Jumat, 03 Mei 2013

Inilah Jurusan Pencetak Pemimpin Masa Depan mahasiswa,pemimpin,leader,bung karno,presiden soekarno,bj.habibie,jurusan pemimpin masa depan, jurusan yang dipilih calon pemimpin,pemimpin bangsa kuliah di jurusan ini,jurusan potensial lahirkan pemimpin,presiden soekarno,presiden habibie

mahasiswa,pemimpin,leader,bung karno,presiden soekarno,bj.habibie,jurusan pemimpin masa depan, jurusan yang dipilih calon pemimpin,pemimpin bangsa kuliah di jurusan ini,jurusan potensial lahirkan pemimpin,presiden soekarno,presiden habibie
Kali ini saya akan membahas topik tentang jurusan-jurusan apa sih yang berpotensi melahirkan pemimpin bangsa di masa depan. Terkadang banyak calon mahasiswa sudah men-judge kalau ingin menjadi pemimpin bangsa harus masuk jurusan ilmu pemerintahan atau politik. Padahal paradigma semacam ini tidak sepenuhnya benar, juga tidak sepenuhnya salah.

Kenapa benar? Karena memang dengan belajar ilmu politik mahasiswa bisa lebih fokus memperdalam dinamika politik yang cepat berubah. Kenapa salah? karena banyak pula lulusan jurusan lain yang menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

Kita lihat yuk, jurusan-jurusan apa saja yang berpotensi melahirkan pemimpin masa depan.

1. Hukum

Jurusan hukum sangat berpotensi melahirkan pemimpin bangsa di masa depan. Sebab sebagai negara yang berlandaskan hukum, sangat penting bagi suatu bangsa untuk memiliki pemimpin yang benar-benar mengerti hukum dan penegakkannya. Dengan itu diharapkan negara dapat berkembang dan maju ke tingkat yang lebih tinggi. Contoh lulusan hukum yang menjadi pemimpin bangsa yaitu Presiden Amerika Serikat Barack Obama

2. Filsafat

Jujur saja, banyak orang yang meremehkan jurusan ini. Hal itu dikarenakan pandangan masyarakat yang tidak tahu kemana lulusan jurusan ini akan berlabuh. Namun justru berpotensi melahirkan pemimpin-pemimpin besar karena filsafat merupakan dasar ilmu dari ilmu yang ada. Salah satu lulusan jurusan filsafat yang menjadi pemimpin besar adalah Perdana Menteri Inggris David Cameron.

3. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Jangan salah, siapa bilang jurusan Matematikan dan IPA tidak bisa melahirkan pemimpin bangsa. Tengok saja Kanselir Jerman Angela Merkel. Dia adalah seorang doktor kimia yang kini jadi pemimpin negara maju seperti Jerman.

4. Ekonomi

Sebuah negara tidak bisa dilepaskan dari yang namanya ekonomi. Sebagai calon pemimpin, tentu seseorang harus mengerti ekonomi makro dan mikro untuk menentukan langkah strategis untuk menunjang perekonomian negara. Tentunya untuk menentukan kebijakan strategis di bidang ekonomi harus melibatkan pikiran yang sangat handal. Hal itu telah dibuktikan oleh Perdana Menteri Italia Mario Monti dan Perdana Menteri Kanada Stephen Harper. Keduanya merupakan lulusan jurusan ekonomi.

5. Teknik

Kemampuan lulusan jurusan ini yang majemuk merupakan salah satu kelebihan lulusan teknik. Lulusan teknik kerap dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur yang baik bagi suatu negara, berupa jalan,listrik,transportasi,dsb. Infrastruktur yang baik tentu menunjang perekonomian suatu negara. Cukup banyak pemimpin negara yang berasal dari jurusan teknik seperti Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad bidang transportasi, Mantan Presiden Indonesia Soekarno lulusan teknik sipil ITB, Mantan Presiden Indonesia B.J.Habibie lulusan teknik penerbangan, dan Presiden Jiang Zemin lulusan Teknik Elektro.
Jadi kesimpulan yang bisa diambil dari artikel di atas. Apapun jurusan yang akan dipilih oleh calon mahasiswa dan jurusan yang saat ini dijalani mahasiswa. Hal itu bukan merupakan batasan untuk tidak berkontribusi menjadi seorang pemimpin di masa depan. Tidak ada yang tahu nasib seseorang. Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan menyesali salahnya jurusan yang telah diambil.
You choose who you’re gonna be and what you would become!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar