Jumat, 03 Mei 2013

TIPS KEUANGAN : Tinggalkan Kebiasaan Buruk Kelola Uang



Anda mungkin selalu bertanya-tanya, “Kemana uang saya pergi?” padahal pendapatan Anda seharusnya mencukupi semua kebutuhan. Siapa tahu, Anda masih melakukan beberapa kebiasaan buruk finansial berikut ini.

Anda tak punya tabungan
Di akhir bulan, sering kali Anda bingung karena keuangan sudah menipis. Hal ini mungkin disebabkan karena Anda tidak membiasakan diri untuk menabung. Sebaiknya, sediakan tabungan terpisah yang bisa Anda pakai saat keadaan darurat. Rekening tabungan ini sebaiknya dipisahkan dengan rekening tabungan untuk keperluan sehari-hari Anda.

Anda suka barang mewah
Saking sudah terbiasa menggunakan barang-barang terbaik, Anda tidak mau lagi menggunakan barang standar walaupun keuangan Anda tidak memungkinkan. Hal-hal kecil, seperti minum kopi di kafe padahal Anda bisa minum kopi di rumah, atau kebiasaan pergi ke salon mahal juga bisa menjadi kebiasaan buruk untuk keuangan Anda.

Anda tak gunakan uang tunai
Percaya atau tidak, orang yang berbelanja dengan menggunakan uang tunai biasanya akan lebih sedikit berbelanja. Kebiasaan memakai kartu kredit pada akhirnya akan membuat Anda belanja lebih banyak, padahal nantinya akan dipusingkan sendiri dengan tumpukan tagihan. Jadi ketika ingin berhemat, cobalah gunakan uang tunai dan jangan lupa catat pengeluaran Anda setiap bulannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar