Rabu, 12 Juni 2013

All New Nissan Grand Livina X-Gear : Didesain Untuk Keluarga Dinamis

Jalan-jalan dengan seluruh anggota keluarga memang menjadi suatu kebahagiaan tersendiri. Apalagi jika semuanya dapat ditampung oleh 1 mobil yang memiliki desain menarik dan tetap memperhatikan aspek kenyamanan.

All New Nissan Grand Livina X-Gear
Hal inilah yang membuat PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan All-New Nissan Grand Livina X-Gear. Beberapa perubahan diusung oleh mobil ini seperti desainnya yang memberikan kesan Urban Dynamic, adanya tambahan jok pada baris ketiga juga menjadi nilai lebih mobil ini.
All New Nissan Grand Livina X-Gear

Namun tentunya, jika hanya dalam penglihatan saja rasanya tidak cukup. Tidak ada salahnya untuk melihat dan mengenal line up yang mengusung tagline Family Sport MPV ini lebih dekat.

Design

Kata-kata Family Sport MPV yang diusung mobil ini bukanlah isapan jempol belaka. All-New Nissan Grand Livina X-Gear memang memiliki kesan sporty dan dinamis. Kesan ini timbul berkat beberapa ornament yang disematkan oleh PT. NMI.

All New Nissan Grand Livina X-Gear

Sebut saja bemper dengan desain baru yang lebih sporty dan dilengkapi dengan under protector yang menjadikan mobil ini tampil lebih dinamis dibanding dengan generasi sebelumnya. Grill depan yang berdesain bergerigi dikawinkan dengan headlamp futuristic menjadikan All New Nissan Grand Livina X-Gear terkesan galak.

All New Nissan Grand Livina X-Gear

Kesan kokoh hadir pada setiap alur udara yang menggurat sepanjang body mobil mulai dari headlamp depan dan berakhir pada lampu belakang. Kesan sporty juga semakin mengental dengan ditambahkannya roof rail dan velg palang 6 berukuran 16 inci.

All New Nissan Grand Livina X-Gear

Masuk ke dalam kabin, nuansa hitam mendominasi All New Nissan Grand Livina X-Gear. Sepintas memang terkesan sederhana, untungnya beberapa ornament kayu ditambahkan pada dashboard sehingga nuansa sedikit mewah. Warna beige juga diberikan untuk atap sehingga suasana menjadi sedikit lebih cerah.

All New Nissan Grand Livina X-Gear
All New Nissan Grand Livina X-Gear


Perfomance

Dalam pengujian, kami mendapatkan jatah All New Nissan Grand Livina X-Gear 1.8L dengan transmisi manual dan otomatis. Varian ini merupakan varian tertinggi di keluarga besar Nissan Grand Livina. Maka adalah wajar jika mesin yang diusungnya berbeda, yaitu MR18DE.

All New Nissan Grand Livina X-Gear

Pertama kali, kami menggunakan transmisi manual untuk melintasi medan slalom yang telah disediakan. Kopling diinjak dan tuas persneling kami masukkan ke angka satu. Dilintasan lurus, All New Nissan Grand Livina X-Gear cukup responsif meski masih dalam putaran mesin bawah.

All New Nissan Grand Livina X-Gear

Masuk ke lintasan bergelombang, mobil ini terasa cukup meredam guncangan meski masih agak terasa keras bantingannya. Sementara pada lintasan zig-zag, roda kemudi terasa ringan dan terasa mudah untuk dikemudikan, demikian juga ketika mobil masuk ke dalam lintasan berputar.

All New Nissan Grand Livina X-Gear

Puas pada transmisi manual, kami pun mengganti dengan transmisi otomatis. Masuk di lintasan lurus, kami langsung injak pedal gas sedalam-dalamnya dan mesin mobil langsung menjawabnya dengan hentakan yang memuaskan dan diikuti halusnya perpindahan gigi.

All New Nissan Grand Livina X-Gear

Masuk ke lintasan zig-zag, roda kemudi pun langsung kami mainkan. Meski masih dalam batas toleransi, namun rasanya roda kemudi lebih berat jika dibandingkan dengan varian transmisi manualnya. Walau begitu, mobil masih terasa mudah dikendalikan.

Comfort

Saat mencoba duduk di jok pengemudi, jok rasanya memang tidak terlalu ketat namun tetap terasa nyaman diduduki. Legroom juga terasa luas dengan pandangan kedepan yang cukup luas, sehingga terasa nyaman bila berpergian dengan jarak jauh.

All New Nissan Grand Livina X-Gear
All New Nissan Grand Livina X-Gear

Namun kali ini Nissan lebih memperhatikan kenyamanan keluarga. Jika sebelumnya varian X-Gear hanya 2 baris, kini menjadi 3 baris dan otomatis bisa mengangkut lebih dari 5 orang. Jok baris ke-3 memang tidak sempat kami duduki, namun sekilas dilihat legroom masih mumpuni. Sementara jok baris ke-2 masih bisa dimaju-mundurkan untuk meningkatkan legroom baris ke-3.


Fitur

Meski ditopang dengan beragam kenyamanan, namun untuk fitur, All New Nissan Grand Livina X-Gear memang terbilang seadanya atau tidak terlalu istimewa. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa head unit 2-din yang terkoneksi dengan rear kamera ini cukup menggoda kami. Head unit ini pun mampu memutar beberapa fitur hiburan seperti DVD, MP3 dan lain sebagainya.

All New Nissan Grand Livina X-Gear

Tapi rasanya sulit bila melihat layar head unit yang berada di depan dari baris kedua atau ketiga. Untuk itulah Nissan juga menyematkan layar LCD pada baris kedua. Sehingga penumpang baris kedua dan ketiga masih mudah untuk menikmati hiburan yang ada.

All New Nissan Grand Livina X-Gear


Price

Sebagai varian tertinggi pada keluarga All New Nissan Grand Livina X-Gear, maka tidak heran bila mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan varian yang lain. Mobil ini dijual dengan 4 varian yaitu 1.5 X-Gear M/T yang dihargai Rp. 212 juta, lalu 1,5 X-Gear CVT Rp. 224 juta, kemudian 1.8 X-Gear Rp. 250 juta, dan 1.8 X-Gear A/T dijual dengan harga Rp. 260 juta.

All New Nissan Grand Livina X-Gear

Sedangkan untuk pilihan warna, Nissan memberikan enam pilihan yaitu Dark Blue Metallic, Dark Red Metallic, Grey Metallic, Diamond Silver Metallic, Solid White dan Solid Black.

1 komentar: