Rabu, 05 Juni 2013

Apa Beda Galaxy S4 dan Galaxy S4 Mini?



Smartphone andalan Samsung saat ini, Galaxy S4, baru saja memiliki "adik" yang diberi nama Galaxy S4 Mini.

Meski sama-sama hadir dalam keluarga Galaxy S4, keduanya ternyata memiliki perbedaan yang signifikan. Seperti namanya, Galaxy S4 Mini punya ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan Galaxy S4. Sang kakak juga dibekali spesifikasi hardware yang bertenaga.

Berikut beberapa perbedaan antara Galaxy S4 dengan Galaxy S4 Mini, seperti dikutip dari Pocket-Lint, Jumat (31/5/2013).

Ukuran

Dengan membawa nama "Mini", jelas Galaxy S4 Mini memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan sang kakak. Perangkat tersebut berukuran 124,6 x 61,3 x 8,94 mm. Sedangkan Galaxy S4 memiliki ukuran 136,6 x 69,8 x 7,9 mm.

Galaxy S4 Mini juga lebih ringan, yaitu 107 gram berbanding 130 gram.

Layar

Kedua perangkat ini memiliki jenis layar yang sama, yaitu Super AMOLED. Namun, sekali lagi, hadir dengan nama "Mini", Galaxy S4 Mini tentunya memiliki layar berukuran lebih kecil. Galaxy S4 dilengkapi layar 5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Sedangkan Mini memiliki ukuran layar yang sama dengan Galaxy S II yaitu 4,3 inci. Resolusi yang didukungnya adalah 960 x 540 piksel.

Prosesor

Galaxy S4 memiliki prosesor yang jauh lebih bertenaga dibandingkan S4 Mini. Terdapat dua pilihan prosesor, yang dibedakan berdasarkan wilayah penjualan. Di Korea dan negara-negara lain, termasuk Indonesia, perangkat ini hadir dengan prosesor buatan Samsung sendiri, Exynos 5 octa-core berkecepatan 1,6 GHz.

Sedangkan untuk wilayah Amerika Serikat, prosesornya adalah Qualcomm Snapdragon 600 1,9 GHz quad-core. Keduanya sama-sama menggunakan RAM 2 GB.

Galaxy S4 Mini tidak dipersenjatai prosesor sekencang Galaxy S4. Produk ini hadir dengan Qualcomm Snapdragon 400 berkecepatan 1,7 GHz dual-core. RAM-nya hanya 1,5 GB. Namun, kombinasi keduanya sudah dianggap cukup untuk kebutuhan operasional sehari-hari.

Konektivitas

Galaxy S4 secara default sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Sedangkan Galaxy S4 Mini, terdapa tiga model dukungan jaringan. Untuk wilayah Inggris, terdapat Mini dengan 4G LTE, sedangkan untuk negara lain terdapat dukungan terhadap 3G Only dan 3G dual-SIM.

Terdapat juga model yang dilengkapi NFC dan WiFi Direct.

Sistem operasi

Keduanya sama-sama menggunakan Android versi 4.2.2 Jelly Bean. Namun, karena terbatasnya spesifikasi yang dimiliki S4 Mini, maka ada beberapa fitur S4 yang tidak bisa dijalankan. Beberapa fitur buatan Samsung sendiri bergantung terhadap prosesor dan teknologi lain, jadi fitur Smart Stay, Smart Scroll, dan fungsi kamera Dual Shot tidak akan bekerja di Mini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar