Jumat, 03 Mei 2013

Maruti, Mobil Murah Ala Suzuki



Pasar mobil murah di banyak negara berkembang kini tengah menjadi incaran banyak produsen mobil dunia tidak terkecuali Suzuki. Mobil murah Suzuki pun siap dilahirkan.

Namun, seperti dilansir Motobeam, Rabu (26/12/2012) untuk melahirkan mobil murah di banyak negara berkembang, Suzuki Motor Corp tidaklah akan menggunakan merek Suzuki, tapi Maruti.

Saat ini, merek Maruti hanya digunakan Suzuki di India, tapi mereka kini sedang memikirkan untuk membawa merek tersebut ke tingkatan global untuk mobil-mobil murah mereka.

Di India, Maruti dan Suzuki membentuk perusahaan yang 56,2 persen sahamnya dimiliki oleh Suzuki. India merupakan salah satu tulang punggung Suzuki karena menyumbang 40 persen dari pendapatan total mereka.
Bahkan saat krisis global berlangsung di 2008, Maruti Suzuki berhasil membantu Suzuki untuk melewati krisis itu.

Hal itulah yang membuat mereka berpikir untuk membawa brand Maruti ke tingkat selanjutnya.
Bila hal tersebut dilakukan, maka Suzuki akan menjalankan taktik yang sudah dilakukan oleh merek-merek lain. Toyota sudah memiliki Daihatsu, Renault memiliki Dacia dan Nissan akan segera melahirkan kembali Datsun sebagai merek mobil murah mereka.

Dan bila hal itu benar-benar dilakukan Suzuki, maka bukan tidak mungkin kalau Indonesia akan dimasuki Maruti mengingat Suzuki sudah mengatakan tertarik untuk ikut serta dalam program mobil murah yang tengah disiapkan pemerintah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar