Sabtu, 04 Mei 2013

Sudah Berusia 50 Tahun? Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini!


 
 
Saat menginjak usia 50 tahun, asupan makanan harus lebih diperhatikan agar tubuh tetap bugar. Beberapa jenis makanan ternyata bisa menyumbat pembuluh arteri jantung, meningkatkan tekanan darah, bahkan membuat tidur gelisah.

Seperti dikutip dari Huffington Post (02/05/2013), berikut lima jenis makanan yang harus dihindari jika Anda sudah menginjak usia 50 tahun.
 
 
 
1. Garam
 
Terlalu banyak garam dalam makanan bisa berpengaruh negatif terhadap tekanan darah. Semakin tinggi tekanan darah, semakin besar pula tekanan pada jantung, ginjal, pembuluh darah, dan otak. Tekanan darah tinggi menyebabkan serangan jantung, stroke, hingga penyakit ginjal. Jumlah garam yang dimakan akan berefek langsung pada tekanan darah. Hindari makanan yang mengandung garam, seperti keripik kentang, daging olahan, keju, makanan beku, pizza, dan bahkan sereal sehat.
 
 
 
2. Daging asap
Sekitar satu dari tiga orang dewasa di Amerika menderita arthritis atau masalah sendi kronis. Beberapa makanan bisa membuat penyakit ini bertambah parah. Menurut Arthritis Foundation, hindari makanan seperti daging, kuning telur, jagung, kedelai, margarin, dan makanan lain yang digoreng
 
 
 
3. Wine
 
Beberapa penelitian menunjukkan, konsumsi wine dalam jumlah moderat, baik untuk kesehatan hati. Menurut National Institutes of Health, definisi moderat berarti hanya minum 2 hingga 7 gelas wine per minggu. Terlalu banyak minum wine bisa berefek buruk pada hati. Penyakit hati menjadi penyebab utama kematian pada peminum alkohol berat.
 
 
 
4. Gula
Para peneliti menemukan fakta, terlalu banyak gula bisa membuat penuaan lebih cepat. Ketika mengonsumsi gula (yang juga terkandung dalam es krim, permen dan karbohidrat), tubuh akan mengubah gula tersebut menjadi glukosa. Tingginya glukosa darah berakibat diabetes, yang bisa juga menyebabkan penyakit lain, seperti jantung, ginjal, dan kerusakan saraf. Diabetes juga diyakini bisa mengubah keadaan kulit, mulut, dan tulang. Bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.
 
 
 
 5. Soda
 
American Diabetes Association merekomendasikan untuk membatasi asupan minuman manis, seperti soda, untuk mencegah diabetes. Satu kaleng soda berukuran 355 ml, mengandung sekitar 150 kalori dan 40 gram karbohidrat. Jumlah karbohidrat ini sama dengan yang terkandung dalam 10 sendok teh gula. 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar