Minggu, 22 September 2013

Ford Fiesta S 1.6L AT - More Sensation Fell The Different

Melihat hatchback dari Jepang mungkin sudah terlalu biasa, namun bagaimana tanggapan Anda ketika melihat si smart Fiesta keluaran Ford ini? Meski dibuat berbarengan dengan Mazda melalui produk hatchbacknya, Mazda2. Namun mobil racikan design dari negeri ‘paman sam’ ini memang jauh berbeda dari hatchback lainnya bukan …



Mulai dari bentuk tampilan luar, interior, dapur pacu fitur dan teknologinya pun tak kalah modern dengan hatchback lain dikelasnya, bahkan salah satu fitur smartnya yang biasanya ditemui di mobil-mobil papan atas dan turut disematkan oleh Ford di Fiesta adalah fitur Voice Command.

Nah, bila sudah mulai penasaran baiknya kita bedah aja bersama-sama untuk mereview sedikit lebih dalam si hatchback yang tengah menjadi banyak perbincangan di kalangan pecinta otomotif ini …

Look The Out Side !!

Sporty dan Trendi, mungkin kata itu yang dapat mewakili keseluruhan dari tampilan luarnya ketika pertama kali melihat si sporty Ford Fiesta 1.6L bertransmisi otomatis 6 percepatan yang dipinjamkan oleh PT Ford Motor Indonesia (FMI) kepada BosMobil.com beberapa waktu lalu. Karakteristik aerodinamis sangat terpancar di bagin depan, belum lagi dengan adanya foglam dan juga model gril berlapis krom yang digunakan juga sebagai pembeda dari varian 1.4L nya.



Lekukan-lekukan bodi yang terlihat dinamis nampak jelas dengan adanya garis-garis atraktif disepanjang tubuh Fiesta. Hal ini sangat menonjolkan ciri dari “Kinetik Design” yang selalu diusung oleh pabrikan asal Amerika ini, sehingga membuat tampilannya seakan bergerak walau pada kenyataanya berada pada posisi statis. Oleh karena itu tak salah rasanya bila hatchback ini pun dinilai memiliki tampang yang agresif nan atraktif.



Masih seputar eksteriornya, bagian menarik lainya yang dimiliki oleh Fiesta adalah model spionya. Tak hanya memiliki lampu kedip layaknya sein namun spion ini rupanya berkerja secara electric. Jadi bila saat kendaraan dimatikan dan dalam posisi terkunci otomatis spion ini akan melipat, begitu juga sebaliknya saat kendaraan dibuka, jadi tak was-was bila saat parkir di tempat yang sedikit pas-pasan bukan.

Selain itu, untuk kaki-kakinya Ford menempatkan pelek berdimensi 16” pada Fiesta 1.6L S ini untuk mendukung tampilan juga sebagai pembeda dari versi Fiesta lainnya dan dikolaborasi dengan suspensi Independent McPherson Strut pada bagian depan, juga suspensi Semi Independent Twist Beam with Coil Spring di bagian belakangnya yang menjamin kenyamanan dalam berkendara. Tak lupa juga sistem pengisian bakar Easy Fuel yang cukup unik karena tidak menggunakan tutup lagi, tinggal pencet lalu terbuka dan siap diisi.




Masuk kesisi bagian belakangnya, Fiesta juga dilengkapi beberapa titik sensor parking untuk memudahkan pengendara yang terletak di bagian bumper belakang, dan hal ini telah menjadi salah satu fitur standar yang ada pada setiap jajaran Fiesta.  Sedangkan design lampu high mount stop lamp yang menempel di posisi lekukan hatchback menjadi salah satu ciri dari Fiesat 1.6L sehingga akan mudah untuk dikenali, begitu juga dengan model hatchback yang melengkung namun begitu dinamis hingga membuatnya terlihat berbeda dengan model hatchback lainnya

Perlu diketahui, material bodi yang digunakan Ford pada Fiesta 55% lebih menggunakan bahan baja Baron. Konon material ini banyak digunakan untuk keperluan industri karena selain kuat material ini juga terkenal lebih ringan, maka tak salah bila unsur sefty dan keefesienannya jauh lebih mendominasi.

Take A Look Inside



Puas dengan pembahasan ringan eksterior, sekarang kita jelajahi bagian kabinnya. Begitu masuk bagian dalamnya, pandangan mata akan tertuju dengan design dashboardnya yang unik dengan segala perlengkapan instrument panel tepat berada di konsul tengah. Hampir segala fitur modern ada pada si Fiesta ini, mulai dari Electronic Stability Control, airbag di sisi penumpang, fitur Bluetooth, AUX-in, MP3, USB dan Voice Control yang sempat tadi kita singgung di bagian awal. Adanya fitur cerdas Voice Command yang berfungsi untuk mengatur radio, telepon dan air-conditioning menjadi suatu kelebihan sekaligus kemewahan dari Fiesta, Kanapa…? karena fitur sperti ini pada umunya hanya akan ditemui di mobil-mobil premium kelas atas saja. Jadi, meski strata Fiesta ada di segment hatchback namun bicara soal kemewahanya, mobil keluaran Ford ini sudah sedikit penuh memilikinya bukan, terlebih dengan adanya teknologi Multi Function Display atau MFD yang berada tepat ditengah dashboard untuk memantau aktifitas seperti ketika pintu terbuka, bonnet dan juga bootnya.




Lingkar stier kemudi begitu terlihat modis dengan adanya tombol pengatur Audio yang menandakan bahwa mobil itu juga memberikan efek ergonomis bagi pengendaranya. Untuk pengatur AC tepat berada di bawah konsul tengah yang juga mudah terjangkau siapapun. Namun ada hal yang harus diperhatikan, dan mungkin hal ini bisa menjadi plus minus bagi kendaraan ini. Fiesta mengusung style Eropa untuk sistem kontrolnya, salah satunya ditunjukan dengan tuas lampu sein yang berada di sebelah kiri sedangkan sebelah kanannya untuk mengatur wiper, dan untuk headlamp juga foglamp berada di sebelah kanan berdekatan dengan kunci kontak, jadi pengendara yang awam perlu sedikit mempelajari dan beradaptasi sebelum ‘start n go’




Ruang kabin terbilang cukup leluasa untuk ukuran tubuh orang Asia, posisi jok depan dan pengemudi dinilai cukup lapang sehingga tak membuat bagian kaki merasa sesak, hanya saja untuk menemukan posisi duduknya, pengemudi harus rela mengerjakanya secara manual melalui panel putar yang ada disebelah jok. Fitur asik lainya adalah adanya laci geser di bagian bawah jok yang bisa dijadikan tempat penyimpanan tas maupun sepatu. Visualisasi di dalam cukup baik dengan ruang kabin yang luas dan bagian terpampang lebar shingga memberikan efek kejelasan untuk memandang saat berkendara.



Under the Hood & Behind Baggage.
Menyandang status sebagai strata tertinggi di jajaran line-upnya, maka tak salah bila Fiesta Sport 1.6L AT ini dipersenjatai dengan teknologi mesin Duratec 4 silinder DOHC 16V-TiVTC yang memiliki kapasitas murni sebesar 1,596cc. Mesin ini menyalurkan tenaga keruang pengerak yang menggunakan transmisi otomatis PowerShift enam percepatan dan diklaim dapat menghempaskan tanaga kuda sebesar 120 hp pada 6.000 Rpm dengan torsinya mencapai 152 di Rpm 4,050. Adanya mesin dengan teknologi  Twin Independent Variable Camshaft Timing (Ti-VCT) memberikan efek efesienfi bahan bakar tanpa mempengaruhi tenaga buasnya. Bagi Anda yang mencintai mobil irit namun murah dalam versi hatchback rasanya Fiesta pantas menjadi salah satu pilihan Anda.



Kecendrungan hatchback memang memiliki bodi yang mungil bahkan terkadang ruang bagasi pun terasa pas-pasan. Tetapi Ford Fiesta bisa menepisnya dengan menunjukan kelapangan bagasi belakang yang setidaknya dapat menyimpan beberapa keperluan ketika anda melakukan perjalanan jauh atau pun kita sedang berbelanja tanpa terhalang perangkat roda cadangan yang memang memiliki tempat tersendiri.




Overall, Ford memang telah menyuguhkan Fiesta lengkap dengan segala fitur-fitur terkini yang memiliki peranan penting. Walaupun segment yang terlihat dari designya ditunjukan bagi kalangan muda-mudi, namun tak menutup kemungkinan juga bila digunakan oleh keluarga muda. So, memilih Fiesta sebagai tunggangan Anda rasanya cukup menarik juga bukan …

Price



Mengenai kisaran harga yang di tawarkan oleh Ford dirasakan cukup kompetitif untuk mobil yang memiliki fitur smart dan modern juga performa yang cukup sempurna. Fiesta hadir dalam 4 pilihan tipe dengan harga yang bervariasi, untuk Ford Fiesta Style 1.4L MT dibandrol Rp.168 juta, Fiesta Trend 1.4L MT Rp. Rp 178 juta , Fiesta Trend 1.4L AT Rp. Rp 188 juta sedangkan untuk level yang tertinggi adalah Fiesta Sport 1.6L AT yang dibandrol dengan harga Rp. Rp 216 Juta on the road Jakarta.
Teks/foto : *stanly

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar