Minggu, 22 September 2013

Beda Rupa Sama Rasa - Review Ford Fiesta Sedan 1.6L S

Setelah sukses dengan versi hatchback, PT Ford Motor Indonesia (FMI) di awal Maret 2012 lalu memperkenalkan All New Ford Fiesta Sedan. Tapi berbeda dengan saat kehadiran Ford Fiesta hacthback, peluncuran versi sedannya tidak dilakukan secara besar-besaran.


Ada dua varian Ford Fiesta sedan yang disediakan FMI untuk pasar domestik, yakni 1.4L Fiesta Trend transmisi manual dan 1.6L Fiesta Sport dengan transmisi otomatis PowerShift. Beruntung BosMobil diberkan kesempatan untuk menjajal Ford Fiesta sedan varian teratas, yang tak lain bermesin 1.596cc Duratec, 4 Cylinder DOHC 16 Valve TiVCT.


Lalu apa dan bagiamana perbedaan All New Ford Fiesta hatchback dan All New Ford Fiesta sedan? Simak ulasan singkatnya berikut ini :

Desain


Bila dilihat dari depan, desain kinetik eksterior Ford Fiesta sedan tak ubahnya Fiesta tipe hatchback. Bentuk headlamp yang futuristik dipadu tarikan garis desain keseluruhan body yang seksi serta chrome belt liner Ford Fiesta sedan akan bisa dijumpai pula pada varian hatchback-nya.



Perbedaan cuma ada ditampilan belakang dimana jika tipe hatchback hadir tanpa "buntut" maka tidak dengan varian sedannya. Selain itu bentuk rear lamp pada tipe hatchback juga berbeda dibanding Ford Fiesta sedan. Menurut kami lebih futuristik tampilan Ford Fiesta hatchback dibanding yang sedan.



Masuk ke interior, lagi-lagi Anda yang pernah duduk di kabin Ford Fiesta hatchback atau bahkan memiliki mobil tersebut maka akan melihat interior Fiesta sedan bak pinang dibelah dua, alias semuanya sama. Desain jok, dashboard, panel-panel instrumen, hingga tema warna kabin serupa Fiesta hatchback. Cenderung membosankan memang karena tak ada sesuatu hal yang menjadi pembeda antara Fiesta hatchback dan sedan.


Performance

Desain yang begitu identik dengan Fiesta hatchback membuat kami penasaran, apakah kemampuan versi sedan ini masih sebaik Fiesta hatchback atau malah lebih buruk? Segera saja kunci kontak diputar dan mesin bersistem Electronic Multipoint Fuel Injection menyala. Dalam keadaan idle, sensasinya masih serupa Fiesta hatchback.

Start dari markas besar BosMobil.com di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, langsung saja pedal gas diinjak perlahan, Ford Fiesta sedan meluncur halus. Kondisi lalu lintas yang cukup padat sore itu membuat kami harus sedikit lincah melakukan manuver mobil agar tak terjebak kemacetan yang parah. Disini kami merasakan handling Fiesta sedan yang masih serupa hatchback-nya.

Masuk ke jalan bebas hambatan, kami pun coba merasakan sedikit sensasi tenaga mesin Duratec 1.6L bertransmisi Aurtomatic-6 Speed milik Fiesta sedan tipe Sport ini. Pedal gas pun diinjak lebih dalam, sayang kami merasakan tenaga yang tidak tersalur instan. Seperti ada delay antara saat menginjak pedal gas penuh dengan tenaga yang tersalur menuju keempat rodanya yang menggunakan velg 16" yang dibalut si kulit bundar berukuran 195/50 R16. Apalagi absennya paddle shift dan fitur triptonic membuat transmisi Fiesta sedan tidak bisa digeser-geser sesuai kebutuhan putaran mesin.



FMI mengklaim keluaran tenaga Fiesta sedan mencapai 120 PS @ 6000 rpm dengan torsi puncak 152 kgm @ 4.050 rpm. Ketika ada kesempatan untuk memacunya lebih kencang, speedometer Fiesta sedan yang kami jajal hanya bisa menyentuh anngka 180 km/jam, keadaan itupun kami bisa capai dengan kondisi trek yang sangat panjang. Tapi tentunya kami sesegera mungkin menurunkan kecepatan karena alasan keselamatan kami dan pengendara lain.



Pada posisi kecepatan tinggi, handling juga terasa sedikit lebih berat dibanding versi hatchback-nya. Pun demikian ketika mobil diajak meliuk di jalan-jalan perkotaan yang punya karakter tikungan tajam menanjak serta menurun. Mungkin ini faktor bertambahnya dimensi bodi. Tapi jujur saja kami lebih suka kemampuan dan manuver Ford Fiesta hatchback.


 
Comfort
Seperti yang sudah diluas sebelumnya, desain kabin Fiesta sedan yang serupa Fiesta hatchback membuat sisi kenyamanan keduanya 11-12 alias tidak jauh berbeda. Saat ada di posisi pengemudi, sensasinya juga masih sama dengan Fiesta hatchback. Visibilitas juga masih setali tiga uang dengan Fiesta hatchback. Tidak ada blind spot yang berlebihan ketika ada di posisi pengemudi. Ruang kaki juga sama leganya saat menjajal sebagai penumpang kursi depan.



Tapi kenyamanan sedikit terpangkas kala ada diposisi sebagai penumpang jok belakang. Jika pengemudi atau penumpang depan memundurkan habis joknya maka legroom terpapas. Hampir tidak ada ruang gerak yang memadai untuk penumpang jok belakang jika kedua bangku depan dimundurkan penuh. Tapi bila situasinya normal, maka masih cukup nyaman sekalipun menempuh perjalanan jauh



Nilai minus yang ada pada Ford Fiesta hatchback mengenai pengaturan tinggi rendah sandaran jok depan yang terlalu jauh ke belakang posisinya juga masih terjadi pada Fiesta sedan. Ketiadaan memory seat membuat pengaturan posisi duduk ini cukup merepotkan jika mobil bergonta ganti sopir.



Sementara bicara kenyamanan saat mobil melibas guncangan, Ford Fiesta sedan yang masih dibekali suspensi jenis Independent McPherson Strut dan Semi Independent Twist beam with Coil Spring membuatnya lagi-lagi masih serupa Fiesta hatchback.

Fitur
Ford Fiesta sedan 1.6L Sport hadir dengan paket konektivitas dengan teknologi perintah suara (Voice Command) yang dipasangkan dengan Bluetooth. Fitur ini memungkinkan untuk mendapatkan kendali tanpa menggunakan tangan hingga lebih dari 6 fungsi, termasuk telepon, Radio, CD, USB, dan iPod.



Selain itu ada juga fitur Electronic Automatic Temperature Control dan Climate Control Voice Command, Electronic Stability Program (ESP), Anti-lock Brakes (ABS) serta Electronic Brake Distribution (EBD). Adanya fitur-fitur ini menjadikan Ford Fiesta sedan 1.6L Sport terlengkap dikelasnya.


 
Price
Dibanderol Rp.244,3 juta on thew road Jakarta, All New Ford Fiesta sedan 1.6L Sport jelas memiliki keunggulan pada fitur-fitur yang tersemat di dalamnya dibandingkan dengan Toyota Vios, Honda City, maupuan Mazda2 sedan. Meskipun apa yang ada di Ford Fiesta sedan bisa Anda temui pada Ford Fiesta hatchback. Pilihan tetap ada di tangan Anda, mau hatchback atau sedan?

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar