Minggu, 14 April 2013

Seliter Pertamax, Vario 125 CBS ISS Tempuh 76,098 Km


detail berita
F: Uji Irit Honda Vario 125 CBS ISS (Febri A / Okezone)
Test ride Vario CBS Idling Stop System (ISS) digelar Astra Honda Motor, Rabu (10/4/13), di Bumi Serpong Damai, Tanggerang. Gelaran yang mengundang perwakilan media nasional ini bertujuan untuk menguji tingkat keiritan Vario 125 CBS yang sudah dibubuhi tambahan teknologi fitur Idling Stop System (ISS).

Titik awal keberangkatan dimulai dari Lembur Kuning, kemudian berkendara mengelilingi rute yang sudah ditetapkan, sejauh 15,5 km, dan akhirnya berakhir di Lembur Kuning kembali.

Sebanyak 18 unit Vario CBS ISS yang masing-masing dibawa perwakilan jurnalis mencoba mencari angka kilometer terjauh yang dapat ditempuh untuk membuktikan tingkat keiritan skutik yang diklaim lebih efisien 37 persen dibandingkan dengan Vario tipe karburator.

Perjalanan yang ditempuh melalui lalu lintas seperti pada umumnya, tidak ada pengawalan khusus untuk membebaskan jalan dari pengguna lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk merefleksikan berkendara seperti keadaan sehari-hari dengan metode ECO Riding.

Dalam rute perjalanan, semua pengendara melewati 11 lampu merah, membuat fitur ISS dapat lebih dimaksimalkan. Mesin akan mati sementara setelah motor berhenti selama tiga detik, kemudian akan berjalan lagi setelah tuas gas kembali diputar. Fitur yang sama seperti milik Honda PCX ini membuat konsumsi bahan bakar dapat semakin ditekan lebih rendah, sehinggah makin irit.

Berdasarkan hasil penghitungan, konsumsi Honda Vario 125 CBS ISS tercatat menghabiskan satu liter bahan bakar Pertamax untuk menempuh jarak sejauh 76,098 km/liter. Angka ini jauh lebih hemat dibandingkan hasil pengujian konsumsi bahan bakar yang dilakukan AHM menggunakan metode ECE R40 di mana tercatat hanya 55,8 km/liter atau lebih hemat bahan bakar 7% dibandingkan dengan Honda Vario PGM-FI non ISS, bahkan bisa lebih hemat 37% jika dibandingkan dengan Honda Vario tipe karburator.

"Dengan berkendara secara eco riding, konsumsi BBM Honda Vario 125 CBS ISS ini bisa jauh lebih hemat. Ini menunjukkan teknologi Idling Stop System terbukti memberikan manfaat yang luar biasa kepada pemakainya. Pembuktian juga bahwa Honda tidak hanya slogan tapi kita punya fakta. Mudah-mudahan ini dapat mengkomunikasikan kabar baik dari Honda," tutur Kristanto Head of Corporate Communication AHM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar