Minggu, 22 September 2013

All New Toyota Vios : Galak, Mewah, dan Irit

Speed Maker and Fuel Saver masih menjadi tagline dari All New Toyota Vios yang telah diluncurkan beberapa bulan lalu. Mobil ini diharapkan akan mampu menjawab tantangan dari kebutuhan para eksekutif muda yang berjiwa dinamis dan pastinya padat akan rutinitas.

All New Toyota Vios Review

Dengan target pasar yang demikian, maka adalah wajar jika Toyota melakukan perubahan yang signifikan pada eksteriornya dan membuatnya terlihat lebih mewah pada interiornya. Walau begitu, mesin yang digunakan mobil ini masih menggunakan mesin lama yang telah teruji kehandalannya.

All New Toyota Vios Review

Lantas, bagaimana sih karakter yang sebenarnya dari All New Toyota Vios ini? Berikut ulasannya.

Design

Saat melihat mobil ini, kesan pertama yang terlintas di benak kami adalah ‘Galak Abis’. Dua kata itu rasanya pantas untuk diberikan pada mobil ini mengingat desain ‘Keen Look’ yang diterapkan Toyota berhasil merubah total kesan feminim Toyota Vios generasi sebelumnya.

All New Toyota Vios Review

Trapezonal Grille yang dikawinkan dengan headlamp dengan desain baru berhasil menjadikan tampilan All New Toyota Vios lebih futuristik. Sementara bemper mobil kini tampil lebih sporty berkat desain baru yang menjadikan mobil ini tampil galak.

All New Toyota Vios Review

Tak hanya itu, Toyota juga memperhatikan aerodinamis mobil ini. Nuansa ini dihadirkan dengan garis yang melintang mulai dari lampu depan hingga lampu belakang. Sementara itu pada bokong, nuansa galak berubah menjadi desain yang lebih lembut. Kesan mewah hadir berkat bukaan bagasi yang berlapis krom dan desain lampu belakang yang berkesan lebih futuristik.

All New Toyota Vios Review

Genius. Satu kata tersebut mampu menggambarkan interior All New Vios . Bah, kok genius? Ya, sebab Toyota berhasil membawa nuansa interior menjadi lebih mewah dan lega berkat warna beidge yang mendominasi interior mobil ini.

All New Toyota Vios Review

Sepintas mata, dashboard dan doortrim berlapis kulit. Namun pada saat dashboard dan trim pintu diketok, ternyata berbahan plastik yang dibuat menyerupai kulit ditambah dengan aksen jahitan. Mewah tak harus mahal bukan?



All New Toyota Vios Review

Performance

Toyota tidak memberikan perubahan pada sektor mesin. Mesin 1.5 liter VVT-I berkode 1NZ-FE yang telah digunakan beberapa tahun oleh generasi Toyota Vios sebelumnya, masih diandalkan Toyota untuk All New Toyota Vios.

All New Toyota Vios Review

Saat kami mencoba ke kawasan Puncak, kebetulan kami mendapatkan All New Vios Tipe G dengan transmisi manual. Saat perseneling kami masukkan ke gigi 1, rasanya tidak ada yang istimewa. Namun saat masuk ke jalan bebas hambatan, mobil ini mulai kami uji ketangguhannya.

Ya, kami menekan pedal gas yang dalam dan akselerasi mobil terasa cukup responsif. Alhasil, mobil melesat dengan kecepatan 130 km/jam dengan waktu yang cukup singkat, suara mesin juga tidak terlalu terdengar di dalam kabin. Namun saat memasuki jalanan menanjak, mesin cukup terdengar kewalahan meski tetap bisa menaklukkan jalur Puncak.

All New Toyota Vios Review

Sementara saat pulang ke Jakarta, kami mendapatkan All New Toyota Vios Tipe G bertansmisi otomatis. Disini, jalur puncak yang padat menjadi ajang kami untuk menjajal kenyamanan transmisi otomatis dalam kondisi stop and go. Hasilnya? Sama dengan yang manual, mobil terasa responsif diikuti perpindahan gigi yang terasa halus.

Pada saat memasuki jalan bebas hambatan, kami pun langsung meng-kick down. Mesin sesaat langsung menderu keras, namun hanya sesaat. Sekitar 2 detik kemudian mesin mobil sudah terdengar normal meski kecepatan telah menyentuh angka 150 km/jam.

All New Toyota Vios Review

Meski dalam kecepatan tinggi, baik transmisi manual maupun otomatis, All New Toyota Vios masih terasa nyaman. Mobil terasa masih stabil dengan bantingan mobil yang terbilang masih empuk walau sudah diisi dengan kapasitas maksimal.

Comfort

Soal kenyamanan, mungkin harus dibahas agak panjang. Sebab kami merasakan di semua posisi duduk baik depan, belakang, dan posisi mengemudi. Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan kenyamanan antara transmisi manual dan maupun matik.

All New Toyota Vios Review

Pada saat mencoba duduk di jok belakang, rasanya cukup nyaman. Legroom terasa cukup luas ditambah dengan hadirnya arm rest yang memberikan nilai lebih terhadap kenyamanan dalam berkendara sebagai penumpang.

Namun kenyamanan tersebut rupanya tidak sepenuhnya didapat di kursi penumpang depan yang legroom-nya justru lebih sempit. Meski kaki masih bisa agak selonjoran, namun laci dashboard tidak bisa terbuka lebar karena ‘mentok’ dengan kaki. Demikian juga posisi pengemudi, legroom agak sempit meski masih dalam toleransi. Untungnya posisi jok bisa disesuaikan dengan mudah.

All New Toyota Vios Review

Walau begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa jok mobil terasa empuk. Selain itu kompartemen yang disediakan oleh mobil ini juga terbilang banyak, jadi tidak perlu bingung untuk meletakkan gelas maupun majalah.
Tak hanya itu, Toyota juga memberikan bagasi yang kapasitasnya terbilang cukup besar. Sehingga bila berpergian jarak jauh, All New Toyota Vios pun masih bisa menampung banyak barang.


Fitur

Mungkin hanya sedikit keistimewaan dalam hal performance, namun fitur untuk memanjakan telinga dan informasi rasanya cukup memenuhi tantangan yang diberikan oleh para eksekutif muda. Toyota menyematkan head unit yang hanya disematkan pada All New Toyota Vios di Indonesia.

All New Toyota Vios Review

Head unit 2-din ini tentu tidak hanya dapat memperdengarkan siaran radio ataupun memutar CD, MP3 dan DVD, namun juga telah disusupi dengan teknologi android. Sehingga head unit ini pun bisa mengakses internet via wi-fi ataupun modem.

Fitur lainnya yang disematkan oleh Toyota adalah adanya aplikasi M-Toyota di head unit ini. Dengan aplikasi ini, maka pemilik bisa mendapatkan informasi mengenai Toyota mulai dari dealer terdekat hingga panduan dalam kondisi darurat.

All New Toyota Vios Review

Uniknya, head unit touch screen ini memiliki perbedaan perintah untuk setiap cara menyentuh maupun jumlah jari yang digunakan. Contohnya untuk mencari frekuensi radio, kita harus menggeser ke layar dengan satu jari ke kanan-kiri. Sementara untuk untuk membesarkan atau mengecilkan colume menggunakan 2 jari ke kanan-kiri.

Price

Dengan segala kemewahan, fitur dan performance yang diberikan,  PT. Toyota Astra Motor membanderol dengan harga Rp. 234,8 juta untuk All New Toyota Vios 1.5 G bertransmisi manual. Sementara untuk All New Toyota Vios 1.5 G bertransmisi otomatis dibanderol dengan harga Rp. 247,6 juta.

All New Toyota Vios Review

Dengan harga tersebut, rasanya pantas bila Toyota yakin bahwa pembelinya adalah kalangan terbatas seperti manager ataupun pengusaha muda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar