Jumat, 03 Mei 2013

TIPS KARIER : Temukan Karier Anda Sesuai Minat

 

Kadang Anda kesulitan menemukan karir yang tepat, karena selalu merasa karir tersebut tidak sesuai dengan passion atau minat Anda. Tapi sebenarnya untuk menemukan jalur karir yang cocok, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

Selidiki kembali
Tanpa disadari, passion sering kali terbentuk sejak masih kecil. Coba ingat kembali masa kecil Anda, apa yang menjadi hobi dan ketertarikan Anda? Kegiatan apa yang paling Anda sukai? Lalu apa yang menjadi fantasi karir Anda sejak kecil? Kenali tanda-tandanya dan Anda pun dengan sendirinya akan tahu karir apa yang paling Anda minati.

Kenali apa yang dianggap penting
Nilai-nilai yang Anda percayai merupakan peta sempurna untuk menentukan jalur karir Anda. Apakah kebebasan waktu, kreativitas, pergi berjalan-jalan, atau bekerja sendiri? Apa pun itu, Anda harus bisa mengenali apa yang Anda anggap penting untuk akhirnya tahu apa yang Anda inginkan dari sebuah karir.

Lakukan riset
Banyak orang merasa terjebak dan tidak berani membuat perubahan karena mereka tidak mengetahui secara menyeluruh tentang sebuah karir. Cobalah lakukan riset di internet, lakukan networking dengan orang-orang di berbagai bidang karir, dan banyak bertanya. Dengan mengenal sebuah bidang karir lebih dalam, Anda pun akan semakin tahu apa yang Anda inginkan.

Coba dulu
Kerja magang adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah bidang karir tersebut sesuai dengan Anda. Jika tidak ada kesempatan magang, coba kerja lepas atau freelance terlebih dahulu.

Jauhi rasa negatif
Anda mungkin kerap merasa sudah menemukan passion, tapi belum memiliki keahlian. Jangan rendah diri dulu, karena keahlian itu bisa dipelajari dan yang terpenting adalah minat besar Anda itu. Jauhkan pikiran negatif seperti, “Saya tidak cukup pintar” atau “Saya tidak punya pengalaman”. Yang terpenting, percayalah pada passion Anda tersebut dan kerjalah semaksimal mungkin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar