Minggu, 21 Juli 2013

All New KIA Carens : Mobil Keluarga Sesungguhnya

“All New KIA Carens adalah mobil untuk orang dan bukan untuk barang. Makanya kami tidak menyebut mobil ini MPV, tapi Family Car...” ungkap Hartanto Sukmono, Direktur Marketing PT. KIA Mobil Indonesia kala pertama kali memperkenalkan All New KIA Carens beberapa bulan lalu di Jakarta.

All New KIA Carens

All New KIA Carens memang line up terbaru dari PT. KIA Mobil Indonesia yang ditujukan untuk memenuhi segmen pasar mobil kelurga. Di segmen ini, KIA apple-to-apple dengan para pesaingnya dari produsen asal Negeri Sakura yang telah lebih dulu menyesaki segmen ini.

All New KIA Carens

Yuk langsung saja menyimak hasil reviewnya.


Design

Belakangan ini, semua line up dari KIA memang tampil dengan grill ‘Tiger Nose’ yang membuat mobil KIA menjadi semakin garang dan gagah. Namun untuk All New KIA Carens, tampilan menjadi sedikit lebih kalem jika dibandingkan dengan kakak-kakak seperguruan dari KIA.
All New KIA Carens
Meski secara keseluruhan All New KIA Carens tampil kalem, namun kesan agresif tetap tampil dari bemper depan. Dengan desain yang cukup unik ditambah dengan lower grill berwarna hitam yang membingkai foglamp menjadikan All New KIA Carens terasa sedikit tegas.

All New KIA Carens

Beranjak ke sisi mobil, nuansa aerodinamis cukup terasa dengan hadirnya guratan melintang dari headlamp hingga rearlamp. Tak hanya itu, lekukan yang dihadirkan pada sisi bawah pintu mobil juga kembali memberikan nuansa tegas pada All New KIA Carens.

All New KIA Carens

Melihat sisi belakang mobil, kembali nuansa kalem dihadirkan oleh KIA. Walau begitu, spoiler belakang yang dipadukan diffuser pada bemper belakang berwarna hitam cukup mendongkrak tampilan mobil menjadi tidak terlalu polos.

All New KIA Carens

Sekarang masuk ke dalam kabin. Saat pertama kali melihatnya, rasanya tidak berlebihan jika kami langsung ingin masuk ke dalam dan berkata “I’m Home!!”. Ya, All New KIA Carens memang dianugerahi dengan desain interior yang sederhana namun membuat penumpangnya merasa di rumah. Terlihat nyaman dengan balutan warna krem (beige) yang dipadupadankan dengan warna hitam dan menghasilkan sebuah nuansa yang lapang dan nyaman. Ah, serasa di rumah.

All New KIA Carens

Desain dashboard pun tidak terlihat terlalu neko-neko, sederhana namun cukup menarik. Gabungan warna hitam dengan krem menjadikan dashboard terlihat cukup kaya namun tetap ramah di mata.


Performance

Mesin NU 2.0L DOHC Dual CVVT  didaulat untuk menjadi jantung pacu dari All New KIA Carens. Mesin ini merupakan mesin terbaru dari KIA, dan menunjukkan bahwa KIA terus berinovasi baik dari sisi desain maupun teknologi mesin.

All New KIA Carens

Cukup ya basa-basinya? Yuk kita tes perfomanya. Pedal gas kami tekan dan mesin menyambut dengan cukup responsif. Tarikannya cukup terasa ringan dan menantang kami untuk menekan pedal gas semakin dalam. Perpindahan gigi pada transmisi otomatis dirasakan cukup halus.

All New KIA Carens
All New KIA Carens

Ketika jarum di speedometer menunjukkan angka 100 km/jam, suara dari luar terasa cukup teredam dengan baik, suspensinya pun juga terasa rigid dan masih stabil walau melakukan manuver zig-zag. Namun saat melintas dijalan yang tidak rata, terdengar suara ‘duk-duk’ pada bagian kaki-kainya meski disambut ayunan yang lembut.
All New KIA Carens

Sementara kami sempat mencoba fitur Eco yang katanya untuk menghemat bahan bakar. Dan betul saja, ketika jalan santai dan langsung menekan lebih dalam pedal gas, mesin terasa lebih menahan tenaga.

All New KIA Carens

Memasuki jalan yang menanjak, kami pun mematikan fitur Eco dan membiarkan mesin mengelurkan tenaga dan torsinya. Tanjakan pun dapat dilibas dengan cukup mudah walau putaran mesin mencapai 2.000-3.000 RPM.


Comfort

Dengan mengusung tagline ‘Breakthrouh Of Family Car’, All New KIA Carens memang sangat memperhatikan faktor kenyamanan bagi penumpangnya. Selain desainnya yang ‘homey’, KIA juga sangat serius dalam memberikan kenyamanan bagi punumpangnya.

All New KIA Carens

Hal ini dapat dirasakan saat menduduki jok yang bisa pas dengan tubuh, legroom juga terasa cukup luas untuk orang yang tingginya hingga 180 cm. Jarak pandang ke depan juga luas, bahkan saat kami melintasi cuaca yang hujan, wiper yang bergerak dengan arah berlawanan berhasil membuat jarak pandang ke depan tetap luas.

All New KIA Carens

Yah, namanya juga keluarga, maka kami juga harus merasakan nikmatnya duduk di jok penumpang. Baris tengah pun kami duduki, dan “Yuk tidur yuk” ungkap rekan kami yang tampak cukup menikmati jok di baris tengah. Tidak ada perbedaan rasa empuk jok baris tengah dibandingkan dengan baris depan. Namun jok baris tengah bisa diatur agar mendapatkan legroom sesuai dengan kebutuhan.

All New KIA Carens

Sementara pada jok baris belakang, kami hanya melihatnya saja. Pasalnya, dengan hanya melihat saja, kami sadar bahwa kaki kami tidak akan muat disana. Rasanya, jok baris belakang hanya dapat diduduki oleh anak kecil saja.

All New KIA Carens


Fitur

Untuk menopang kenyamanan dalam berkendara dan mampu bersaing di kelasnya, maka KIA telah mempersiapkan serangkaian fitur. Apa saja? Yang paling ingin kami bahas adalah Flex Steer yang merupakan fitur unggulan All New KIA Carens jika dibandingkan dengan kompetitornya. Disini pengendara dapat memilih ringan-tidaknya putaran lingkar kemudi, yaitu Normal, Comfort dan Sport.

All New KIA Carens

Yang kami coba disini adalah pilihan Comfort, efeknya lingkar kemudi lebih ringan untuk diputar, sangat cocok untuk digunakan kala melintasi kemacetan. Sementara pilihan Sport, otomatis lingkar kemudi menjadi berat untuk diputar, cocok kala melibas jalan bebas hambatan. Untuk mengaktifkannya? Sederhana. Cukup tekan tuas yang ada di lingkar kemudi, yang akan dipadu pada layar di spidometer.

All New KIA Carens

Tak hanya itu, KIA juga memberikan kenyamanan penumpang dengan membenamkan head unit 2-din yang dapat memutar CD, MP3 dan lain-lain. Biasa memang, namun saat saat melihat ke pilar A, terdapat sebuah microphone kecil yang terkoneksi dengan head unit. Fungsinya adalah untuk memudahkan pengendara saat menerima telepon dengan koneksi Bluetooth, sehingga tidak pelu repot memegang handphone lagi, bukan?

All New KIA Carens


Price

Nah bicara harga, All New KIA Carens memang mengambil segmen yang agak tinggi, yaitu dibanderol dengan harga Rp. 249,5 juta untuk transmisi manual dan Rp. 262,5 juta untuk transmisi automatic. Harga tersebut berarti akan berhadapan langsung dengan beberapa merek dari negeri Sakura yang sudah hadir lebih dulu.

All New KIA Carens

Kemudian untuk warnanya All New KIA Carens diberikan 8 pilihan, antara lain Clear White,  Bright SilverCamden BeigeTitanium SilverGalaxy BrownCherry BlackInferno Red dan Newport Blue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar