Rabu, 05 Juni 2013

9 Sensor Pintar di Samsung Galaxy S4



Bukan perangkat andalan namanya kalau tidak dijejali macam-macam fitur unggulan. Samsung pun membekali smartphone premium terbarunya, Galaxy S4, dengan aneka kemampuan unik yang sebagian berkaitan dengan pendeteksi gerak anggota tubuh untuk dipakai sebagai input.

Contohnya, seperti fitur Air Gesture yang memungkinkan pengguna melakukan scrolling dengan sapuan tangan tanpa menyentuh layar. Ada juga Smart Pause yang akan menghentikan pemutaran video ketika pengguna mengalihkan pandangan dari ponsel, lalu melakukan resume playback begitu pengguna kembali memandang layar.

Nah, fungsi-fungsi tersebut tentu membutuhkan serangkaian sensor khusus yang bisa mendeteksi gestur terkait. Apa saja sensor yang ditanamkan Samsung pada Galaxy S4? Berikut daftarnya.

1. Sensor suhu/ kelempaban udara. Ditempatkan di lubang kecil di bagian bawah, sensor ini dipakai untuk menampilkan tingkat kenyamanan optimal untuk pengguna yang ditampilkan melalui aplikasi S-Health.

2. Akselerometer. Sensor yang satu ini umum dipakai di smartphone dan bisa digunakan sebagai pasometer untuk menghitung langkah. Galaxy S4 juga memiliki barometer yang mampu mengukur tekanan udara. Gunanya, untuk menghitung pembakaran kalori saat pengguna berolahraga, sesuai kondisi tekanan atmosfer dan ketinggian.

3. Sensor RGB. Diletakkan pada bagian kiri atas layar, sensor ini mendeteksi cahaya dari lingkungan sekitar untuk mengatur tingkat kecerahan dan ketajaman layar agar nyaman untuk pengguna dalam berbagai keadaan.

4. Sensor jarak (proximity). Digunakan untuk mematikan layar ketika wajah pengguna berada di dekat smartphone. Ini mencegah input yang tidak diinginkan ketika pengguna memakai Galaxy S4 untuk menelepon.

5. Pengenalan wajah lewat kamera. Inilah teknologi yang menjadi dasar fitur Smart Pause.

6. Gyrosensor. Dikombinasikan dengan pengenalan wajah, sensor yang mendeteksi sudut kemiringan perangkat ini memungkinkan scrollling layar hanya dengan menggerak-gerakkan Galaxy S4 ke arah yang dikehendaki.

7. "Finger Hovering". Ini adalah teknologi yang mengukur perubahan arus listrik ketika jari pengguna berada di dekat layar. Dengan demikian, pengguna bisa melihat tampilan e-mail, S-Planner, galeri foto maupun video tanpa membuka aplikasi, cukup dengan melayangkan jari di atas icon yang bersangkutan.

8. Voice recognition. Teknologi pengenalan suara Galaxy S4 digunakan antara lain untuk fitur penerjemah bahasa S Translator. Fitur navigasi S Voice Drive juga memakai fungsi ini, dikombinasikan dengan GPS dan sensor geomagnetik.

9. Terakhir, Galaxy S4 juga dibekali dengan Optical Character Recognition (OCR) yang bisa dipakai untuk membaca teks dan mengenali keterangan-keterangan khusus seperti halaman web, nomor telepon, dan QR code.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar