Jumat, 03 Mei 2013

15 Cara Menghemat BBM Kendaraan Anda


 
Dalam situasi ekonomi dan politik di negeri kita yang carut marut ini, kita mesti pandai berhemat, terutama dalam menghadapi kian melambungnya harga BBM dan langkanya minyak, solar di SPBU-SPBU. Berikut racikan beberapa tips menghemat BBM.

Semoga berkenan.


1. Perkecil ukuran Tanki Kendaraan Ndand hingga seperempatnya. 
Ndand pasti akan berpikir dua kali kalau mau pergi jauh.

2. Perbaiki kondisi jalanan dari rumah ke kantor 
Ndand. Biaya perbaikan jalan memang mahal, yang penting khan irit BBM.

3. Hindarilah macet dengan berangkat lebih pagi, misalnya jam tiga pagi, dan pulang lebih malam, kalau perlu sesekali ajak anak isteri menginap di kantor.


4. Lepaskan Kabel Accu selama lima menit kemudian pasang lagi. Tunggu beberapa saat, lantas pasang lagi. Begitu seterusnya, jangan berhenti.


5. Mainkan pedal gas, kopling dan rem sehalus mungkin. Lakukan terus secara bergantian. Dijamin irit BBM, asalkan mobil nggak distarter.


6. Jangan cari rumah yang dekat kantor. Mahal! Mendingan cari kantor yang dekat rumah,lebih murah bukan?.


7. Contohlah Angkot atau Bis Kota yang mampu mengoptimalkan jumlah penumpang sebanyak mungkin. Kalau ngantor bawa mobil ajaklah anak isteri, adik, kakak, om, tante, teteh, aa, kakek, nenek dan juga tetangga seRT.


8. Pakailah kendaraan alternatif, misalnya Gantole. Disamping hemat BBM, Gantole adalah kendaraan bebas macet.


9. Tabrakin saja 
mobil atau motor Ndand ke pohon, terus minta diderek ke kantor. Kendaraan Ndand memang penyok, tapi yang penting khan bensinnya masih utuh.

10. Carilah Pom Bensin yang lagi gelar Discount atau Sale. Dijamin nggak bakalan nemuin, lagian bensin anda keburu habis.


11. Belilah BBM dengan Mata Uang Dollar. Bayangkan 
Ndand sedang berada di Amrik, pasti rasanya murah. Contoh saja, kalo Ndan beli minyak biasa seliter Rp.4500,- sekarang beli dengan dolar $2000,- .. Lebih murah 2000 dari pada 4500 khan?

12. Gantilah bensin dengan Minyak Tanah atau Minyak Tawon. BBM anda akan tetap awet.


13. Taruh 
mobil atau motor Ndand di jalanan tanpa dikunci. Ndand nggak perlu repot-repot mikirin BBM lagi.

14. Jinjing atau pikul lah mobil atau motor Ndand saat bepergian kemana saja. Selain hemat BBM, ndan juga bisa mendapatkan badan yang sehat dan tubuh yang kuat.

15. Terakhir, Belilah sebuah lemari besi. Ndand bisa masukkan mobil atau motornya kedalam lemari tersebut, kunci RAPAT-RAPAT dan telanlah kunci tersebut atau buang ke tengah lautan. Sekarang Ndand tidak akan pernah membeli BBM lagi. Kalau Ndand merasa repot melakukannya, sekalian saja kendaraannya ditelan atau dibuang ketengah lautan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar