainkan transmisinya secara manual melalui paddle shift yang ada di belakang kemudi layaknya sebuah mobil F1, serentak putaran mesin makin agresif dibarengi dengan sedikit alunan gemuruh mesin yang makin terasa saat si RS digeber habis alias kick down.



Bukan hanya dimodali performa yang mempuni dikelasnya, Jazz juga memiliki sisi handling yang cukup baik. Bermanuver diruas jalan berliku terasa cukup mengasikan, terlebih dengan adanya Fitur Electronic Power Steering (EPS) yang menjaga kestabilan kemudi saat berada di kecepatan tinggi. Secara keseluruhan Honda Jazz RS memang memiliki sensasi fun to drive tersendiri dikelasnya baik dari performa yang handal, handling yang smooth juga sisi efesiensi bahan bakar.



Comfort

Berbekal tampilan sporty yang merefleksikan gaya hidup energik anak mudah tak lantas membuat Honda lupa untuk menyuguhkan sisi kenyamanan dalam berkendara. Bila diperhatikan dari nampak luar Anda tak akan menyangkan bila si hatchback ini memiliki sisi kelapangan yang amat baik dikelasnya.



Dari segi visibilitas, Jazz memiliki sisi pandang yang ekstra luas, dan hal ini turut didukung dengan kelapangan sisi kabin berkat inovasi cerdas Unique Central Fuel Tank Layout alias rancangan penempatan tangki bensi ditengah sasis yang membuat kabin menjadi lebih lapang.



Tak perlu khawatir harus merasa sesak apalagi menekuk kaki, karena bagian legroom dan headroom telah dirancang untuk dapat mengakomodir para penumpang dewasa, selain bangku pengendara yang telah dilengkapi dengan armrest, kursi belakang juga turut dirancang mengikuti lekuk tubuh penumpang. Ketika harus menampung barang bawaan yang banyak, ruang bagasi mampu memfasilitasi hal tersebut. Masih kurang? tak perlu pusing karena Jazz memiliki fitur Ultra seat yang memungkinkan pengaturan kursi lebih fleksibel hingga bisa diatur dalam 4 mode dan menghadirkan ruang kabin yang ekstra luas.



Benar-benar lebih dari cukup bukan untuk seukuran hatchback city car....

Fitur

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, salah satu pembaruan yang dilakukan oleh Honda Prospect Motor terhadap New Jazz kali ini adalah dari sisi entertainmentnya, dimana kali ini telah menopang instalasi audio anyar dengan layar sentuh 6,1" yang kompatibel dengan iPod, iPhone, Blackberry, USB, DVD, CD dan iPhone App Mode.
Meski demikian, hal ini terasa sangat tanggung karena Honda tak membekali New Jazz RS langsung dengan tombol audio control pada sisi kemudi yang akan lebih memudahkan pengendaranya.



Selebihnya tak ada perubahan lain yang turut dibenamkan, segi keselmatan masih turut ditopang dengan pengereman ABS+EBD, sedangkan didalam kabin terproteksi oleh Dual SRS airbag juga sabuk pengaman dengan teknologi 3-point ELR, Pretensioner dan Load Limiter yang memiliki fungsi menahan pengemudi dan penumpang depan pada kursinya sekaligus mencegah tekanan berlebih pada bagian dada.

Price

Meski telah melewati proses penyegaran namun tak membuat Honda mematok New Jazz RS dengan harga yang terlampau tinggi. Datang dengan membawa sedikit perubahan yang mampu mendongkrak tampilan serta menambah sisi kenyamanannya, New Honda Jazz RS ditawarkan dengan harga Rp 231 juta OTR Jakarta, tentu harga ini cukup kompetitif dan rasional mengingat Jazz telah memiliki beragam prestasi yang membanggakan didukung juga dengan resale value yang sangat baik.



"Overall, secara desain baik interior maupun eksterior untuk New Honda Jazz RS saat ini masih sama dengan varian sebelumnya alias tak ada ubahan yang signifikan, tapi sebagai bukti eksistensinya Honda mencoba untuk terus berevolusi melalui penambahan-penambahan fitur yang membuatnya makin fresh ditiap tahunnya."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar