Jumat, 03 Mei 2013

TIPS KERJA: 5 Hal yang Bisa Anda Lakukan Obati Stres Kerja



Saat beban pekerjaan berat, stres pun bisa datang kapan saja. Jika dibiarkan, stres yang berlangsung terus-menerus akan berpengaruh pada kinerja Anda. Anda pun akan semakin kesulitan mengatur pekerjaan Anda.
Ini dia sedikit tips untuk lebih rileks di saat stres Anda tak tertahankan.

1. Tulislah!
Menulis membantu Anda tetap teratur dan meminimalisir kekhawatiran melupakan sesuatu. Menuliskan daftar pekerjaan Anda juga berefek pada sugesti diri bahwa dengan melihatnya Anda akan merasa lebih bisa menyelesaikannya satu per satu.

2. Bersihkan!
Meja dan lingkungan kerja yang berantakan hanya akan membuat Anda semakin panik dan tertekan. Lagipula, area kerja yang bersih juga memudahkan Anda dalam menemukan segala sesuatu yang Anda butuhkan. Tidak ada waktu terbuang karena mencari berkas penting yang hilang terselip.

3. Regangkan!
Peregangan yang dimaksud di sini adalah tubuh Anda. Gerakan tubuh Anda, atur napas. Anda juga bisa mengambil waktu untuk berbicara dengan orang yang Anda sayang. Membaca buku, menonton video, atau belanja online sejenak pun bisa membantu. Intinya mengendurkan urat dan syaraf Anda yang tegang.

4. Segarkan!
Jika memungkinkan, ke luar dari kantor dan hirup udara segar di taman terdekat. Berjalan tanpa alas kaki di rumput pun bisa membuat Anda lebih rileks. Seandainya tak ada taman di dekat kantor Anda, duduk di lobi menyaksikan orang-orang yang berlalu-lalang pun efektif mengalihkan pikiran Anda sejenak dari pekerjaan.

5. Dengarkan!
Banyak orang sudah tahu efek musik terhadap tubuh. Musik merupakan alat yang dapat memberikan pengaruh langsung pada emosi seseorang. Dengarkan musik lembut, seperti jazz atau musik klasik, untuk membantu meredakan ketegangan Anda. Jika Anda tak suka aliran musik tersebut, dengarkan saja musik favorit Anda, asal jangan yang beraliran rock atau musik keras.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar