Minggu, 22 September 2013

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S

Boxster punya sejarah yang cukup panjang bagi Porsche Boxster 986 yang lahir pada 1996 menjadi mobil jalan raya Porsche yang hadir dengan atap terbuka setelah 550 Spyder. Dan kini setelah belasan tahun berlalu, roadster legendaris Jerman itu muncul lagi bahkan masuk secara resmi ke Indonesia melalui PT Eurokars Artha Utama.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

"Lebih elegan, lebih confort, lebih ringan, tapi punya tenaga yang tetap galak. Itu kesan kami saat berkencan singkat dengan New Porsche Boxster S beberapa waktu lalu".

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Seperti apa sensasi roadster premium Jerman tersebut? Berikut ulasan singkatnya.

Desain

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Kalau Anda tidak paham tentang sejarah Porsche Boxster, mungkin sulit menilai apa yang baru dari desain New Porsche Boxster S dibanding pendahulunya. Padahal, seperti juga pabrikan otomotif Jerman lain, banyak detil-detil desain yang diperhatikan sebagai penyempurna dari pendahulunya.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Contohnya, jarak sumbu roda kini (wheelbase) melar 60 mm. Lebar tapak depan juga bertambah 40 mm sementara pada bagian belakang 18 mm. Kaca depan lebih datar dan dipasang pada kira-kira 100 mm lebih jauh ke depan, secara keseluruhan Porsche Boxster S 2012 juga lebih rendah 13 mm dibanding pendahulunya dengen keseluruhan bodi yang lebih panjang 32 mm. Apa efek dari semua itu? jelas kenyamanan penumpang di dalamnya.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Dari segi estetika dan seni desain, New Porsche Boxster S mempertahankan tradisi sebagai roadster Eropa yang berukuran ringkas. Hanya saja desain garis bahu kini terlihat membentang dari sayap depan yang melengkung ke atas hingga ke bagian samping belakang yang mengesankan karakteristik lekukan bodi baru yang lebih dinamis. Front facia New Boxster didominasi oleh celah radiator melintang dan lampu depan yang besar. Headlamp juga pakai desain baru dengan disematkan teknologi halogen serta Bi-Xenon. Sementara LED lamp jadi pemanis pada bagian air intake yang akan menyala setiap mesin mobil aktif.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Dibagian sisi, Porsche Boxster S 2012 dijejalkan velg 20 inci model jari-jari yang elegan dengan kaliper rem berkelir merah yang sangat eye catching. Tak hanya itu,masih ada desain kisi-kisi bodi yang baru, sementara dibagian belakang tidak ada lagi selubung kompartemen convertible-top apa pun. Bagian soft top akan melipat sempurna tepat dibelakang jok pengemudi dan penumpang.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Sementara itu lampu belakang terhubung melalui bagian tepi yang menonjol, yang merentang ke seluruh lebar kendaraan. Rearlamp semuanya didesian ulang dan menggunakan teknologi LED. Bentuknya makin sexy tapi tak lupa menonjolkan kesan futuristik.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Dengan atap yang bisa membuka dalam 9 detik, maka kabin Porsche Boxster S 2012 akan dalam sekejap terlihat. Wow... begitu impresi pertama kami tatkala melihat interior dari mobil dua pintu dua penumpang ini. Warna merah menyala yang jadi tema kabin benar-benar dibuat mencolok. Kesan sporty benar-benar ditonjolkan, aksen silver ada dibeberapa sudut seperti sebagian lingkar stir, dashboard, dorrtrim.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Light Comfort Package menciptakan suasana yang sangat istimewa dalam warna cahaya putih terang. Ini diperoleh dengan memasang sumber cahaya khusus dalam konsol di atas kepala, kaca spion, pintu dan di ruang bagasi. Lampu LED memberi efek khusus pada desain interior. Penerangan di kompartemen penumpang dapat disesuaikan secara beragam. Peredupan cahaya dapat diatur secara individual dengan menggunakan panel instrumen.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Mantap... bos!

Performance

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012
The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012
Mengagumi desain Porsche Boxster S 2012 memang tak puas tanpa mencicipi bagaimana performa yang tersembunyi dibalik kap mesin dibagian belakang. Bermodal mesin 3.4-liter 6 silinder, Porsche Boxster S 2012 dipercaya bisa meluapkan daya hingga 315 hp pada 6.700 rpm dengan torsi puncak 360 Nm di 4.500-5.500 rpm.
Catatan diatas kertas itu memang cukup sulit dibuktikan dijalan raya negara ini, mengingat tingginya traffic pada hari kerja. Namun dengan sedikit mencicipi saat ada di jalan bebas hambatan, setidaknya kami mendapat sedikit gambaran tentang galaknya mesin Porsche Boxster S 2012.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Geser tuas transmisi di posisi "D", injak pedal gas perlahan, maka Porsche Boxster S berkelir GT Silver Metallic yang kami uji berjalan lembut. Jujur saja dengan gaya mengemudi santai, Porsche Boxster S bak sebuah sedan premium yang masih kompromi untuk digunakan dihari kerja. Suspensi tidak terlalu rigid, handling masih cukup nyaman, dan bukaan gas juga tidak terlalu menyentak seperti saat menggunakan supercar di jalan perkotaan.


Namun Porsche Boxster S bukan mobil yang dipakai cuma untuk mengantar Anda ke kantor, roadster ini bisa memenuhi hasrat adrenalin Anda yang meluap-luap. Caranya, tinggal injak pedal gas secara penuh, maka dalam sekejap raungan dual muffler pipe yang ada dibagian belakang akan meraung keras, sementara ban belakang berdecit kencang, tanda mesin sudah siap dipacu!

Comfort

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, wheelbase yang lebih panjang serta bobot body yang diperingan, selain membantu dalam sisi performa juga menunjang elemen kenyamanan di dalam kabin.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Kaca depan yang dipasang lebih jauh ke depan membuat visualisasi bertambah baik. Ruang kaki juga sangat lebar untuk ukuran sportcar bermesin dahsyat. Pada driving mode Normal, berada dibalik kemudi Porsche Boxster S benar-benar mirip mengendarai sedan mewah berdimensi ringkas. Nyaman dengan posisi duduk yang juga masih bisa ditolerir untuk penggunaan sehari-hari.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Saat jarum speedometer sudah menyentuh angka lebih dari 150 kpj, mobil masih terasa stabil. Tinggat aerodinamika yang begitu diperhatikan oleh para engginer Porsche juga membuat Boxster S masih sangat menapak aspal dengan sempurna meski ketika cuaca turun hujan dan dipacu hingga 100 km/jam.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Keseluruhan kabin yang dilapis kulit berkualitas tinggi turut membantu menciptakan kenyamanan berlebih saat berada di interior Porsche Boxster S 2012. Pun demikian dengan soft top berbahan kanfas dimana permukaan bagian dalamnya juga cukup lembut. Saat atap tertutup, Porsche Boxster S tampil elegan namun sedikit classy. Tapi ketika atap berwarna hitam itu dibuka, maka Porsche Boxster S jadi roadster yang sexy. Anda pun akan merasa sexy ketika hembusan angin kencang menyapu rambut Anda!

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Mengandalkan transmisi Porsche Doppelkupplung (PDK) 7-speed, perpindahan gigi berlangsung mulus tanpa ada gejala menyentak. Sistem elektronik juga mengatur agan putaran mesin tidak terlampau tinggi sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar. Kalau mau lebih sporty dan responsif, tinggal aktifkan mode Sport dan Sport Plus, serta geser tuas transmisi ke posisi "M" (Manual) 6-speed, serta naik turunkan gigi lewat paddle shift. Maka kecepatan diatas 200 km/jam akan dengan mudah Anda capai dengan handling yang lebih mumpuni berkat settingan suspensi yang lebih rigid dan coefficient drag yang mencapai 0.31. Setidaknya itu yang kami rasakan. Sayang memang situasi ini cuma kami cicipi beberapa detik saja, mengingat kondisinya ada di jalan tol dan demi keselamatan semua pihak, keganasan Boxster S 2012 harus kami redam.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Satu hal yang menarik dari Porsche Boxster S 2012, dengan melahap trek jalan raya yang padat dalam kondisi top and go, kemudian dipacu kencang serta akselerasi dan deselerasi mendadak ketika masuk ke jalan tol, indikator pada panel instrumen tertulis konsumsi bahan bakar 10 km/l. Konsumsi BBM yang menggumkan ini ditopang pula oleh fitur auto start/stop system yang memungkinkan mesin akan otomatis mati ketika pedal gas tidak diinjak dalam beberapa saat. Wow... terbilang irit untuk sebuah roadster bermesin galak.

Fitur

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Sebagai sportcar premium, Porsche Boxster S 2012 juga dijejali banyak fitur mewah. Misalnya saja bodi yang dibuat dari plat galvanized dengan rangka berbahan alumunium, dan soft-top yang bisa membuka dan menutup dalam 9 detik meski mobil sedang bergerak dalam kecepatan hingga 50 km/jam.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Dari sisi fitur keselamatan ada 4 piston monobloc fixed alumunium caliper baik dibagian depan maupun roda belakang. sensor on every brake pad, discbrake berdiameter 330mm didepan dan 299mm dibagian belakang, Anti-lock Braking System (ABS), electric parking brake, serta Porsche Ceramic Composite Brakes (PCCB).

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Jangan dilupakan juga seatbelt with pretensioner dan load limiter, anti-theft system with immobilizer, automatic rear spoiler yang akan aktif saat kecepatan tinggi untuk membantu performa dan stabilitas mobil, dual front airbags dan head and thorax side airbags, side guard door beams, serta automatic headlamp dan automatic wiper with rain sensor.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Dibagian entertainment ada monitor 7 inci touch screen yang berfungsi menangkap gelombang radio FM/AM, single disk CD, MP3/AAC, WMA Player, Aux-in, serta Phone connection menggunakan teknologi Hands Free Profile (HFP). Headunit ini kemudian disambungkan dnegan BOSE Surround Sound System yang menghasilkan suara jernih dengan dentuman bass yang prima.

Price

Cukup sulit membicarakan harga pada mobil-mobil super mewah sekelas Porsche. Pasalnya hampir seluruh elemen di kendaraan yang ebrsangkutan bisa dipersonalisasi sesuai keinginan konsumen.
The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Misalnya saja panel tengah jok sport dan sandaran samping dapat dilapisi dengan kulit dalam warna standar atau khusus, skema dwi-warna alami serta kulit alami. Lingkar kemudi juga bisa dilapis kulit yang halus dengan wara-warna pilihan, sementara joknya bisa memilih model Sport elektrik (14-arah) atau Sports Seats Plus (18-arah). Stir dengan fitur pemanas juga tersedia sebagai ekstra opsional.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Automatic dimming interior dan exterior mirror, Porsche Torque Vectoring (PTV), Porsche Active Suspension Management (PASM), AC 2 zone, 6 disc CD autocharger, floor mats, dan ukuran velg pun tersedia baik 19 inci maupun 20 inci dengan wheel hub cover dengan warna-warna sesuai keinginan Anda.

The Sexy Elegant - Porsche Boxster S 2012

Semua personalisasi itu tentu membuat harga jual masing-masing unit berbeda. Porsche AG di Jerman menulis, di Eropa Porsche Boxster S ditawarkan mulai harga EUR59.120. Jika masuk ke Indonesia berarti Anda harus mempertimbangkan pajak bea masuk, pajak barang mewah, dan pajak progresif. Harga itu belum termasuk paket optional yang Anda minta untuk Porsche Boxster S pilihan Anda.

RATING

9




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar