Kamis, 25 April 2013

Tips Cerdas dalam Memilih Mobil Keluarga




Pada kesempatan sebelumnya BlogOtomotif telah menampilkan artikel tentang Tips Sebelum Membeli Mobil Baru. Namun sebagai pelengkap bagi anda yang mungkin saat ini sedang dilanda kebimbangan karena telah memutuskan untuk membeli sebuah mobil keluarga namun justru bingung ketika dihadapkan pada kondisi harus memilih jenis mobil apa yang cocok untuk keluarga anda. Begitu banyaknya varian yang saat ini beredar di pasaran bukannya membuat anda menjadi diuntungkan karena dapat secara bebas memilih namun hanya membawa masalah tersendiri bagi anda terutama yang memiliki sifat ragu-ragu. Untuk itulah ada baiknya jika anda menyimak Tips Cerdas dalam Memilih Mobil Keluarga :

1. Sesuaikan dengan Budget Anda
Tetapkan berapa dana yang anda miliki sekarang dan berfokuslah pada hal tersebut. Contoh : Jika anda hanya memiliki dana sebesar 400 juta maka usahakan untuk mencari mobil dengan kisaran harga tersebut. Jangan habiskan waktu anda untuk membanding-bandingkan mobil keluarga seharga 350 juta dengan mobil seharga 500 juta. Kalau sekedar untuk menambah pengetahuan atau informasi saja sih tidak apa-apa. Namun akan jadi masalah jika anda nantinya menjadi terlalu terobsesi dengan mobil yang harganya melampaui jumlah dana yang tersedia. Lalu apa yang akan anda lakukan jika ini terjadi ? Hanya ada 3 pilihan yakni :
-          Memaksakan diri untuk menambah dana dengan cara yang masih harus dipikirkan lagi.
-          Terpaksa membeli yang lebih murah tapi dengan menggerutu seolah-olah anda tidak niat.
-          Atau terpaksa menunda hingga uang anda terkumpul lebih banyak untuk membeli mobil yang anda idam-idamkan tersebut.

Dari ketiga pilihan tersebut sepertinya tidak ada yang dapat disebut sebagai pilihan yang bijak. Jadi yang perlu anda lakukan sekarang adalah tetap fokus pada tujuan utama.


2. Pilihlah Mobil yang Dapat Menampung Komoditas Keluarga Anda
Mobil keluarga biasanya identik untuk digunakan sebagai kendaraan ketika anda berencana untuk bepergian sekeluarga. Ini artinya anda membutuhkan sebuah mobil dengan kapasitas yang besar. Cobalah untuk mempertimbangkan mobil dari tipe MPV atau SUV yang memiliki ruang kabin dan bagasi cukup luas. Pertimbangkan berapa jumlah anggota keluarga yang mungkin akan berada satu mobil dengan anda agar tidak menyesal di kemudian hari.


3. Utamakan Keselamatan
Karena mobil yang akan anda beli ini kelak akan anda gunakan bersama keluarga tercinta maka faktor keamanan adalah salah satu hal yang tidak bisa diabaikan. Pilihlah mobil yang menawarkan fitur keselamatan yang bisa diandalkan. Saat ini kebanyakan mobil sudah dilengkapi dengan beragam kecanggihan teknologi untuk menjamin keselamatan pengemudi maupun penumpangnya. Jadi telitilah sebelum membeli. Tanyakan pada dealer mengenai uji keselamatan untuk mobil yang Anda pilih. Mobil yang sudah lulus uji keselamatan tentunya akan menjadi pilihan terbaik. Bila perlu lakukanlah test drive terlebih dahulu untuk memberikan hasil pertimbangan yang maksimal.

Beberapa fitur keselamatan dasar yang perlu anda pertimbangkan antara lain :
-          Kantong Udara Pengaman (Airbag)
Meskipun kantong udara pengaman ini berfungsi untuk menyelamatkan penumpangnya namun dapat juga melukai anak-anak. Anak-anak berusia kurang dari 12 tahun sebaiknya duduk di bangku mobil belakang, hal ini dapat mengurangi risiko terkena kantong udara pengaman dan terjepit diantaranya. Ada beberapa mobil yang sekarang sudah dilengkapi sistem otomatis yang dapat mengenali penumpang anak-anak dan otomatis mematikan sistem kantong udara pengaman (air bag) ini. Namun jika tidak terdapat sistem otomatis, bisa juga dimatikan secara manual.
-          Sabuk pengaman (seat belt)
Pastikan sabuk pengaman diletakkan tepat di keempat kursi yang terdapat di dalam mobil. Jangan lupa untuk mengaturnya bagi anak-anak. Pada beberapa mobil bahkan sudah dilengkapi dengan jok khusus untuk anak yang tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda dalam memilih mobil.
-          Rem anti-lock (anti lock brakes)
Sistem rem pada umumnya akan mengunci / mengerem pada jalanan yang licin dan dapat menyebabkan mobil terplintir dan tergelincir. Namun saat ini, dapat dilengkapi dengan sistem abs (anti-lock braking system), yang dapat mengunci disaat mobil tergelincir dan mobil tetap dalam keadaan yang terkontrol.


4. Perhatikan Juga Fitur Hiburan yang Dimiliki
Mobil keluarga adalah rumah sementara bagi anda sekeluarga terutama jika sedang menempuh perjalanan jauh. Ada kalanya fitur hiburan juga bisa sangat membantu untuk mengurangi rasa jenuh karena harus berlama-lama di dalam mobil sehingga suasana hangatpun tetap dapat terjaga. Namun perlu diperhatikan disini bahwa mobil yang dilengkapi dengan fitur teknologi yang beragam biasanya juga dijual dengan harga yang tidak murah. Jadi tetaplah berpikir dengan bijak.
Semoga tips sederhana di atas dapat memberikan anda sedikit pencerahan dalam mencari mobil keluarga yang paling ideal untuk keluarga anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar