Sabtu, 03 Agustus 2013

Persiapan Mengemudi Malam



Bagi yang sudah memutuskan mudik dengan  mobil di malam hari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan di luar persiapan reguler. Berikut arahan dari Teddy Jusman, Kepala Bengkel SS Performance, Bandung.
1. Pastikan kaca bersih dari jamur, terutama depan dan belakang. Pengaruhnya cukup besar ketika hujan. Bila kena air, akan menghalangi pandangan. Apalagi, saat mendapat sorotan lampu dari arah berlawanan dan penerangan jalan.
Untuk menghilangkannya, bila dilakukan sendiri, beli obat anti jamur kaca atau pergi ke salon mobil.
2. Setelan sorotan lampu sesuai dengan standar pabrik. Penting dilakukan karena bisa mempengaruhi jarak sorotan. Lebih parah lagi kalau, menyilaukan pengguna jalan lain dari arah arah. Kalau bingung menyetel ulang karena sudah terlanjur dikutak-katik, bawa saja ke bengkel resmi.
3. Tidak dianjurkan memakai bohlam aksesoris (bukan rujukan pabrik). Apalagi menggunakan HID karena akan menimbulkan pantulan cahaya saat hujan atau berkabut. Fungsi lampu jadi berlawananan, bukannya menerangi tetapi menyilaukan.
Tak kalah penting, fisik pengemudi harus  fit dan sudah terbiasa terjaga di malam hari (sesuai jam biologis). Beristirahatlah setiap 4 jam sekali. Waspada pada jam rawan kantuk, 02.00 - 04.00. Bagi sebagian orang, sinar matahari pagi juga kerap membuat mata perih dan cenderung menyebabkan ngantuk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar