Minggu, 22 September 2013

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Mobil jenis sedan memang seharusnya dibuat dengan kemewahan disemua lini. Tapi buat Nissan, New Teana menawarkan hal yang tidak sekedar kesan elegan namun lebih dari itu.

Nissan Teana memang boleh jadi tak setenar Toyota Camry atau Honda Accord, tetapi sangat salah jika lantas menomorduakan Nissan Teana. Nissan yang pandai membuat mobil-mobil dengan nilai lebih sudah sepantasnya membuat Anda bertanya-tanya apa yang "lebih" dari Teana.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

"Try ... then you will love it". Kira-kira itulah sedikit kesimpulan dari hasil review terhadap Nissan New Teana. Kenyamanannya membuat kami betah duduk sebagai penumpang dan tak mengelak kala harus berlama-lama ada dibalik lingkar kemudi.

Design

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Nissan Teana pertama kali diperkenalkan di Jepang pada akhir 2003, baru di 2008 muncul generasi keduanya. Di Indonesia sendiri PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memperkenalkan New Teana pada Juni 2012 setelah lebih dari 2 tahun Nissan Teana tidak mengalami perubahan pasca kemunculan perdananya di Tanah Air.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Perbedaan dengan generasi sebelumnya, cukup banyak. Meski cuma bertitel facelift alias minor change, tapi ada sederet elemen rombakan tampilan yang dianut pada Nissan New Teana. Paling tegas ada di sisi eksterior. Perhatikan detil sedan dengan panjang 4.850 mm, lebar 1.795 mm, dan punya tinggi 1.485 mm ini.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Bagian front facia misalnya, ada gril beraksen krom yang baru, new front bumper dengan tema elegan yang berpadu rumah foglamp dengan desain yang juga anyar dan new headlamp menggunakan teknologi bi-xenon dengan projector lens serta diperkuat sistem Adaptive Front Lighting. Dibagian sisi dan belakang ada new alloy wheel multy five spoke, serta rearlamp menggunakan LED yang memberikan kesan mewah.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Elegan, ya itu juga kesan yang didapat ketika masuk ke bagian interior. Refreshment desain kabin Nissan New Teana membuat sedan Negeri Sakura itu terlihat makin elegan. Seluruh jok dilapis kulit lembut berwarna beige, kelir ini senada dengan doortrim, dashboard, dan juga pelapis atap. Sementara itu pada beberapa bagian dashboard, center console, dan arm rest diberi aksen wood panel.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Penempatan dan desain head unit audio system dan control AC, masih serupa Teana terdahulu. Namun pada bagian panel instrument, New Teana menggunakan meter cluster baru yang mampu menciptakan cahaya warna putih terang dari panel instrumen. Selain itu panel instrument juga sudah dilengkapi Multi-Information Display (MID) yang di dalamnya menampilkan informasi konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan, lampu peringatan pintu kendaran terbuka, dan suhu udara di luar kendaraan.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana


Performance

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana
Comfort Plus-Plus - Nissan New TeanaKarena Nissan New Teana merupakan versi minor change, maka jantung tenaga yang tersimpan dibalik bonet tetap mengandalkan mesin VQ25DE 2.5-liter V6 DOHC CVTC. Dengan demikian di atas kertas keluaran tenaganya tetap ada dikisaran 182 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 228 Nm pada 4.400 rpm.
Tapi seperti yang awal-awal kami ceritakan, ada banyak poin lebih yang selalu Nissan tawarkan dibanding kompetitornya. Menggunakan tombol start stop engine, untuk bisa menyalahkan mesin, paastikan posisi tuas transmisi ada di "P", pedal rem diinjak, dan tekan serta tahan tombol start-stop engine hingga lampu iluminasinya menyala. Jika ada yang tidak pada ketentuannya, maka indikator dimeter cluster akan memberi peringatan.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Teknologi Xtronic CVT yang juga diterapkan pada Nissan X-Trail generasi-generasi terbaru membuat perpindahan antar gigi berjalan sangat mulus. Hampir tidak ada hentakan ketika mobil dengan ground clearance 145 mm ini melaju diatas aspal. Smooth...!

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Tapi halus bukan berarti tak bertenaga bos..., sebab meski posisi tuas transmisi tetap ada di "D", ketika pedal gas diinjak lebih dalam, maka Nissan New Teana mengeluarkan tenaga mesin 6 silinder yang dimilikinya. Menyentuh kecepatan 120 km/jam di jalan bebas hambatan dengan kondisi traffic yang lengang tidak butuh waktu lama. Menariknya, meski jarum speedometer sudah nempel dikecepatan setinggi itu, kenyamanan dalam kabin tidak berubah, si pengemudi tetap fun and rilex dalam mengendarai, sementara penumpang depan dan belakang yang ikut saat proses pengetesan tertidur pulas.


Comfort

Selain elegan, nilai lebih yang ditawarkan Nissan pada New Teana yakni kenyamanannya. Dengan suspensi model Independent McPherson Strut with Coil Springs with Stabilizer Bar di depan dan Multi-link Independent with Coil Springs with Stabilizer Bar di bekalang benar-benar membuat bantingan Nissan New Tenaa begitu lembut. Melewati jalan bergelombang pada kecepatan tinggi pun tidak ada gejala bumpy.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Jok berlapis kulit yang lembut pun menambah kenyamanan semua penumpang didalamnya. Apalagi Nissan New Teana punya legroom yang luar biasa lebar. Dengan jarak sumbu roda 2.775 mm mampu menciptakan ruang kabin Nissan new Teana yang lapang. "Ini sih kaki bisa selonjoran gak takut pegal," ucap seorang rekan yang ikut saat sesi foto Nissan New Teana.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Khusus bagi pengemudi, visibilitas ke depan, belakang, samping kiri dan kanan juga sangat baik. Kaca dengan desain lebar tanpa ada pilar-pilar yang didesain mengganggu visual, membuat pengendaraan jadi lebih mudah. Stir yang ikut dibungkus kulit serta penempatan tombol-tombol instrument dan control audio serta AC yang mudah dijangkau sopir juga jadi nilai lebih tersendiri. Mau jadi pengemudi atau cukup santai di bangku penumpang, sama nyamannya.


Fitur

Disegmennya Nissan New Teana dijepit banyak pemain besar Jepang seperti Toyota All New Camry, Honda Accord, maupun Mazda6. Lagi-lagi, dari segi fitur bukan berarti New Teana boleh dipandang sebelah mata.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana
Nissan New Teana punya fitur 8-way seat adjuster yang dioperasikan secara elektronis untuk jok pengemudi dan 4-way adjuster untuk kursi penumpang depan. Ada juga AC dual zone, Power Steering with Twin Orifice Vehicle Sensing (TOPS), Audio and Cruise Control Steering Switch, audio system 6 CD in dash with MP3 player and AUX-IN untuk kenyamanan semua penumpang di dalamnya.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Sementara headlamp Bi-Xenon with Adaptive Front Light, sunroof, sensor parking, immobilizer, bisa membantu kenyamanan si pengemudi. Dan ABS, EBD, BA, cruise control, bisa menjadi fitur yang mampu melindungi semua penumpang dan pengemudi Nissan New Teana.



Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Price

Rp.496,45 juta on the road Jakarta merupakan harga yang ditawarkan NMI untuk Nissan New Teana. Harga ini sedikit diatas Toyota All New Camry 2.5 G, Honda Accord 2.4-liter VTi-L, bahkan Mazda6. Namun kenyamanan yang ditawarkan Nissan New Teana sanggup menggoda Anda.

Comfort Plus-Plus - Nissan New Teana

Seperti yang kami sebut sebelumnya, "Cobalah dan Anda bisa jatuh cinta!"

RATING

7

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar