Minggu, 21 Juli 2013

Mitsubishi Outlander Sport : SUV Untuk Keluarga

Juli 2012 menjadi bulan hadirnya Mitsubishi Outlander Sport. SUV ini hadir dengan tampilan yang dinamis khas kaum urban. Jadi wajar jika di perkotaan, khususnya Jakarta, Mitsubishi Outlander dipercaya sebagai kendaraan para keluarga muda.

Mitsubishi Outlander Sport

Ya, selain desainnya yang dinamis, dimensinya yang tebilang kompak dan harga yang cukup terjangkau memang menjadi acuan para pecinta Mitsubishi untuk menetapkan Mitsubishi Outlander Sport sebagai tunggangan mereka. Seperti apa kelebihannya?

Design

Dari semua SUV yang ada, mungkin Mitsubishi Outlander Sport salah satu mobil dengan desain yang paling mengintimidasi. Ya, desain Jet Fighter Front Grill menjadikan mobil ini seperti varian Mitsubishi lainnya yang berkarakter cukup berani.

Mitsubishi Outlander Sport

Bergerak ke samping, kesan aerodinamis juga sangat terasa di mobil ini. Lekukan tegas yang melintang dari ban depan hingga belakang juga memberikan kesan tangguh untuk Mitsubishi Outlander Sport, ditambah pilar B berwana hitam dan seakan menyatu dengan kaca samping.

Mitsubishi Outlander Sport

Tak jauh berbeda dengan tampilan bokongnya, Mitsubishi Outlander Sport hadir dengan nuansa yang sporty. Desain lampu rem yang menyipit dan ditambah dengan spoiler belakang menjadikan mobil ini tampil gagah depan dan belakang.

Mitsubishi Outlander Sport
Nuansa gagah tidak berakhir di eksteriornya saja, namun interior Mitsubishi Outlander Sport juga memberikan nuansa yang tidak kalah jantan. Balutan warna hitam yang mendominasi interior menjadikan nuansa menjadi lebih sporty. Pada beberapa panel seperti pada setir dan dashboard diberikan aksen silver sebagai pemanis tanpa merusak kesan sporty.
Mitsubishi Outlander Sport
Mitsubishi Outlander Sport


Performance

Dengan tampilan eksterior yang demikian mengintimidasi, maka wajar jika penggunanya diberikan harapan tinggi terhadap performanya. Mitsubishi Outlander Sport disokong dengan mesin  4B11 yang berkapasitas 2.000 cc MIVEC DOHC dengan transmisi CVT INVECS III dan Sport Mode. Dengan begitu, mobil ini cukup menjawab ekspektasi kami.

Mitsubishi Outlander Sport

Melalui jalan yang lurus, kami menggunakan perseneling ke semi manual. Paddle shift kami posisikan untuk dimulai dengan gigi 1. Gas pun kami injak dalam-dalam dan seketika mobil langsung melesat buas. Perpindahan gigi dari 1 ke 2 dan seterusnya cukup halus. Mesin juga terasa responsif setiap kali kami menaikkan gigi.

Mitsubishi Outlander Sport

Kecepatan berhasil menembus 80 km/jam, terpaksa kami kurangi karena memang kondisi yang tidak memungkinkan. Namun pada kecepatan tersebut, kami merasakan handling cukup mantap di lintasan lurus. Dimensi yang kompak pun kami rasakan cukup membantu dalam menyalip kendaraan lainnya. Rasanya pas untuk kondisi jalan di perkotaan yang pastinya selalu padat akan kendaraan.

Mitsubishi Outlander Sport

Kini giliran melakukan test dengan kondisi full otomatis. Tuas persneling kami tempatkan ke posisi D danwhusss, mobil langsung melesat. Memang rasanya tidak sereponsif kala menggunakan semi manual dimana perpindahan gigi sesuai keinginan, namun tarikan mobil terasa cukup enteng.

Mitsubishi Outlander Sport


Comfort

Meski memiliki dimensi yang kompak, namun kami harus acungi jempol soal kenyamanan kabin khususnya pada jok pengemudi dan penumpang depan. Legroom yang kami rasakan rasanya cukup lega, ditambah tingkat ergonomis yang cukup. Tangan rasanya cukup mudah untuk menjangkau beberapa panel.

Mitsubishi Outlander Sport

Namun kenyamanan yang ada di baris depan tidak sepenuhnya kami dapatkan pada jok baris ke-2. Meski legroom terasa masih lapang, sandaran kursi yang terlalu tegak dan tidak dapat direbahkan menjadi nilai minus dari kami. Walau begitu, kami melihat adanya 3 unit seat belt. Jadi dapat dipastikan, meski diisi 3 penumpang, maka masing-masing masih cukup terjaga keselatamannya.

Mitsubishi Outlander Sport

Tak hanya itu, ketika arm rest pada jok baris ke-2 kami turunkan, ada pintu dari balik jok langsung ke bagasi. Sederhana memang, tapi ini cukup membantu bila penumpang ingin mengambil barang di bagasi, tidak perlu repot-repot untuk turun dari mobil. Praktis...


Fitur

Beragam fitur pun telah disematkan kepada Mitsubishi Outlander Sport. Dimulai dari lampu depan berjenis proyektor serta Auto Leveling untuk mengatur tinggi-rendahnya sorotan cahaya. Kemudian Keyless Operating System dikawinkan dengan One-touch Start System (OSS) untuk menghidupkan mobil hanya dengan tekan tombol start. Lalu urusan entertainment, Mitsubishi Outlander Sport dilengkapi head unit 2-din berlayar 7 inci dengan fitur USB, serta Bluetooth and Wireless Technology.

Mitsubishi Outlander Sport
Mitsubishi Outlander Sport

Namun yang paling kami sukai pada fitur Mitsubishi Outlander Sport ini adalah disematkannya Panoramic Roof yang membentang dari depan hingga kebelakang. Panoramic Roof ini bisa dibuka-tutup hanya dengan menekan satu tombol pada plafon di bagian depan.

Mitsubishi Outlander Sport

Selain itu, fitur keamanan juga menjadi faktor yang diperhatikan oleh Mitsubishi. Sebut saja 4 Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Braking-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Sementara untuk pelengkap keselamatan pasif dilengkapi dengan Dual Airbag. Dan untuk menghindari cedera kaki yang lebih parah, Mitsubishi membuat pedal rem mampu melipat bila bagian depan mobil mengalami tabrakan.


Price

Dengan tampilan yang demikian buas dan perfoma yang cukup mumpuni, SUV ini hadir dengan harga yang cukup bersaing. Untuk varian terendahnya, Mitsubishi Outlander Sport GLX dibanderol dengan harga Rp. 295 juta. Sementara varian tengah alias Mitsubishi Outlander Sport GLS dibanderol dengan harga Rp. 312 juta. Sedangkan varian tertinggi, Mitsubishi Outlander Sport PX dihargai Rp. 335 juta.

Mitsubishi Outlander Sport

Bersaing bukan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar