Minggu, 22 September 2013

Nissan All New Serena Highway Star - Pesaing Nav1 dan Biante

Lama bermain di segmen Medium MPV membuat Nissan All New Serena C26 tetap percaya diri walaupun digempur pemain baru seperti Toyota Nav1 dan Mazda Biante. Tercatat dua generasi Nissan Serena C23 dan C24 melenggang tanpa ada persaingan berarti.

Nissan All New Serena Highway Star

“Kami sudah bermain lama di segmen ini, Nissan All New Serena sudah sesuai dengan ekspektasi masyarakat kita. Jadi bicara target, kami ingin menjadi nomor 1 di segmen MPV ini," ucap Teddy Irawan, Vice President Director Sales and Marketing PT. Nissan Motor Indonesia.

Nissan All New Serena Highway Star

Seperti apakah ekspektasi Nissan terhadap tunggangan MPV untuk masyarakat Indonesia? Mari kita ulas Nissan All New Serena Highway Star lebih dalam

Desain

Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, Nissan All New Serena Highway Star memang lebih revolusioner. Tetapi jika kita melirik tetangga sebelah (Nav1 dan Biante), desain Nissan All New Serena Highway Star lebih rendah hati dibanding sang tetangga yang mengusung desain futuristik.

Nissan All New Serena Highway Star

Nissan All New Serena Highway Star adalah seri paling tinggi, di bawahnya ada Nissan All New Serena X. Perbedaan tampilan eksterior terdapat pada penambahan bodykit, dan aksesoris pendongkrak tampilan lainnya.
 


Nissan All New Serena Highway Star


Performance

Mengusung mesin baru dengan type MR20 berkapasitas 1.997cc, membuat Nissan All New Serena dapat menyeburkan tenaga 147 PS pada 5.600 RPM dan torsi maksimum 206 Nm. Saat diicip, tenaga mesin yang bertransmisi CVT ini terasa ‘kalem’ pada bukaan gas awal-awal. Mungkin Nissan All New Serena memang dirancang khusus untuk mobil yang nyaman untuk keluarga, sehingga pada putaran bawah mesin tidak terlalu responsif.

Nissan All New Serena Highway Star

Begitu digas lebih dalam, putaran mesin langsung melejit namun laju Nissan All New Serena tidak bertambah dengan cepat. "Karakter mesin bertransmisi CVT tak bisa langsung tekan gas, tetapi harus diurut. Nanti kecepatan akan bertambah secara signifikan," ucap Teddy. "Jadi perlu diketahui dan dipelajari terlebih dahulu," tambahnya. Benar saja, ketika gas ditekan secara urut, tenaga mobil naik pelan-pelan hingga putaran mesin tinggi tinggi mobil baru melesat.

Nissan All New Serena Highway Star

Comfort

Nissan All New Serena Highway Star datang untuk keluarga mapan, otomatis faktor kenyamanan mumpuni menjadi hal yang wajib tersemat di dalam mobil 7 seater ini. Soal keluasan kabin jangan ditanya, memiliki panjang 4,770 mm dengan lebar 1,735 mm membuat ruang kabin baik depan, tengah, hingga jok baris belakang terasa luas.

Nissan All New Serena Highway Star

Posisi jok yang dinamis dapat dimanfaatkan untuk mengatur keluasan kabin. Uniknya, kabin Nissan All New Serena Highway Star terdapat konsol tengah yang sangat fleksibel, bisa menjadi konsol tengah jok belakang, bisa juga menjadi konsol tengah untuk jok baris kedua. Bahkah bisa dijadikan jok sehingga Nissan All New Serena Highway Star bisa menjelma menjadi mobil 8 penumpang.

Nissan All New Serena Highway Star

Pandangan yang luas juga menjadi nilai plus untuk MPV asal Jepang ini. Posisi spidometer yang ada di atas lingkar kemudi juga membatu pengemudi untuk tetap fokus pada jalan karena letaknya lebih ke atas dibanding spidometer pada umumnya yang diletakan sejajar dengan setir.

Nissan All New Serena Highway Star
Nissan All New Serena Highway Star

Soal ergonomis, berbagai macam tombol kontrol sangat mudah dijangkau. Sayangnya layar sentuh pada head unit tak didukung oleh kontrol pada setir, sehingga bisa berbahaya jika ingin mengganti lagu saat berkendara.

Nissan All New Serena Highway Star

Fitur

Nissan All New Serena Highway Star kali ini dilengkapi dengan Electric Sliding Door di pintu penumpang belakang kiri dan kanan. Beda dengan seri X, yang hanya terdapat fitur ini di pintu bagian kiri saja.

Nissan All New Serena Highway Star

Urusan keamanan, Nissan All New Serena Highway Star masih tetap dibekali SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan serta Airbag Curtain di baris pertama, kedua dan ketiga. Fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) juga merupakan perangkat standar yang sudah tersemat pada fitur keamanan Nissan All New Serena Highway Star.

Nissan All New Serena Highway Star

Nissan All New Serena Highway Star juga telah dibekali fitur Engine Start Button, serta Eco Mode yang menjadi bagian dalam spidometer untuk memberi bantuan pada pengendalian ekonomis. Intelegent Key Remote pada Nissan All New Serena Highway Star juga telah dibekali dengan tombol untuk membuka pintu Electric Sliding Door kiri dan kanan.

Nissan All New Serena Highway Star

Jangan takut kegerahan, karena Nissan All New Serena Highway Star sudah dibekali air conditioning (A/C) hingga penumpang baris ketiga. Nah bicara piranti entertainment, Nissan All New Serena sudah dilengkapi dengan head unit DVD dengan monitor 6 inci touch screen. Lalu head unit pada Nissan All New Serena Highway Star juga berfungsi sebagai parking camera. Untuk penumpang belakang disediakan LCD screen berukuran 10 inci yang diletakkan di plafon.

Nissan All New Serena Highway Star
Nissan All New Serena Highway Star

Price

Tetap jadi nomor satu di kelasnya adalah cita-cita dari Nissan All New Serena. Oleh karena itu, mobil teranyar ini dipatok cukup bersaing dengan kompetitornya. Memang belum ada kepastian tentang harga yang pasti, karena memang mobil ini belum diluncurkan secara resmi. Namun bocoran dari PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) membandrol Nissan All New Serena di rentan harga kisaran Rp. 370-390 juta dari varian termurah yaitu 2.0 X hingga varian tertinggi yaitu 2.0 Higway Star (on the road).

Nissan All New Serena Highway Star

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar