Minggu, 22 September 2013

FJ Cruiser Si Mobil Bandit Modern Yang Sarat Nilai Klasik

Pada tahun 1960an, Toyota memperkenalkan sebuah line up SUV 4WD di Indonesia. Mobil yang diberi nama FJ40 tersebut pun menjelma menjadi salah satu mobil yang paling tangguh di kelasnya. Dengan julukan ‘mobil bandit’ FJ40 berhasil menaklukkan berbagai medan jalan khususnya di Indonesia.

Dengan kesuksesan tersebut, maka tidak heran jika Toyota Astra Motor, APM Toyota di Indonesia meluncurkan generasi terbaru dari keluarga FJ yaitu FJ Cruiser pada IIMS 2012 lalu. Tujuannya tentu saja adalah untuk mengulangi kesuksesan seperti yang sudah diraih kakaknya.

Dan beruntung, BosMobil berhasil meraih kesempatan untuk merasakan ketangguhan mobil yang biasa ditemukan didaerah pegunungan ini. Bagaimanakah perfomanya? Simak ulasan berikutnya.

Desain



Sosok FJ Cruiser memang masih sebelas-duabelas dengan FJ40. Nuansa klasik FJ40 membaur harmonis dengan ubahan dinamis yang dilakukan oleh Toyota. Hasilnya adalah sebuah mobil bandit dengan nuansa modern namun kental dengan aura klasiknya.



Kesan klasik khususnya terlihat dengan dipertahankannya headlamp dan tulisan Toyota pada grill depan mobil. Namun lampu sen dengan desain yang unik dan ditempelkan dengan headlamp menjadikan berkesan dinamis dan modern.



Kesan mobil off road pegunungan pun bisa dirasakan dengan hadirnya grillnya yang cukup besar. Namun Toyota tidak membuat grill ini hanya polosan. Foglamp yang disematkan pada grill diberikan bingkai abu-abu yang cukup memberikan aura dinamis.



Tidak banyak yang bisa di eksplorasi tampilan samping mobil ini. namun, pintu suicide FJ Cruiser layak untuk diperbincangkan. Ya, mobil ini bukanlah mobil 3 pintu (samping kanan kiri dan bagasi), melainkan 5 pintu dengan model suiside yang memberikan kesan lapang saat memasuki mobil ini.



Ban cadangan pun juga dipertahankan Toyota dilietakkan di bagian belakang mobil. Hasilnya pada sisi belakang menjadi terlihat jantan. Namun Toyota tidak membiarkan ban cadangan tampil polos, karena ban cadangan tersebut telah sedikit diberi sentuhan dop untuk menutupi velg mobil.



Masuk ke dalam kabin, warna hitam menjadi dominasi FJ Cruiser. Ya, warna hitam memang yang membungkus bagian dalam baik dari jok hingga ke lingkar kemudi. Namun kesan angker karena warta tersebut runtuh dengan warna kuning yang hadir sebagai pembingkai head unit.

Perfomance



Dengan sejarah yang panjang, rasanya pantas bila kami berharap banyak pada FJ Cruiser mampu berbicara banyak khususnya di medan-medan berat. Dengan mesin V6 berkapasitas 3.956 cc DOHC VVTi, FJ Cruiser rasanya pas untuk menghadapi beragam medan yang tidak dapat dilalui oleh mobil biasa.

Saat mengambil posisi mengemudi yang kami pertama kali adalah mencoba menjangkau keseluruhan fitur. Mobil ini memang cukup ergonomis. Tangan terasa cukup mudah untuk mencapai beberapa fitur yang dibutuhkan secara umum seperti tape atau pun tuas persneling.



Sekarang giliran mencobanya. Tuas perseneling dimasukkan ke posisi D dan gas mulai ditekan. Terasa suara mesin mederu dan mobil mulai berjalan. Rasanya roda kemudi agak sedikit berat dan respon mesin pun tidak menyentak.

Kecepatan mobil bertambah sedikit demi sedikit. Namun perpindahan gigi memang terasa cukup menghentak.

Suspensi juga terasa cukup keras. Namun wajar rasanya karena ini adalah mobil yang diperuntukkan untuk melintas daerah terjal. Beberapa kondisi jalan tidak rata pun kami coba libas dan ternyata mobil masih cukup terasa mudah dikendalikan.

Comfort



Mobil off road memang tidak dapat disamakan dengan mobil keluarga pada umumnya. Ya, beberapa kenyamanan seperti jok yang empuk atau head unit dengan DVD player menang tidak dapat ditemukan disini.



Namun kenyamanan lain bisa didapatkan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan legroom di baris pertama yang cukup luas. Hal ini tentu menjadi penting bila berpergian jarak jauh dan harus istirahat di tengah perjalanan.



Tak hanya itu, yang namanya melintasi medan berbahaya tentu membutuhkan beraga perbekalan yang cukup banyak. Toyota rupanya menyadari hal tersebut dengan memberikan sebuah bagasi yang ekstra luas sehingga semua perlengkapan bisa di bawa.


Fitur



Yang pertama kali kami lihat disini adalah adanya kompas di dashboard dan bukan alat navigasi atau GPS layaknya kendaraan lain. FJ Cruiser memang bukanlah kendaraan yang biasa digunakan didaerah perkotaan yang bisa dijangkau dengan sinyal GPS. Kompas mungkin sederhana, namun fitur ini justru yang lebih diperlukan saat kita melintasi hutan atau medan berat lainnya.

Namun ada 1 fitur yang paling membuat kami tertarik, yaitu bahwa atap mobil ini bisa dilepas. Ya, menemukan bahwa mobil ini bisa dilepas mengingatkan kami akan kendaraan yang biasa digunakan untuk berburu di hutan. Rasanya memang sangat sesuai jika FJ Cruiser memiliki fitur ini.



Sementara untuk sarana hiburan, Toyota telah menyematkan perangkat audio yang dapat terintegrasi dengan Bluetooth, Aux-in dan USB. Suara pun langsung disalurkan melalui 6 buah loudspeaker yang telah ditanam dibeberapa sudut.

Price

Mobil bandit yang klasik namun berjiwa modern ini cukup sulit didapatkan. Pasalnya untuk mendapatkannya, konsumen haruslah menunggu sekitar 3 bulan. Mobil ini memang tidak disediakan secara ready stock oleh PT. TAM dan hanya ada sesuai dengan order yang ada.

Untuk mendapatkannya, anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 900 jutaan off the road. Berminat ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar