Kamis, 09 Mei 2013

Review Blogger/Blogspot


Blogger/Blogspot adalah salah satu layanan publikasi content management system (CMS) yang berbasis web yang tersedia secara bebas (gratis).  Blogger dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada Tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.

Dengan menggunakan blogger, anda bisa membuat halaman web anda sendiri dengan mudah dan gratis. Sudah banyak sekali orang-orang yang menjadikan blogger sebagai alat untuk mengekspresikan dirinya dengan menaruh banyak sekali artikel-artikel yang menarik untuk sumber informasi dan ada yang menulis diary di dalam blognya.
Blogger menyediakan fitur yang sederhana sehingga memudahkan pemula untuk memahaminya. Berikut macam-macam fungsi fitur pada Blogspot
IKHTISAR / OVERVIEW : Fitur ini menampilkan gambaran secara garis besar mengenai blog yang kita buat. Berikut adalah informasi-informasi yang bisa anda dapatkan pada fitur ini,

                Pageviews, menampilkan statistik pengunjung blog anda. 
                Updates, menampilkan hal-hal baru pada blog anda seperti komentar baru, follower,     pengunjung hari ini, dll. 
                Blogger Guide, panduan dan tips blogging yang diposting oleh blogger.com. 
                News from Blogger, Berita headline blogger.com

POS / POST : Fitur ini menampilkan daftar posting anda. Anda juga dapat menulis posting baru dengan cara mengklik New post
LAMAN / PAGES : Fitur ini disediakan untuk menambah dan mengedit halaman blog anda. Terdapat dua macam halaman pada blogspot Blank page (halaman kosong pada blog anda yang dapat anda isi sesuai keinginan anda)dan Web address (halaman yang dapat dihubungkan pada alamat url tertentu sesuai dengan keinginan anda)
KOMENTAR / COMMENTS : Fitur ini menampilkan informasi komentar yang ada pada blog anda, baik yang baru maupun yang telah lalu. Terbagi menjadi dua Published (komentar yang terpublish) dan Spam (komentar yang terkategori spam oleh blogger).
STATISTIK / STATS : Pada fitur ini ditampilkan statistik blog anda, secara detail anda akan mengetahui jumlah pengunjung dan asal pengunjung blog anda.
TATA LETAK / LAYOUT : Mengatur posisi dan letak widget (aplikasi) pada blog anda.
TEMPLATE : Pada fitur ini anda dapat merubah tampilan blog anda sesuai keinginan anda. Ada dua macam cara mengedit tampilan pada blogspot, yaitu Costumize (untuk pemula)dan Edit HTML (untuk profesional blogger yang sudah mengerti bahasa pemrograman sederhana)
SETELAN / SETTINGS : Anda dapat memodifikasi blog anda melalui fitur ini, diantaranya adalah Judul, Deskripsi, Alamat blog, Pembaca blog, Bahasa, Time Zone, dll.
Blogger memiliki beberapa keunggulan pada:
1.      Mudah digunakan.
Semudah anda mengetik di program pengolah kata. Sebelum posting dipublikasikan, anda pun bisa melihat review-nya terlebih dulu. Membuatnya pun tidak sulit. Kita tinggal mengikuti petunjuknya yang cuma dalam beberapa langkah, maka jadilah blog kita.

2.      Tersedia pilihan template (theme).
Keduanya sama-sama punya pilihan theme. Namun, secara jumlah, pilihan lebih banyak terdapat di WordPress.

3.      Bisa mengubah desain.
Dengan mengedit berkas style (CSS), kita bisa mengubah desain seperti yang kita inginkan.

4.      Bisa dibuat adsense.
Mayoritas peraup uang dari Adsense yang menggunakan blog gratis, biasanya memakai blogger. Mungkin karena blogger dan adsense adalah sama-sama milik Google. Jadi lebih mudah untuk disetujui adsense-nya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar