Minggu, 05 Mei 2013

Mengapa Sarapan Tak Boleh Dilewatkan? Ini Dia Alasannya!



 
Sudah sarapan? Secangkir kopi, roti selai atau oatmeal bisa jadi pilihannya. Mungkin sebagian orang menyepelekan sarapan dengan alasan kesiangan dan takut terlambat. Jika Anda tahu akan manfaatnya dijamin tak akan melewatkannya lagi.

Manfaat sarapan sangat banyak. Selain mencegah rasa lapar yang berlebih di siang hari juga dapat mengontrol kadar gula darah. Berikut ini alasan pentingnya sarapan seperti diungkap The Huffington Post.
 
1. Lebih Ramping
 
Menurut sebuah studi yang tercatat dalam American Journal of Epidemiology tahun 2003,orang yang melewatkan sarapan cenderung menjadi gemuk, dibandingkan dengan orang yang selalu sarapan. Penelitian ini telah melibatkan 499 pelaku diet.
 
2. Menurunkan Gula Darah
 
Sarapan penting dan wajib dilakukan. Tidak hanya menyehatkan, dengan sarapan beberapa penyakitpun bisa terhindar. Dr. Mark Pereira, dari Harvard Medical School menyatakan kepada BBC News bahwa sarapan berperan penting untuk mengurangi resiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.
 
3. Tingkatkan Energi
Menu sarapan tinggi serat dan mengandung karbohidrat, dipercaya dapat membantu mengurangi kelelahan sepanjang hari. Hasil temuan ini sudah tercatat dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition.
 
4. Kolesterol Darah Stabil
 
Sebuah studi yang tercatat dalam American Journal of Clinical Nutrition meyebutkan, bahwa melewatkan sarapan cenderung menaikkan tingkat kolesterol yang buruk. Anda bisa mengonsumsi sekitar 100 kalori atau lebih.
 
5. Daya Ingat Lebih Baik
 
Studi yang melibatkan 319 remaja di Amerika menemukan bahwa sarapan dapat membantu meningkatkan daya ingat. Karena itu, sangat membantu untuk tetap fokus saat bekerja atau belajar.
 
6. Mendapatkan Nutrisi Lebih
Orang yang jarang sarapan cenderung lebih banyak mendapatkan lemak dan sedikit mendapatkan nutrisi seperti kalsium, potasium dan serat. Menu bernutrisi yang di sajikan saat sarapan akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi seharian. 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar