Minggu, 14 April 2013

Tempuh 1.249 Km, Suzuki Inazuma Minum 45 Liter Premium


detail berita
F: Touring Suzuki Inazuma (ist)
Touring Suzuki Inazuma edisi II yang menjelejahi tanah Makasar telah berhasil dilalui dengan lancar dan nihil insiden. Touring ini diikuti oleh 16 jurnalis media nasional dari berbagai daerah termasuk Okezone.

Touring bertajuk Born to Adventure Makassar - Tana Toraja - Makassar ini menempuh jarak hingga 1.200 km dengan melintasi 21 kabupaten melewati 4 kerajaan besar di Sulawesi Selatan yakni Gowa, Bone, Luwuk, dan Talo.

Sama seperti touring edisi perdana dengan tujuan Jakarta-Bali, pada touring kedua ini Inazuma tetap menggunakan bensin ron88 alias premium sebagai suplemennya. Meski berkapasitas mesin cukup besar, penggunaan Premium ternyata tidak mengurangi performa dan konsumsi bahan bakarnya tetap irit.

Touring yang berlangsung selama lima hari ini menempuh jarak yang cukup jauh dengan kondisi jalan yang bervariasi mulai dari tanjakan, turunan, berkelok-kelok di daerah pegunungan kondisi aspal yang mulus hingga berlubang dan rusak karena perbaikan jalan.

Meski demikian, konsumsi bahan bakar Inazuma yang Okezone gunakan terbilang cukup irit. Jika dihitung rata-rata, jarak tempuh dibagi jumlah bensin yang digunakan mencapai 27,7 km per liter.

Berdasarkan data yang diterima, Inazuma yang Okezone gunakan paling irit dibanding dengan peserta touring lainnya padahal knalpot yang digunakan tidak lagi standar melainkan menggunakan knalpot aftermarket Yoshimura.

"Total pemakaian BBM semua unit rata-rata 48 liter. Khusus unit 11 pemakaianya 45 liter dengan jarak tempuh dari Makassar sampai finish Makassar 1.249 km," terang Adhi, Kepala Mekanik Suzuki Sinar Galesong Pratama.

Sekedar informasi, Inazuma menggunakan mesin dua silinder berkapasitas 250cc, sistem injeksi yang menghasilkan tenaga 24 PS pada 8.500 rpm serta torsi pada 22 NM pada 6.500 rpm. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan tersebut memiliki rasio kompresi mencapai 11,5:1.

Secara keseluruhan kemampuan Suzuki Inazuma sebagai motor sport touring patut diacungi jempol. Baik dari sisi performa mesin, handling hingga kemampuan manuvernya berada diatas rata-rata. Tak pelak hal ini cukup membekas di hati para peserta touring.

"Inazuma sangat nyaman dan aman digunakan serta begitu mudah dikendarai. Tak ada duanya di kelas 250cc. Bensin cukup irit, sekali isi penuh tangki bisa menempuh 300 km. Inazuma cukup lincah meliuk-liuk melewati tikungan tajam." ungkap Basyarun, jurnalis asal Kendari Pos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar