Minggu, 22 September 2013

Jadi Pusat Perhatian ! - Peugeot RCZ

- "Wuih... Mobil sport!", "Mobil apa tuh?", "Gila... Keren mobilnya!". Itulah kira-kira beberapa ungkapan yang terlontar dari masyarakat sekitar tatkala kami tengah melakukan uji jalan Peugeot RCZ.



Desain yang sangat eyecatching memang membuat mobil ini jadi pusat perhatian di mana saja, kapan saja, bahkan ketika kami parkir di pinggir jalan ada seseorang yang sengaja mendekati untuk sekedar menanyakan mobil apa ini. Dan bagi kami, cuma dua kata untuk mewakili Peugeot RCZ: Sexy and Sporty!



Seperti apakah keseksian dan aura sporty dari coupe 4-seater tersebut? Berikut review singkatnya

Desain



Biar jadi pusat perhatian maka Anda harus tampil beda. Ini pula yang jadi karakter Peugeot RCZ. Secara keseluruhan desain eksterior dari sportcar Perancis itu benar-benar mampu membuat siapa saja menoleh dan menoleh lagi.




Peugeot RCZ punya desain yang gahar dibagian depan. Front grill berkelir hitam yang lebar khas mobil-mobil keluaran Peugeot membuat tampialn muka RCZ bak moncong singa yang tengah mengaum. Bentuk headlamp yang menyipit berpadu desain bumper depan serta foglamp berdesain futuristik ikut mendongkrak tampilan front facia.



Kesan sexy ditonjolkan dari lekuk-lekuk tubuh RCZ yang serba menggembung. Mulai dari kap mesin, pilar A, lanjut ke bagian sisi pintu hingga kaca belakang dan buritan. Konsep double bubble Peugeot RCZ memang begitu kental. Inilah yang menjadi salah satu ciri khas RCZ sehingga setiap lekuk tubuhnya begitu dikagumi semua orang. Apalagi velg 18 inci berdesain multi spoke dengan kelir hitam dof turut menjadi atribut yang "tidak biasa" untuk menggoda mata autolovers.



Masuk ke dalam kabin kesan sexy pudar, gantinya semua ornamen dan panel-panel interior dihadirkan dengan tema sport tapi tetap mewah. Contohnya saja jok semi bucked berlapis dengan bahan kulit berkelir hitam, setir yang dibalut dengan kulit serta bentuknya tidak sepenuhnya bulat, hingga desain dashboard dan center console dengan tombol-tombol yang simple.



Khusus di dahsboard, bagian ini disematkan panel instrumen untuk speedometer, RPM, petunjuk suhu mesin, kapasitas BBM di tangki, audio system, panel-panel AC, hingga jam yang sengaja didesain klasik.

Perfomance

















Dibalik desain eksteriornya yang sexy Peugeot RCZ bukanlah mobil sport bermesin 8 atau 12 silinder. Pabrikan Eropa itu hanya menggunakan mesin 1.6-liter berkode EPTCDT. Tapi jangan buru-buru memandang sebelah mata mobil ini, karena dengan adanya teknologi Turbo, Peugeot RCZ diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 156 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 240 Nm di 1.400 rpm.

PT Astra International Tbk – Peugeot sebagai pemegang merek Peugeot di Indonesia mengklaim, RCZ merupakan mobil sport dengan desain yang sangat sporty dan punya performa luar biasa tapi masih nyaman untuk dipakai di perkotaan. Hmm...Rasa penasaran pun memuncak!



Dari kawasan Sunter, jakarta Utara, langsung saja kunci kontak diputar mesin menyala. Suaranya terdengar halus, tidak liar dan kasar seperti mobil yang pamer kekuatan. Coba masuk ke Tol Dalam Kota yang siang itu sedikit lengang, pedal gas pun diinjak penuh dengan posisi tuas transmisi ada di "D". Kontan saja raungan mesin dari balik knalpot langsung terdengar keras, dan mobil pun meluncur cepat. Wuzz...! Hanya dalam hitungan detik tak terasa jarus speedometer sudah menyentuh angka 120 km/jam. Kami pun cepat-cepat memperlambat laju mobil dengan alasan keselamatan diri sendiri dan orang lain.



Pada posisi tuas trasnmisi di "S", mobil sanggup berakselerasi lebih gesit lagi. Guna melesat hingga kecepatan 100 km/jam dari posisi diam pun bukan perkara sulit. Bahkan lebih agresif dibanding saat posisi tuas transmisi di "D".



Jalan raya Ibukota yang terkenal padat juga menjadi ujian tersendiri bagi Peugeot RCZ. Coba dijajal untuk sedikit meliuk ditengah kemacetan, Peugeot RCZ masih cukup nyaman dan gesit. Pun saat menemui kondisi jalan yang berlubang, ground clearance yang masih cukup tinggi membuat mobil ini tidak mudah "mencium" aspal jalan yang tak rata. Daily sport car mungkin begitu julukan mobil ini.

Comfort



Berada di dalam kabin Peugeot RCZ tak ubahnya ada di kokpit sport car. Posisi duduk yang kaku dengan jarak tinggi mobil ke kepala yang tidak terlalu jauh, serta bantingan yang keras akibat suspensi rigit, memang membuat RCZ layak dikategorikan mobil sport.



Visibilitas pengemudi sangat luas baik ke depan maupun ke belakang. Suasana dalam kabin juga cukup senyap sehingga suara-suara dari luar terendam termasuk gesekan ban dengan aspal atau suara mesin. Raungan knalpot baru terdengar jelas ke kokpit setelah putaran meisn mencapat 6.000 rpm ke atas. jadi kalau dipakai jalan santai, RCZ masih sangat nyaman. Tapi jika Anda ingin adrenalin terpompa lebih cepat maka biarkan mesin meraung kencang dan orang disekitar Anda hanya terpana tatkala RCZ sudah melesat jauh di depan.



Tapi jangan berharap kenyamanan dapat Anda dapatkan pada kursi belakang. Karena kursi belakang sepertinya hanya dibuat untuk 'pajangan'. Ruang untuk kaki pada bagian belakang nyaris tidak ada. Ketika kami menjajal duduk di bangku penumpang belakang, maka kami yang berpostur sekitar 175cm harus duduk miring kalau tidak mau kakinya menekuk dengan cara bersila. Sepertinya Peugeot RCZ lebih layak jadi mobil coupe 2 seater bukan empat penumpang.



Karakter bantingan yang keras juga akan Anda rasakan dari Peugeot RCZ berkat penggunaan kaki-kaki model Independent MacPherson built-in coil spring, integrate hydraulic dibagian depan dan Independent trailed arm, transverse torsion bar pada bagian belakang. Tapi suspensi seperti itu berimbas pada handling yang cukup mumpuni.

Fitur

Meski punya tampilan yang snagat sporty, Peugeot RCZ masih dilengkapi audio system yang terbilang lengkap. Fitur Radio & MP3 Player, USB, AUX-In, Bluetooth telephone ada pada mobil ini.



Sedangkan untuk safety, Peugeot RCZ telah menggunakan 4 titik airbags, ultrasonic alarm & Immobiliser, electronic stability programme (ESP), ABS, EBD dan EBA. Ada juga active rear spoiler yang memungkinkan pengemudi dapat mengaktifkan spoiler belakang secara otomatis sesuai dengan kecepatan mobil sehingga bisa meningkatkan aerodinamika, dan juga kaca spion berfitur Electric Folding Door Mirror.

Price



Dibanderol Rp.689 off the road Jakarta, Peugeot RCZ harus bersaing Mazda MX-5 atau pun Infiniti G37 yang sama-sama ada di kelas sportcar coupe. Tapi nama besar Eropa dengan harga yang sangat rasional memang menjadi nilai tambah Peugeot RCZ. Apalagi kalau Anda yang suka tampil beda dan jadi pusat perhatian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar