Rabu, 01 Mei 2013

New Honda Jazz S - Tampil Low Profile


Bicara mengenai si hatchback New Honda Jazz memang tetap asik untuk diulas. Desainya yang stylish dan tampil sporty membuat beberapa kalangan pecinta roda empat di tanah air tergiur untuk memilikinya.


Bukan hanya varian tertinggi bertajuk "RS" saja yang digandrungi, untuk varian menengahnya, New Honda Jazz S yang memiliki rupa lebih sederhana ternyata lumayan untuk dijadikan pilihan alternatif para konsumen. Parameternya bukan lagi dari faktor harga, melainkan juga dari fitur baru yang kini telah dibubuhkan oleh Honda Prospect Motor dari sisi safety dan juga driving plesurenya. Untuk lebih mendalam simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Si Sporty Sederhana



Yuppp .... rasanya kalimat diatas pantas untuk mengambarkan tampilan dari New Honda Jazz tipe S ini. Tanpa adanya bodi kit ala RS yang membuatnya tampil agresif, namun ciri khas desain meruncing aerodinamis pada bagian depannya serta dudukan yang landai dari ground clearance membuatnya tetap memiliki aura spoty.



Kesan sederhana terlihat dari bagian sektor depan, mulai dari bumper yang yang memiliki desain biasa dengan list chrome tanpa adanya piranti fog lamp serta kisi-kisi layaknya pada varian RS, sampai dengan slot udara vertikal yang membuatnya tampil minimalis. Begitu juga dengan headlamp, bila pada RS memiliki model smoke LED sedangkan untuk si S ini murni hanya LED.



Hal serupa juga berlaku untuk tampilan samping dan belakangnya. New Jazz S seakan plos tanpa kehadian side skirt, sedangkan untuk belakangnya peneyematan tail gate serta bumber sporty juga alpa alias tidak ada. Terlepas dari perbedaan itu desain Jazz yang memiliki aura sporty  tetap terpancar bukan ... meski demikian rupanya ada lagi yang membedakan antara varian menengah ini dengan si RS, yaitu dari dimensi peleknya. Bila RS memakai dimensi 16" sedangkan untuk S menggunakan pelek 15".



Masuk kebagian interior, perbedaanya tak terlalu mendalam. Meski tak memiliki layar sentuh, namun kelengkapan audionya telah lebih baik dari versi terdahulunya. Selain itu fitur arm rest juga dihilangkan untuk tipe S.


Tipe S Rasa RS



Beda tipe namun satu mesin, alhasil performa pun tak ada yang berubah. Sensasi yang diberikan dari New Honda Jazz S ini ketika kami merasakannya memang tetap sama dengan varian RS-nya. Mengusung mesin i-VTEC 1.5 liter bertenaga 120 PS dan 6.600 rpm yang merupakan performa terbesar di kelasnya dengan torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.800 rpm menjadi salah satu alasan kenapa Honda Jazz banyak digandrungi oleh para kaula muda, selain ditunjang dengan tampilan fisiknya yang spoty.



Melesat dari putaran bawah sampai atas cukup mudah untuk dilampaui oleh New Jazz S ini. Dukungan beragam piranti teknolgi yang tersematkan pada Honda Jazz, mulai dari torque boost resonator sampai dengan patterned piston skirt coating didalam mesin membuatnya memiliki performa yang cukup dan tingkat efesiensi yang baik.



Ups ... tapi ada yang berbeda dari Jazz S ini pada tuas transmisinya. Bila pada varian RS memiliki posisi tuas untuk transmisi sportnya (S), beda dengan varian Jazz S yang hanya melambangkan gigi-gigi rendahnya.


Tambah Fitur Tambah Nyaman

Tak perlu banyak menguas mengenai tingkat kenyamanan yang ditawarkan oleh Jazz, pasalnya baik dari tipe atas sampi bawah rasanya bicara soal kenyamanan hampir tak ada bedanya.



Dari tingkat visibilitas, jelas Honda menawarkan sebuah city car hatchback dengan tingkat visibilitas yang cukup baik didukung dengan kelapangan untuk sisi kenyamanan dalam hal leg room di posisi depan dan ke-2. Hanya sayangnya, untuk sektor pengemudi tak bisa terlalu santai layaknya ketika mengendarai RS yang memiliki arm rest.



Bila sebelumnya si varian S ini tak dimodali dengan piranti keselamatan layaknya air bags, tapat di bulan April ini HPM telah mengupgrade varian Jazz S ini dengan menempatkan dual SRS airbags dibagian depan untuk mendukung tingkat keselamatan pengendara dan penumpang depannya. Seperti diulas disebelumnya, kali ini untuk versi otomatis varian S juga telah diberikan paddle shift yang memungkinkan pengendaranya memainkan transmisi manual hanya dengan jari-jarinya saja.



Adanya rombakan tersebut membuat harga dari si New Honda Jazz S ini naik sekitar Rp 2 juta, bila dulu dipasarkan dengan harga Rp 213.500 sekarang menjadi Rp 215.500 juta on the road Jakarta. Meski demikian rasanya harga yang dibandrol oleh HPM cukup layak, mengingat dari unsur keselamatan kini makin bertambah dan driving plesure pun kian membuat enjoy pengendaranya, bisa dibilang mungkin ini merupakan versi low profile dari New Honda Jazz.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar