Minggu, 22 September 2013

New Suzuki Splash Automatic Si Mobil Mungil Serba Bisa

Overview


Di perkotaan khususnya di Jakarta, tentu kemacetan adalah menjadi momok yang menyebalkan di setiap harinya. Untuk itulah berbagai APM berusaha untuk menciptakan sebuah kendaraan mungil yang cocok di wilayah perkotaan. Mobil ini kemudian dinamakan dengan City Car.

Salah satu City Car yang ada di Indonesia adalah New Suzuki Splash Automatic. Ukurannya yang mungil diyakini mampu mempu menerabas kemacetan yang ada di kota-kota seperti halnya Jakarta. Dan beruntung, kami diberi kesempatan untuk mencoba menikmati kendaraan yang baru diluncurkan pada bulan April 2013 kemarin.



Seperti apa sensasi berkendaranya ? Yuk simak ulasannya.

Desain



Dilihat sekilas, mungkin New Suzuki Splash Automatic memang tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dibandingan dengan generasi sebelumnya. Namun dengan disematkannya New European Style Grille berhasil menjadikan mobil ini memiliki nuansa yang lebih sporty dan segar.

Tidak banyak yang bisa dieksplorasi pada sisi kendaraan. Pasalnya New Suzuki Splash Automatic, sisi samping tampil cukup sederhana. Hanya ada emblem VVT ditambah dengan kelir hitam yang mengelilingi kaca samping sehingga tampilannya tidak terlalu polosan.



Sementara pada bagian belakang, New Suzuki Splash Automatic hadir dengan tampilan yang lebih atraktif. Spoiler belakang yang disematkan dikawinkan dengan lampu rem, menjadikan bagian belakang mobil menjadi lebih berwarna.



Masuk ke dalam kabin, nuansa hitam menjadi pilihan Suzuki untuk mendominasi interior dari New Suzuki Splash. Walau begitu, hadirnya sedikit corak pada jok kendaraan menjadikan interior mobil tidak terasa mencekam. Tak hanya itu, desain dashboard yang digunakan juga memberikan nuansa yang cukup dinamis pada kabin.

Performance

Dimensi yang kecil ditambah dengan mesin 1.200 cc berteknologi VVT  rasanya memang pas untuk kebutuhan berkendara sebuah City Car seperti New Suzuki Splash Automatic. Pasalnya, untuk mobil di kelas ini memang tidak membutuhan mobil dengan mesin berkapasitas besar. Dengan demikian efisiensi bahan bakar dapat terjaga.



Kini tiba saatnya untuk menjajal perfoma mobil ini. tuas perseneling dipindahkan ke posisi D gas ditekan dan mobil pun mulai berjalan lembut. Perjalanan dilakukan dengan santai. Perpindahan gigi terasa terjadi ketika RPM menyentuh angka 5000.



Kepadatan di perkotaan menjadi sasaran kami untuk mencoba ketangguhan New Suzuki Splash Automatic. Ketika di tengah kemacetan, dengan dimensinya yang mungil menjadikan kami dapat dengan mudah menyelinap di antara barisan. Namun, transmisi D terasa kurang menggigit untuk menyodok antrian. Tuas perseneling pun kami masukkan ke angka 1 dan mesin terasa lebih responsive.



Puas menantang kemacetan di tengah kota, kami pun coba melimpir ke keluar kota. Ketika memasuki jalan yang kosong, pedal gas pun langsung kami tekan dalam-dalam. Mobil langsung melesat seiring dengan semakin dalam kami menekan pedal. Kondisi mobil terasa masih stabil meski kecepatan telah mencapai 100 Km/jam.

Belum puas menantang ketangguhan mesin, kami pun coba memasuki daerah dengan jalan penuh dengan tanjakan dan turunan. Hasilnya, New Suzuki Splash Automatic masih mampu untuk menjawab tantangan tersebut. Tanjakan yang kami lalui berhasil dilibas dengan mudah oleh mobil ini.



Selain menjajal kondisi jalan yang menanjak, kami juga mencobanya di jalan yang tidak rata. Untuk penumpang depan, bantingan memang cukup teredam dengan apik. Namun saat kami mencoba duduk di belakang, bantingannya cukup terasa.

Salah satu yang paling kami sukai di mobil ini adalah radius putarnya. Dengan dimensi yang cukup mungil, New Suzuki Splash Automatic rasanya sangat nyaman kala harus memutar di tengah jalan. Ini tentu sangat memudahkan pengemudi.


Comfort

Lega. Ya, itu mungkin adalah kata pertama yang terlintas dipikiran kami saat duduk di kursi kemudi. Meski terlihat kecil dari luar namun ternyata Suzuki cukup memperhatikan kenyamanan berkendara bagi si pengemudi. Selain posisi kursi dapat disesuaikan dengan kebutuhan, legroom juga terasa cukup lega.



Tak terkecuali dengan penumpang depan. Legroom terasa luas dengan posisi tempat duduk dapat disesuaikan dengan mudah. Namun untuk membuka kompartemen di bawah dashboard rasanya cukup sulit karena akan mentok dengan kaki penumpang depan.



Meski pada baris pertama baik pengemudi dan penumpang terasa nyaman, namun tidak halnya dengan penumpang pada baris kedua. Legroom pada baris kedua terasa cukup sempit dengan posisi duduk yang cukup tegak. Namun hal ini adalah wajar karena City Car biasanyanya hanya digunakan oleh 2 orang atau keluarga muda dengan 2 anak kecil.

Fitur



Suzuki memang tidak menyematkan fitur-fitur canggih pada mobil ini. namun beberapa fitur yang memang wajib ada telah disematkan disini. Salah satunya adalah dengan disematkannya New Intergrated Audio System yang memberikan pengalaman berkendara yang lebuh asyik khususnya ketika melewati jalanan yang macet.



Selain itu, kemudahan untuk melipat kursi bagian belakang juga patut diperhitungkan. Sebab dengan ini maka bagasi dapat meningkat kapasitasnya. Sehingga cukup memudahkan kala harus membawa barang yang cukup banyak.



Price



Mengenai harga, rasanya PT. Suzuki Indomobil Sales tidak memberikan harga yang terlalu tinggi. Dengan uang sebesar Rp. 151 juta anda sudah dapat membawa pulang mobil yang diimpor langsung dari India ini.

Suzuki Splash Automatic

Hmm sebuah harga yang cukup pantas bukan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar