Minggu, 22 September 2013

Peugeot 408 1.6L Turbo - The Graceful Beast

Pertama kali menginjakkan kaki di pasar otomotif Indonesia pada 15 Juni 2012 silam, Peugeot 408 yang masuk dalam kategori kelas small sedan ini resmi diluncurkan oleh PT Astra International Peugeot dalam dua varian, 1.6L Turbo dan juga 2.0L.



Sebelumnya kami sudah pernah merasakan sensasi saudaranya yang mengondol mesin 2.0L, nah sekarang giliran versi yang 1.6L Turbo. Meski memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil, namun adanya piranti Twin Scroll Turbo High Pressure ternyata mampu mendongkrak tenaganya jauh lebih buas ketimbang yang versi 2.0L.



Mengendarai sedan asal Perancis ini memang sedikit berbeda dengan mengendarai sedan Eropa lainnya apa lagi dengan sedan-sedan Jepang, ada sensasi tersendiri yang diberikan ketika anda menjajal Peugeot 408 1.6L Turbo ini. Tak hanya dalam hal performa saja yang patut untuk diacungi jempol namun dari sisi lain seperti handling dan kenyamanan pun tak kalah saing dengan para kompetitornya.

Untuk lebih detailnya, simak saja ulasan ringannya .

Design

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, secara tampilan Peugeot 408 memang terlihat lebih simple dengan dimensi ukuran yang kompak sebagai small sedan.



Di sektor depan, aksen strip chrome pada grill radiator dan floating front bumper mewakilkan tampilan elegan dan modern dari Peugeot 408. Headlamp yang telah mengunakan halogen otomatis dengan desain mengikuti lekukan bonet depan yang melandai ditemani dengan fog lamp juga turut memberikan efek aerodinamis pada sedan asal Perancis ini.



Masuk ke bagian sisi, dengan ukuran yang kompak dan memiliki dimensi panjang 4,68 meter, lebar 1,82 meter, tinggi 1,53 meter dan wheelbase 2,71 meter 408 1.6 Turbo seakan mencerminkan sebuah kesan ringkas yang dibalut dalam keanggunan ala Perancis. Guratan tebal sepanjang sisi yang dikolaborasikan dengan garis list chrome di bawahnya cukup menandakan kesan mewah yang elegan dari si sedan mungil ini.



Sedangkan di sektor belakang, cukup dihiasi dengan headlamp 'Ruby' berwarna merah berbentuk tiga strip diagonal yang nampak serasi disandingkan dengan lekukan bagasi dan emblem Peugeot 408 juga list grill chrome.



Masuk ke sektor interior, suguhan senada layaknya tampilan eksterior juga terpancar di bagian dashboardnya. Balutan kulit hitam di bagian jok hingga kemudi bersama dengan aksen chrome yang hinggap di tiap instrumen panelnya cukup mewakilkan kesan elegan dari 408 1.6 Turbo. Tak hanya itu saja, kabin 408 kami nilai memiliki tingkat kenyamanan yang baik dengan dimensi ruang yang cukup lapang sehingga tak mengesankan seperti berada di dalam sebuah box.

Performance



"Small engine with big power" ... kalimat ini kami anggap cocok untuk varian Peugeot 408 yang menyokong mesin bensin 1.6L dan telah dipersenjatai dengan teknologi Twin Scroll Turbo High Pressure (THP) with Direct Petrol Injection, tenaga berlimpah dapat anda rasakan sendiri ketika mengendarainya.
Pihak Peugeot mengklaim versi 1.6L Turbo ini mampu menghasilkan putaran tenaga hingga 163 hp di 6.000 rpm dengan torsi 240 Nm di 1.400 rpm. Power yang disokong olehnya jauh lebih besar ketimbang varian Peugeot 408 yang dimodali mesin lebih besar yaitu 2.0L dan hanya memiliki tenaga sebesar 145 hp di 6000 rpm. Tenaga putaran cukup sangat terasa mulai dari tarikan bawah sampai putaran atas yang terus mengisi, meski deru mesin sedikit masuk kedalam kabin interior namun tetap saja kenyamanan mobil Eropa tak tertandingi bila diadu oleh sedan asal Jepang lainnya.
Perpindahan gigi yang disalurkan dari transmisi 6 Speed Auto Adaptive Gearbox with Tiptronic and Sport mode juga memiliki karakterisitik yang lembut, namun bagi sebagian orang awam ketika pertama kali menjajal Peugeot 408 akan berkomentar bahwa kemudi sedikit berat, tapi justru itulah karakteristik yang dimiliki hampir di semua lini Peugeot.



Bukan berarti dengan memiliki karakteristik kemudi berat Peugeot 408 tidak lincah dalam hal bermanuver, justru sebaliknya. Melesat di jalur bebas hambatan Peugeot 408 mampu membuktikan performa handlingnya yang sangat smooth. Bahkan bantingannya pun terasa nyaman, ups ... satu lagi, bila Anda merasa masih kurang silakan tekan tombol "S" untuk mengaktifkan mode sport dan rasakan sendiri performa buas yang dikeluarkan oleh dapur pacunya. Secara otomatis, tarikan demi tarikannya akan jauh lebih responsif dan bertenaga.



Overall dalam soal performa, 408 1.6L Turbo sangat pantas untuk mendapatkan acungan jempol.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar