Senin, 22 April 2013

Tips Membeli Mobil Baru


Tips Membeli Mobil BaruTips Membeli Mobil Baru – Berikut adalah Tips bagaimana anda bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana memilih mobil baru yang baik.
  • Alasan anda membeli mobil
Apa alasan anda membeli mobil? untuk kebutuhan keluarga? angkut barang? atau yang lainnya. Dengan cara ini anda akan bisa menentukanjenis mobil yang akan anda beli.
  •   Mencari info tentang mobil
Anda bisa mencari info mobil itu melalui internet mengenai spesifikasi mobilyang akan anda pilih. Disamping itu anda semua juga bisa melihat mobil aslinya di dealer mobil terdekat untuk menanyakan lebih jelas mengenai mobil itu kepada salesnya.
  •    Diskusikan Anggaran dan Siapakan Dana minimal 20 % dari Harga Mobil
Siapkan anggaran untuk membeli mobil. Ini merupakan jawaban yang bodoh. Di mana-mana kalau mau beli barang kudu pakai uang. Namun kita bisa membeli mobil dengan uang lebih sedikit. Uang yang sedikit ini kita sebut sebagai uang muka atau Down Payment.
Berapa DP yang diperlukan untuk membeli mobil baru? Tergantung dari harga mobilnya. Misalkan harga mobil 200juta. Saat ini dealer mobil lagi gencar promosi pembelian mobil dengan DP rendah 10-20%. Bahkan ada yang DP 0%. Jadi apabila harga mobil 200juta, maka DP 10% dari 200juta adalah 20juta. DP 10% merupakan dana yang paling minim, maka saya anjurkan paling tidak punya uang 20% dari harga mobil.
Mendiskusikan anggaran bisa menjadi jalan untuk medapatkan harga lebih miring. Misalkan sebuah mobil berharga 100 juta, sedang uang Anda hanya 95 juta. Dealer mungkin bisa memberikan harga dan penawaran khusus.
Tidak semua dealer membanderol harga yang kaku. Negosiasi yang cerdik mungkin bisa memberi keuntungan kepada Anda.
  •    Tentukan model mobil yang sesuai
Pilih model mobil yang sesuai selera anda,
  •   Pilihlah produk mobil yang unggul
Pilih produk yang unggul misalnya irit bahan bakar, suku cadang mudah didapat dan lainnya.
  •     Tempat servis dan suku cadang mobil yang mudah ditemukan
Banyak mobil yang dijual di pasar tidak dilengkapi dengan suku cadang (spare-parts). Jika Anda membeli mobil seperti ini, dan pada suatu saat muncul masalah, Anda tentu akan menghadapi kesulitan. Masalah ini harus diperhatikan betul oleh calon pembeli. Sebab, sekali melangkah, tanpa mempertimbangkan keberadaan suku cadang, maka kesulitas Anda akan semakin panjang. Dalam hal ini, mobil-mobil keluaran Jepang -seperti Honda, Toyota, Mitsubisi, Suzuki- lebih mudah dalam mendapatkan suku cadang-suku cadangnya. Kadang antara merk satu dengan merk yang lainnya bisa di adjust dan saling mendukung. Lain halnya dengan mobil-mobil keluaran eropa -seperti BMW, Mercedez dsb- yang agak sulit dalam memperoleh suku cadangnya dengan harga-harga murah. Dimana satu spare part untuk satu merk.
  •    Jangan tergiur dengan tawaran
Jangan dulu tergiur dengan tawaran tawaran, pertimbangkan dulu dengan seksama untung ruginya jika anda memilih mobil itu.
  •     Biaya pemeliharaan
Biaya pembelian murah Selain itu, periksa pula ongkos pemeliharaan dan perbaikan dari mobil-mobil prospektif di masa datang. termasuk ongkos bahan bakar, penyetelan reguler, perbaikan kecil maupun biaya pajak tahunan (biaya perpanjangan STNK). Perhitungan tinggi-rendahnya biaya pajak ditentukan diantaranya oleh tahun keluaran,merk dan kapasitas mesinnya -1600 cc akan berbeda perhitungan dengan 2000 cc
  •    Purna jual
Memilih mobil yang mempunyai purna jual yang bagus adalah nilai plus tersendiri, jika suatu saat kita hendak menjual mobil tersebut kita tidak akan mengalami kerugian yang berarti. Sebagai gambaran kasar, type mobil seperti toyota kijang, honda jazz dan mobil niaga keluaran Jepang lainnya masih menduduki peringkat pertama dalam hal purna jual. Sedangkan untuk type sedan, kembali mobil Jepang lebih bagus prospeknya dibanding harga purna jual mobil-mobil keluaran Eropa, sepertiBMW, Mercedes, Peugeot, Volkswagen dan sebagainya
  • Test drive
Sebelum membeli lakukan test drive, Banyak hal yang bisa diketahui dari test drive mobil baru.
  • Ramah tapi tegas
Seorang sales pasti akan melayani calon pembeli dengan ramah, dan kita tentu harus juga bersikap ramah. Tetapi jangan karena keramahannya kita harus membeli mobil itu. Yakinkan dulu kalau mobil yang hendak kita pilih benar-benar sudah cocok dengan pilihan kita.
  •    Tanyakan mengenai penawaran khusus
Penawaran khusus bisa berupa apa saja, seperti paket pembiayaan, garansi, dan sebagainya. Tanyakan juga tentang diskon khusus, atau hadiah pembelian.
Bisa saja dealer memiliki lebih dari satu skema pembiayaan (kredit). Pilih salah satu yang sesuai dengan Anda.
  •    Tawarlah harga
Harga adalah harga, harga yang dibandrol oleh dealer bukanlah harga mati. Kita harus berani menawar harga.
  •    Bandingkan dengan dealer lain
Jangan terpaku oleh satu dealer saja. Kunjungi beberapa dealer untuk membanding bandingkan harga yang ditawarkan. Kita mengunjungi dealer mobil tidak diharuskan untuk membeli mobil.
  •     Dimana mobil sering diparkir
Jika mobil yang kita beli nantinya sering diparkir di tempat umum, hendaknya kita membeli mobil yang bukan sasaran kaum pencuri mobil.
Mungkin itulah sedikit tips dari kami tentang tips membeli mobil baru. Anda bisa menambahkannya jika mungkin ada yang perlu ditambahkan melalui komentar dibawah. Membeli mobil baru bukanlah perkara yang mudah, anda bisa membaca cara praktis mencari mobil baru di Carmall.com pada postingan saya yang sebelumnya. terimakasih….

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar