Selasa, 07 Mei 2013

Inilah Perbedaan iPad 3 dengan iPad 4


Headline
iPad generasi ke-4 dengan Lightning Connector

iPad generasi ketiga atau New iPad, atau iPad 3, dirilis pada 7 Maret 2012. Namun selang tujuh bulan kemudian, tepatnya 23 Oktober 2012, Apple sudah kembali meluncurkan iPad generasi terbaru yang disebut sebagai iPad 4.

Dengan hadirnya iPad 4 bernama resmi 'iPad with Retina Display' ini, Apple juga memutuskan 'pensiunkan' iPad 3 atau New iPad. Dengan kata lain, kehadiran iPad 4 membuat Apple melakukan stop produksi untuk iPad 3 dan menarik perangkat yang hanya berumur tujuh bulan itu dari pasar. Sebuah keputusan yang cukup mengejutkan banyak pihak.

Dengan 'hilangnya' iPad 3 di pasaran, kini jajaran produk iPad yang ada sekarang hanyalah iPad 2, iPad with Retina Display (iPad 4), dan iPad Mini.

Pertanyaannya kini, mengapa Apple harus melengserkan iPad 3? Jawaban simpelnya adalah karena perkembangan teknologi terbilang pesat.

Kehadiran iPad 4 menggantikan iPad 3 juga dianggap banyak kalangan sebagai salah satu strategi dagang Apple untuk tetap menjadi yang terdepan di pasar tablet kelas premium.

Secara kasat mata, tidak ada perubahan berarti antara iPad 3 dengan iPad 4 karena masih menggunakan dimensi yang sama dan juga teknologi Retina Display pada layarnya. Tapi bagaimana dengan isi komponen di dalamnya?

Setidaknya ada tiga perbedaan mendasar antara iPad 3 dan iPad 4.

Prosesor
iPad 4 menggunakan prosesor A6X, sedangkan iPad 3 memakai A5X. Kedua prosesor ini menggunakan CPU (central processing unit) dual-core, dan GPU (graphics processing unit) quad-core. Namun Apple mengklaim performa A6X lebih cepat dua kali lipat dibanding A5X.

Konektor
Perangkat mobile Apple kini memiliki dock konektor standar baru, berukuran 8 pin, dan diberi nama Lightning Connector. Konektor baru ini kini digunakan di iPhone 5 dan iPod touch generasi 5, juga iPad Mini. Sedangkan iPad 3 masih menggunakan dock konektor lama yang berukuran 30 pin.
Karena itulah, Apple menggantinya dengan iPad 4 yang telah memakai Lightning Connector. Keputusan ini diambil demi menjaga ekosistem perangkat mobile Apple di masa depan.

Perluasan Jaringan 4G LTE
Ketika mengumumkan iPad 3 pada Maret lalu, Apple menginformasikan bahwa tablet ini hanya mendukung jaringan 4G LTE di Kanada dan AS.

Begitu tablet ini mulai dipasarkan, Apple mendapat banyak kritikan lantaran pengguna di beberapa negara, termasuk Inggris dan Australia, tidak dapat terkoneksi ke jaringan 4G LTE dari iPad 3 mereka. Apple bahkan dituding membohongi publik Australia.

Belajar dari banyaknya protes ini, Apple nampaknya tak ingin mengecewakan calon pembeli iPad selanjutnya. Apple memperluas dukungan jaringan 4G LTE pada iPad 4, agar tablet ini bisa digunakan di banyak negara.

Selain tiga perbedaan mendasar tadi, ada satu lagi perbedaan kecil antara iPad 3 dengan iPad 4, yakni peningkatan resolusi pada kamera. Meskipun masih memakai iSight kamera lima megapiksel di bagian belakang, namun untuk FaceTime kamera di bagian depan mengalami peningkatan dari 0,3 megapiksel menjadi 1,2 megapiksel HD.

Sementara untuk harganya, iPad 4 dibandrol dengan harga sama dengan iPad 3. Untuk model WiFi berkapasitas 16 GB, Apple membandrol perangkat ini dengan harga US$499 (Rp4,8 juta). Sedangkan untuk versi WiFi + 4G LTE berkapasitas 16 GB, dijual seharga US$629 (Rp6,1 juta).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar